Sukses

Inilah Daftar Orang Terkaya Rusia, Total Harta Miliarder Tembus Rp 6.973 Triliun

Lantas, siapa saja yang masuk dalam daftar miliarder Rusia 2023 versi Forbes?

Liputan6.com, Jakarta Rusia memiliki setidaknya 105 miliarder di 2023, naik dari tahun lalu yang hanya sekitar 85 orang. Kekayaan bersih secara kolektif orang terkaya Rusia naik USD 154 miliar dari 2022 yang kini mencapai USD 474 miliar atau sekitar Rp 6.973 triliun.

Lantas, siapa saja yang masuk dalam daftar orang terkaya Rusia 2023 versi Forbes?

Ketika Forbes merilis peringkat 2022, pasar Rusia membeku dan perkiraan analis sangat buruk. Setahun kemudian, meskipun ada sanksi, perusahaan kembali mengalami peningkatan pendapatan.

Dari 105 miliarder Rusia yang dihitung oleh Forbes, 25 di antaranya masuk kembali ke peringkat setelah tahun terburuk ketika 2022. Pada 2021, ada 117 miliarder Rusia dengan kekayaan kolektif sebesar USD 584 miliar.

Taipan pupuk Andrey Melnichenko yang diperkirakan bernilai USD 25,2 miliar menjadi orang terkaya Rusia. Hartanya telah meningkat dari USD 11,1 miliar tahun lalu, berkat raksasa pupuk EuroChem dan lonjakan harga pupuk setelah perang.

Selain dia, tentu masih ada beberapa nama lain yang masuk dalam daftar. Melansir Forbes, Rabu (3/5/2023), berikut ini deretan nama yang menjadi orang terkaya Rusia 2023.

10. Viatcheslav Kantor

Kekayaan bersih: USD 11,3 miliar

Aset: Pupuk dan real estate

Tempat tinggal: Herzliya, Israel

Viatcheslav Kantor menjadi pemegang saham besar di Acron, salah satu produsen pupuk publik terbesar di Rusia. Kantor merupakan salah satu lulusan Institut Penerbangan Moskow dan mendirikan perusahaan perdagangan komputer pada akhir 1980-an.

Kemudian dia menerima tugas untuk penilaian dampak lingkungan dari pabrik kimia Azot di Novgorod. Pabrik ini kemudian berganti nama menjadi Acron dan diprivatisasi pada tahun 1993. Kantor mengundurkan diri sebagai presiden Kongres Yahudi Eropa pada tahun 2022, setelah 15 tahun menjabat. Kantor adalah warga negara Rusia, Inggris, dan Israel.

9. Michael Fridman

Kekayaan bersih: USD 12,7 miliar

Aset: minyak, perbankan, dan telekomunikasi

Tempat tinggal: London, Inggris

Mikhail Fridman, salah satu pendiri Alfa Bank, bank non-negara terbesar Rusia, terkena sanksi setelah invasi Rusia ke Ukraina. Tak lama kemudian, Fridman mengundurkan diri dari perusahaan induknya di Luksemburg, LetterOne, dan mengurangi kepemilikan sahamnya.

Properti Fridman di London, termasuk perkebunan Athlone House era Victoria senilai USD 100 juta tempat dia tinggal, dibekukan oleh Inggris. Berasal dari Ukraina, Fridman dan teman kuliahnya German Khan dan Alexei Kuzmichev mendirikan perusahaan perdagangan komoditas Alfa-Ecopada tahun 1989.

Berkat koneksi Kremlin, pada tahun 2003 Fridman dan mitranya berhasil membuat usaha patungan dengan British Petroleum, Tnk-BP. Pada 2013, perusahaan mengumpulkan USD 5,1 miliar ketika ketiganya dan mitranya menjual saham mereka di TNK-BP seharga USD 14 miliar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

8.Alisher Usmanov

Ekuitas: USD 14,4 miliar

Aset: Baja, telekomunikasi, dan investasi

Tempat tinggal: Tashkent, Uzbekistan

Investor Facebook dan ahli metalurgi Alisher Usmanov telah terkena sanksi dari AS, Inggris, dan Uni Eropa setelah invasi Rusia ke Ukraina. Kepemilikannya yang paling terkenal adalah bijih besi dan raksasa baja Metalloinvest. Selain itu, juga memiliki saham di Xiaomi dan perusahaan telekomunikasi, pertambangan dan media lainnya.

7. Gennady Timchenko

Ekuitas: USD 18,5 miliar

Aset: Minyak & Gas

Rumah: Moskow, Rusia

Gennady Timchenko memiliki saham di beberapa perusahaan Rusia, termasuk perusahaan gas Novatek dan produsen petrokimia Sibur Holding. Timchenko menjalankan perusahaan ekspor minyak milik negara dan menjadi pemegang saham utama ketika diprivatisasi.

6. Vagit Alekperov

Ekuitas: USD 20,5 miliar

Aset: Oil

Residence: Moskow, Rusia

Vagit Alekperov, mantan pekerja di anjungan minyak Laut Kaspia, menjadi Wakil Menteri Pengawasan Industri Minyak Uni Soviet. Pada 1991, ia mengambil tiga ladang minyak besar yang dikendalikan oleh kementerian dan mendirikan Lukoil , sekarang perusahaan minyak independen terbesar Rusia.

5. Alexey Mordashov

Ekuitas: USD 20,5 miliar

Aset: Baja dan investasi

Tempat tinggal: Moskow, Rusia

Alexey Mordashov menjadi pemegang saham mayoritas perusahaan baja Severstal, yang ia jalankan sebagai CEO selama 19 tahun sebelum mengundurkan diri pada 2015. Terkena sanksi pada 2022, ia segera mengalihkan kepemilikan aset utamanya, termasuk saham di perusahaan hiburan perusahaan Tui dan grup pertambangan Nordgold.

 

3 dari 3 halaman

4. Leonid Michelson

Ekuitas: USD 21,6 miliar

Aset: Industri gas dan kimia

Tempat tinggal: Moskow, Rusia

Leonid Mikhelson merupakan pendiri dan presiden perusahaan gas alam Novatek.

Pada 2017, dia membeli 17 persen saham di perusahaan petrokimia Sibur dari Kirill Shamalov, mantan menantu Putin, sehingga kepemilikannya menjadi 48 persen. Pada 2021 Sibur bergabung dengan Grup Taif, dengan sebagian besar operasi di Republik Tatarstan.

3. Vladimir Lisin

Ekuitas: USD 22,1 miliar

Aset: Baja dan transportasi

Tempat tinggal: Moskow, Rusia

Vladimir Lisin menjadi presiden Grup Nlmk, produsen produk baja terkemuka. Lisin memulai sebagai tukang listrik di tambang batu bara di Siberia dan kemudian bekerja sebagai pekerja baja di Rusia tengah. Dia kemudian mengelola pabrik Grup Trans-Dunia, sekelompok pedagang komoditas yang berkepentingan dengan peleburan aluminium. Trans-World kemudian diselidiki karena penipuan bank. 

2. Vladimir Potanin

Ekuitas: USD 23,7 miliar

Aset: Industri metalurgi

Tempat tinggal: Moskow, Rusia

Vladimir Potanin memperoleh saham di Norilsk Nickel selama privatisasi Rusia pada 1995; hari ini dia memiliki lebih dari sepertiga perusahaan. Potanin menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri di bawah Boris Yeltsin dan memelihara hubungan dengan Presiden Vladimir Putin.

1. Andrey Melnichenko

Kekayaan bersih: USD 25,2 miliar

Aset: Produsen pupuk dan batubara

Tempat tinggal: Ras Al Khaimah, UEA

Industrialis Andrey Melnichenkodia menjadi pendiri perusahaan pupuk Eurochem dan energi berbahan bakar batu bara Suek. Putra seorang fisikawan Soviet, Melnichenko keluar dari universitas ketika Uni Soviet pada 1991 untuk memulai rantai pertukaran mata uang. Dua tahun kemudian ia mendirikan Mdm Bank, yang telah menjadi salah satu bank swasta tersukses di Rusia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini