Sukses

Damri Angkut 420 Ribu Penumpang di Libur Lebaran 2023, Rute Jakarta-Lampung Terfavorit

Perum Damri mencatat telah mengangkut sebanyak 423.674 penumpang selama periode libur lebaran 2023 mulai H-10 sampai H+3 Idul Fitri. Pelayanan ke penumpang ini dijalankan dengan total lebih dsri 46 ribu ritase.

Liputan6.com, Jakarta Perum Damri mencatat telah mengangkut sebanyak 423.674 penumpang selama periode libur lebaran 2023 mulai H-10 sampai H+3 Idul Fitri. Pelayanan ke penumpang ini dijalankan dengan total lebih dari 46 ribu ritase.

Corporate Secretary Damri Akhmad Zulfikri mengatakan puncak arus mudik bersama DAMRI terjadi pada tanggal 18-20 April 2023. Sejumlah rute favorit diantaranya, rute dari Jakarta menuju Lampung, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Wonosobo. Kemudian, rute dari dan menuju Lampung, hingga ke layanan batas negara Pontianak - Kuching.

“Sebanyak lebih dari 420 ribu penumpang ini tercatat sejak periode H-10 Lebaran hingga H+3 Lebaran, angka tersebut menunjukkan bahwa mobilitas masyarakat Indonesia selama Lebaran menggunakan transportasi darat bus masih tetap tinggi, baik itu untuk tujuan arus mudik dan arus balik, maupun untuk menghabiskan cuti Lebaran,” ujar dia dalam keterangannya, Jumat (28/4/2023).

Zulfikri mencatat beberapa wilayah dengan jumlah kepadatan penumpang tertinggi pada arus mudik, di antaranya pemberangkatan dari Pool DAMRI Kemayoran dan Stasiun Gambir. Sedangkan untuk arus balik terjadi pada pemberangkatan dari wilayah Surabaya, Lampung, Purwokerto, dan Wonosobo.

Selama masa angkutan lebaran, pihaknya juga melakukan pemantauan dan evaluasi pergerakan penumpang melalui penyediaan Posko Angkutan Lebaran di beberapa wilayah di Pulau Jawa, yakni Jabodetabek, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Khusus Pulau Kalimantan, yakni Pontianak, Palangkaraya, Samarinda, dan Banjarmasin, juga di Pulau Sulawesi yakni Makassar, Manado, dan Gorontalo. Serta di Pulau Papua yakni Jayapura.

“Keberadaan Posko tersebut bertujuan untuk melakukan optimalisasi kinerja perusahaan dalam melayani AHRI, memastikan kegiatan operasional berjalan tertib, lancar, dan aman,” tambahnya.

“Kami (Damri) berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat dengan mengutamakan aspek keamanan, keselamatan, dan kenyamanan, sehingga perjalanan terasa aman dan berkesan," tutup Akhmad Zulfikri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mudik Gratis Damri

DAMRI mendukung penyelenggaraan mudik gratis Lebaran 2023. Perusahaan transportasi darat itu mengerahkan lebih dari 40 bus di tiga kota besar, yaitu Pontianak, Surabaya, dan Banten.

Mengutip laman kabarbumn.com, Selasa (18/4/2023) Corporate Secretary DAMRI Akhmad Zulfikri, mengatakan bahwa DAMRI bersinergi dengan beberapa pihak penyelenggara untuk membantu masyarakat agar bisa mudik menggunakan jalur darat dengan aman dan nyaman.

"DAMRI ikut berperan dalam menyediakan fasilitas mudik gratis untuk mengurai kepadatan lalu lintas dan mencegah terjadinya kecelakaan di musim mudik Lebaran," ujarnya.

"DAMRI memfasilitasi pergerakan antar kota dan provinsi melalui perjalanan darat untuk mengakomodasi keperluan masyarakat dari pusat pendidikan hingga perekonomian menuju kota asalnya menjadi lebih dekat," tutup Fikri.

 

3 dari 4 halaman

Pontianak

Di kota Pontianak, mudik gratis DAMRI bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Polisi Daerah Kalimantan Barat, Bank Kalimantan Barat (Kalbar), dan sejumlah mitra kerja sama.

Total ada sebanyak 10 armada dengan kuota 1000 penumpang yang tersedia di titik dan jadwal sebagai berikut :

19 April 2023 pukul 08.00 WIB dengan keberangkatan dari Kantor Gubernur Kalimatan Barat

Rute Layanan:

  • Pontianak -- Mempawah -- Singkawang -- Sambas
  • Pontianak -- Ngabang -- Bengkayang
  • Pontianak -- Sanggau -- Sekadau -- Sintang -- Melawi -- Kapuas Hulu
  • Pontianak -- Tayan -- Sandai -- Nanga Tayap (Ketapang)

 

4 dari 4 halaman

Surabaya

Sementara untuk program mudik gratis di kota Surabaya, DAMRI bekerja sama dengan PT INKA dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Ada sebanyak 17 armada bus DAMRI untuk kuota 480 penumpang dengan titik dan jadwal sebagai berikut:

18 -- 20 April 2023 pukul 08.00 WIB

18 April 2023

Keberangkatan dari Pool DAMRI Jl. Jagir Sidosermo tujuan ke Ponorogo, Situbondo - Banyuwangi, dan Jember - Banyuwangi.

19 April 2023

Keberangkatan dari Kantor Dinas Perhubungan Jawa Timur tujuan ke Bojonegoro. Lalu, ada keberangkatan dari Kantor PT Puspo Agro Surabaya tujuan ke Jember - Banyuwangi.

Adapun, keberangkatan dari Universitas Airlangga tujuan ke Sumenep, Bojonegoro, dan Jember - Banyuwangi.

20 April 2023

Keberangkatan mudik gratis DAMRI dari Kantor PWNU Surabaya tujuan ke Jember - Banyuwangi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini