Sukses

Jutawan Ini Berbagi Nasihat Membangun Kekayaan Bagi Mereka Yang Berusia 20-an

Di masa ini, Anda mungkin menghasilkan uang paling banyak yang pernah dihasilkan dalam hidup, sambil mulai membayar hal-hal yang sebelumnya tidak pernah menjadi tanggung jawab Anda

Liputan6.com, Jakarta Usia 20-an merupakan waktu kritis dalam hidup Anda yang dapat menjadi tantangan untuk bertindak, khususnya secara finansial.

Di masa ini, Anda mungkin menghasilkan uang paling banyak yang pernah dihasilkan dalam hidup, sambil mulai membayar hal-hal yang sebelumnya tidak pernah menjadi tanggung jawab Anda. Ditambah dengan sejumlah tujuan keuangan, mulai memikirkan hal seperti melanjutkan pendidikan atau bahkan membeli rumah.

Melansir CNBC Make It, Ramit Sethi, jutawan mandiri dan bintang Netflix “How to Get Rich” berkata, “Saran terbaik saya untuk orang-orang berusia 20-an dalam hal uang adalah mengatur investasi otomatis,”

Meskipun akan terasa seperti tumpukan kartu sedang melawan Anda, nyatanya Anda mungkin tidak mendapatkan penghasilan sebanyak yang didapatkan nanti. Anda bisa mempertanyakan pilihan karier hingga menghadapi segunung utang.

Dalam usia 20-an, satu-satunya hal yang benar-benar Anda miliki adalah waktu. Itulah mengapa sangat penting untuk mulai berinvestasi sesegera mungkin.

Investasi rutin akan terdengar mengintimidasi apalagi jika Anda hidup dari gaji ke gaji, tetapi Sethi mengatakan bahkan kontribusi kecil yang terus-menerus dilakukan dapat membuat Anda siap untuk masa depan yang cerah.

Secara umum, semakin panjang waktu untuk uang Anda diinvestasikan, semakin baik. Bunga memungkinkan uang yang Anda investasikan tumbuh dari waktu ke waktu, dan bunga majemuk memberikan lebih banyak potensi uang untuk berlipat ganda. Bunga tidak hanya tumbuh pada investasi awal Anda, tetapi juga pada saat pengembalian investasi itu.

Ini berarti semakin lama Anda dapat menyimpan uang Anda, semakin besar pertumbuhannya.

Sementara alasan lainnya adalah pasar saham tidak selalu hijau. Saat resesi melanda, portofolio Anda mungkin turun selama beberapa bulan, atau tahun, sekaligus. Namun, itu selalu bangkit kembali. Berinvestasi lebih awal memberi uang Anda lebih banyak waktu untuk pulih dari penurunan, mengutip penjelasan Sethi di CNBC Make It.

Lama-kelamaan, investasi akan menjadi kebiasaan bagi Anda. Bisa juga gunakan sistem transfer otomatis ke rekening investasi dari bank Anda.

Jika Anda tidak memiliki akun investasi, Anda dapat membuka akun broker online hanya dalam beberapa langkah. Rekening pensiun seperti 401 (k) atau rekening pensiun individu (IRA) juga merupakan pilihan yang bagus untuk memulai.

Selain itu, Anda tidak perlu menyumbang banyak uang saat memulai, asalkan Anda memulainya, menurut Sethi.

“Jika Anda berusia 20-an, Anda memiliki peluang luar biasa, meskipun penghasilan Anda tidak setinggi itu, untuk mengatur kebiasaan Anda dengan benar. Saat penghasilan Anda meningkat di usia 30-an dan 40-an, Anda bisa menaikkan angka itu.” jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penting Untuk Menikmati Usia 20-an

Sethi juga berpesan bagi mereka yang berusia 20-an untuk menikmati musim kehidupan di usia ini.

Dikutip dari CNBC Make It, dia berkata, “Usia 20-an Anda adalah tentang mengenal diri sendiri, pergi keluar dengan teman, melakukan perjalanan murah. Saya pikir Anda harus melakukan itu. Ada hal-hal tertentu yang dapat Anda lakukan di usia 20-an yang tidak akan pernah dapat Anda lakukan lagi, dan saya mendorong Anda untuk menerimanya.”

Menurutnya, penting untuk mengambil langkah-langkah membangun keamanan finansial di usia 20-an, tetapi sama pentingnya dengan memanfaatkan energi, waktu, dan peluang yang Anda miliki selama periode ini.

“Salah satu penyesalan saya melihat ke belakang adalah bahwa saya tidak bersenang-senang lagi,” kata Sethi.

 

Sumber: https://www.cnbc.com/2023/04/25/ramit-sethi-best-advice-for-people-in-their-20s-to-build-wealth.html

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini