Sukses

Menko Polhukam Mahfud MD Perintahkan Kementerian dan BUMN Tunda Halalbihalal Lebaran 2023

Mahfud MD menghimbau agar pada pekan pertama, yakni tanggal 24 April hingga 1 Mei 2022, supaya tidak mengadakan acara halalbihalal seperti syawalan, reunian, dan sejenisnya.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) sekaligus saat ini menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Ad Interim Mahfud MD, mengumumkan penundanaan halalbihalal Lebaran untuk kalangan instansi pemerintah.

Hal tersebut diumumkan melalui akun Instagram @mohmahfudmd, Senin (24/4/2023), Mahfud meminta agar acara halalbihalal ditunda sampai awal pekan kedua setelah hari raya Idulfitri 2023.

"Selaku Menteri PANRB Ad Interim, secara resmi saya mengumumkan Semua kantor pemerintah, yakni Kantor Kementerian/Lembaga Non-Kementerian/BUMN/TNI/POLRI, jika merencanakan Halalbihalal dan semacamnya supaya ditunda sampai awal pekan kedua setelah Hari Raya Idulfitri 1444 H," Tulis Mahfud.

Lebih lanjut, Mahfud menghimbau agar pada pekan pertama, yakni tanggal 24 April hingga 1 Mei 2022, supaya tidak mengadakan acara halalbihalal seperti syawalan, reunian, dan sejenisnya. Namun, setelah rentang waktu tersebut baru boleh dilaksanakan.

"Pada pekan pertama (tanggal 24-1 Mei 2023) supaya tidak diadakan acara Halalbihalal dan lain-lain (syawalan, reunian, dan sejenisnya) di tempat-tempat tersebut. Setelah rentang waktu itu, baru boleh mulai diadakan," tegas Mahfud.

Sementara, untuk surat resmi mengenai aturan baru halalbihalal akan segera dikirimkan ke kantor dan instansi masing-masing. "Surat resmi akan segera dikirim ke kantor dan instansi masing-masing," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Halalbihalal, Tradisi Khas Bangsa Indonesia

Idul Fitri merupakan hari yang sangat dinanti oleh umat Islam di Indonesia. Dalam momentum itu, Idul Fitri berbalut dengan kebudayaan khas, yakni Mudik dan Halalbihalal.

Merayakan lebaran dengan pulang ke kampung halaman serta bertemu sanak saudara untuk saling memaafkan merupakan tradisi khas tidak kita temui di Arab.

"Tradisi Halalbihalal dengan kemeriahan, kesyahduan. Merayakan lebaran seperti di Indonesia berbeda dengan yang ada di Arab," ungkap Ahmad Ginanjar Sya’ban.

Ia mengatakan hal itu saat membedah Kitab At-Tibyan Fi An-Nahyi 'an Muqathaat Al-Arham Wa Al-Aqarib Wa Al-Ikhwan Karya KH. Hasyim dalam program Inspirasi Ramadan 2023 Edisi Sahur yang ditayangkan oleh akun Youtube BKN PDI Perjuangan pada Rabu (21/4/2023) dipandu Muhammad Ibnu Beno.

Ginanjar mengungkapkan, momen ini ditandai dengan bertemunya sanak saudara dan kerabat untuk saling memaafkan atas semua kesalahan yang pernah ada. Kesalahan yang ada menurutnya akan menghambat produktifitas dan membebani mental.

"Halalbihalal artinya bagaimana kita menjadi kembali halal, bertemu dengan saudara juga menjadi halal. Tidak ada lagi beban, kesalahan yang kita pendam selama setahun yang menjadikan produktivitas hidup kita terhambat," tegasnya.

 

3 dari 3 halaman

Kekuatan Struktur Sosial

Filosof Santri ini juga menyebutkan tradisi halalbihalal juga disertai dengan tradisi khas lain, yaitu mudik. Kembali ke kampung halaman bertemu sanak saudara untuk bersilaturahmi menjadi anjuran. Hal ini mengajarkan kepada kita jati diri manusia yang suatu saat akan pulang kepada Sang Pencipta.

"Mudik mengingatkan mereka kepada jati diri manusia tentang makna rindu pulang. Kemudian juga mengingatkan kita ini nanti pulang dengan merasakan kerinduan dan keindahan bertemu dengan Zat Yang Maha Indah dan Zat Yang Maha Penuh Kasih Sayang," kata Ginanjar.

Tradisi tersebut menjadi kekuatan struktur sosial di tengah banyak perbedaan. Hal ini dikarenakan kita dipertemukan setiap tahun untuk saling bermaaf-maafan. Momen ini menjadi penting, berkaca dari kejadian masyarakat di Timur Tengah yang terlibat konflik berkepanjangan karena jarang dipertemukan dengan momen-momen yang dilakukan masyarakat Indonesia.

"Ini juga dapat menjadi kekuatan struktur sosial kita. Kenapa ini Indonesia perbedaan politik tidak sampai menimbulkan disintegrasi, perang fisik saudara karena kita setiap tahun dipertemukan dengan momen-momen saling bermaaf-maafan," sebutnya.

Kitab At-Tibyan ditulis KH. Hasyim bertujuan untuk menjaga hubungan antar anak bangsa yang memiliki banyak perbedaan. hal ini dikarenakan pada abad ke 20 muncul berbagai gerakan islam seperti Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Persis, dan Al-Irsyad yang menghadirkan banyak dinamika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.