Sukses

Tol Bocimi Macet Parah hingga 5 Km, Mobil Jakarta Mengular ke Pelabuhan Ratu Sukabumi

Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi atau Tol Bocimi macet parat pada H+1 Lebaran 2023 atau pada Senin 24 April 2023. Kemacetan ini membuat mobil yang melalui Tol Bocimi mengular sepanjang 5 Kilometer (km) menuju Pelabuhan Ratu.

Liputan6.com, Jakarta - Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi atau Tol Bocimi macet parat pada H+1 Lebaran 2023 atau pada Senin 24 April 2023. Kemacetan ini membuat mobil yang melalui Tol Bocimi mengular sepanjang 5 Kilometer (km) menuju Pelabuhan Ratu. 

Dikutip dari Antara, Senin (24/4/2023), Kemacetan kendaraan terjadi di exit Tol Bocimi seksi Cibadak-Parung Kuda, Jawa Barat. Dilaporkan kemacetan kendaraan terjadi pada pukul 09.44 WIB sepanjang 4-5 km mengarah Parung Kuda, Cibadak dan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi.

"Kepadatan ini sudah terjadi sejak Minggu (23/4) dan disebabkan oleh meningkatnya volume kendaraan arus balik," tulis Jasa Marga dalam keterangannya.

Kemacetan itu membuat sejumlah penumpang mobil memutuskan untuk beristirahat sejenak dan menggunakan toilet darurat di pos lantas Polres Bogor di kawasan Ciawi, Bogor.

Antrean kendaraan bahkan masih terjadi setelah keluar tol yang mengarah ke Sukabumi.

Mobil-mobil bernomor polisi Jakarta masih mendominasi di tol Bocimi yang terlihat bergerak masuk ke arah Sukabumi.

Pemerintah memperkirakan bahwa puncak arus milir libur Idul Fitri 1444 H terjadi hari Senin ini dan Selasa 25 April 2023 besok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Biar Enggak Stres Hadapi Kemacetan Arus Balik, Lakukan Hal-Hal Ini

Seperti halnya saat berangkat, arus balik mudik Lebaran juga kerap terjadi kemacetan. Tentu saja kondisi ini dapat menimbulkan stres, terlebih lagi jika Anda menjadi pengemudi tunggal alias tidak ada penggantinya.

Maka dari itu, biar bagaimanapun, para pemudik harus mempersiapkan diri untuk menghadapi kemacetan. Jangan sampai kemacetan membuat stress sehingga kondisi badan jadi drop.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, berikut beberapa tips mengatasi stres saat macet dari halodoc:

1. Dengarkan sesuatu yang menenangkan

Mendengarkan musik merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengatasi stres akibat macet. Tiap orang tentu memiliki selera musik yang berbeda. 

Oleh karena itu, pilihlah jenis musik yang menenangkan suasana hati sesuai keinginan. Selain musik, sekarang ini sudah ada banyak podcast yang juga bisa didengarkan untuk saat menghadapi kemacetan. 

Terkadang saking serunya pembahasan dalam podcast, tanpa sadar sudah melewati kemacetan.

2. Buatlah diri nyaman

Tidak ada yang lebih buruk daripada terjebak macet dalam kondisi yang tidak nyaman. Untuk pengendara mobil, aturlah posisi kursi senyaman mungkin dan juga suhu di dalam mobil agar tidak panas atau terlalu dingin. 

Pastikan selalu buang air kecil terlebih dahulu sebelum pulang, karena terjebak macet dengan kandung kemih yang penuh bisa membuat semakin stres.

 

3 dari 4 halaman

3. Bernapas dalam-dalam

Cara mengatasi stres saat macet juga dapat dengan menarik napas dalam-dalam. Cara ini juga bisa memberikan efek menenangkan yang luar biasa saat pusing akibat macet. 

Tariklah nafas secara perlahan, tahan napas selama beberapa hitungan, lalu hembuskan secara bertahap. Sambil berpanas, katakanlah pada diri sendiri dalam hati bahwa kemacetan ini tidak akan berlangsung selamanya.  

4. Main Game

Game yang dimaksud bukanlah game dalam smartphone, melainkan permainan yang bisa dilakukan bersama orang lain. Cara meredakan stres saat macet ini bisa dilakukan saat memiliki teman perjalanan dalam mobil.

Ada berbagai jenis permainan yang bisa dilakukan saat terjebak macet, seperti ‘this or that’, tebak lagu, dan lain-lain.

5. Telepon teman

Sebagian besar mobil modern sudah memiliki konektivitas Bluetooth yang memungkinkan untuk melakukan panggilan secara hands free.

Jadi, bila mulai stres karena terjebak macet sendirian di dalam mobil, ini adalah saat yang tepat untuk menghubungi ibu, pasangan, atau teman untuk mengobrol.

Namun, jangan sampai lupa fokus pada jalan dan tetap waspada. Kuncinya adalah tetap melihat ke depan dan memusatkan perhatian pada jalan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

4 dari 4 halaman

6. Ambil camilan

Jika merasa sangat marah pada situasi lalu lintas yang macet, coba periksa kondisi perut. Rasa lapar bisa membuat seseorang menjadi mudah marah dalam situasi apapun.

Maka dari itu, menyimpan beberapa makanan ringan di mobil atau dalam tas untuk berjaga-jaga untuk situasi darurat merupakan ide bagus. Dengan begitu, pengendara dapat mengambil cemilan untuk menenangkan perut dan hati untuk sementara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.