Sukses

Ikut Arahan Erick Thohir, IDSurvey Sebar 1.000 Paket Sembako Murah

Erick Thohir meminta sejumlah BUMN untuk turut merespons dalam mengatur harga bahan pokok, termasuk salah satunya menebar sembako dengan harga murah.

Liputan6.com, Jakarta - Holding BUMN Jasa Survei atau IDSurvey menyalurkan 1.000 paket sembako murah selama ramadan 2023. Ini sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir.

Sebelumnya, Erick meminta sejumlah BUMN untuk turut merespons dalam mengatur harga bahan pokok, termasuk salah satunya menebar sembako dengan harga murah.

“Demi memenuhi kebutuhan pokok masyarakat sekaligus menunjang pemenuhan gizi mereka, maka tim Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) menyebarkan paket sembako dengan harga murah ke warga Barabai, Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan beberapa waktu lalu,” jelas Sekretaris Perusahaan Biro Klasifikasi Indonesia (BKI), Misbahudin Aidy dalam keterangan resminya, Selasa (18/04/2023).

Aidy menerangkan, paket sembako berisi minyak sebanyak 1 liter, gula 1 kilogram, beras 5 kilogram. Aidy menegaskan paket sembako ini dibanderol dengan harga lebih murah dibawah harga pasar.

Tak hanya melaksanakan pasar murah, PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) juga memberikan bantuan santunan kepada anak yatim dan penyandang disabilitas untuk masyarakat setempat.

“Dalam acara ini, sebanyak 20 pelaku UMKM di daerah Hulu Sungai Tengah pun ikut memeriahkan acara dengan menggelar stand beraneka ragam produk makanan maupun minuman. Kegiatan terlaksana dari jam 15.00 WITA hingga 17.30 WITA berjalan dengan lancar terkendali,” tutur Aidy.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Stabil

Diberitakan sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang blusukan ke Pasar Kelapa Cilegon, Banten. Dalam kunjungan itu, Erick Thohir memastikan kondisi harga bahan pokok dalam keadaan baik atau stabil.

Diketahui, hadir bersama Erick, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Jenderal Yudo Margono.

"Mendampingi Pak Jokowi bersama Pak Sigit (Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo) dan Pak Panglima (Panglima TNI Jenderal Yudo Margono) mengecek harga - harga kebutuhan pokok menjelang Lebaran. Alhamdulillah harganya baik," ujar Erick dalam keterangannya, Selasa (11/4/2023).

Dia menyebut, Kementerian BUMN sendiri terus mengantisipasi pengamanan pasokan dan stabilitas harga kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023. Sebelumnya dia telah memanggil Direktur Utama ID Food atau Induk Holding BUMN Pangan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) Frans Marganda Tambunan dan Direktur Utama Bulog Budi Waseso.

 

3 dari 4 halaman

Pengamanan Kualitas Bapok

Pertemuan yang berlangsung pada 31 Maret 2023 tersebut membahas pengamanan kuantitas dan kualitas bahan pokok agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Erick mengatakan, khusus untuk beras, ID Food dan Bulog perlu menjaga agar kuantitas dan kualitasnya terjaga, tidak hanya selama Lebaran, melainkan hingga pasca Lebaran. Adapun untuk holtikultura, harganya perlu distabilkan melalui pendistribusian dari lokasi panen ke lokasi yang membutuhkan.

"Begitu juga dengan harga daging yang kita coba tekan, tepat waktunya," kata dia.

 

4 dari 4 halaman

Pasar Rakyat BUMN

Menteri BUMN, Erick Thohir, gelar Pasar Rakyat BUMN di Kabupaten Gresik untuk pastikan sembako murah dirasakan sampai pelosok Indonesia.

Hal ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat sekaligus menjaga keseimbangan pasar. Kegiatan ini juga diikuti oleh Bazaar UMKM lokal Gresik.

Kegiatan yang disampaikan oleh Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga, ini disambut dengan antusias oleh 4.000 keluarga di Kab. Gresik pada hari Kamis (2/3/2023) bertempat di Stadion Petrokimia Gresik.

Dalam operasi Pasar Rakyat BUMN ini, masyarakat menukar kupon seharga Rp 55 ribu yang berisi paket sembako berisi 5 kg beras, 1 kg gula, dan 1 liter minyak goreng.

Paket yang setara dengan harga Rp 90 ribu itu tersedia untuk 4.000 kupon. Sedangkan, bazaar UMKM terpusat pada pemberian stand bazaar secara gratis kepada puluhan UMKM untuk menjual produk makanan serta kerajinan lokal.

Diikuti dengan audensi dengan pelaku UMKM secara langsung oleh Staf Khusus III Menteri BUMN untuk menjawab kebutuhan mereka.

Pada kesempatan yang digerakkan oleh salah satu BUMN, Petrokimia Gresik, Arya Sinulingga juga memberikan sosialisasi Program PNM Mekaar yang telah membiayai lebih dari 90 ribu keluarga di Gresik. Hal ini tentu akan mendorong peningkatan jumlah perempuan mandiri yang berdaya di Indonesia.

"Saat ini, dari 250 ribu keluarga di Kab. Gresik, jumlah keluarga prasejahtera hanya sekitar 70-80 ribu. Untuk itu, BUMN siap membantu Pemerintah Kabupaten untuk mengangkat kesejahteraan masyarakat Gresik lewat program PNM Mekaar", sebut Arya dalam sambutannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini