Sukses

AC dan Lampu Batik Air Mati Bikin Penumpang Ngamuk, Ini Gara-garanya

Maskapai Batik Air angkat suara terkait video viral yang menampilkan sejumlah penumpang tengah marah akibat mesin penyejuk udara atau AC mati dan lampu padam menjelang lepas landas. Melansir akun TikTok @Danielginting5, disebutkan kejadian itu terjadi pada pesawat Batik Air dengan penerbangan rute Kuala Lumpur ke Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Maskapai Batik Air angkat suara terkait video viral yang menampilkan sejumlah penumpang tengah marah akibat mesin penyejuk udara atau AC mati dan lampu padam menjelang lepas landas. Melansir akun TikTok @Danielginting5, disebutkan kejadian itu terjadi pada pesawat Batik Air dengan penerbangan rute Kuala Lumpur ke Jakarta.

Corporate Communications Strategic of Batik air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, keluhan pesawat kurang terasa dingin dan lampu padam yang terjadi pada situasi dimaksud disebabkan oleh Ground Power Unit (GPU) yang tidak bekerja secara maksimal (Ground power issue).

Ground power issue merupakan gangguan yang terjadi pada pasokan daya listrik yang diberikan pada pesawat melalui GPU saat pesawat sedang parkir di darat.

"Kendala dapat berupa ketidakmampuan GPU memberikan pasokan listrik yang cukup pada pesawat, atau terjadi indikasi kegagalan pada sistem kelistrikan yang menyebabkan pasokan daya listrik terganggu. Ground Power Unit (GPU) disediakan oleh pihak ketiga atau mitra ground handling yang bekerja sama dengan Batik Air di Kuala Lumpur," kata Danang dalam keterangannya di Jakarta, dikutip Jumat (14/4).

Danang menjelaskan, Ground Power Unit (GPU) merupakan peralatan yang terpisah dari pesawat dan berfungsi sebagai pemasok kelistrikan dari luar pada pesawat. GPU biasanya terletak di area parkir pesawat dan dihubungkan ke pesawat dengan menggunakan kabel listrik yang terpasang di konektor pada pesawat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minta Maaf

Dengan menggunakan GPU, pesawat mendapatkan pasokan daya listrik yang dibutuhkan untuk menghidupkan sistem-sistem listrik di dalam pesawatSeperti sistem penerangan, pendingin udara, sistem avionik dan lain sebagainya.

Batik Air menegaskan, bahwa pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LBS dalam kondisi prima, laik dan aman dioperasikan. Menurut Danang, kendala yang terjadi pada ketidakmaksimalan kinerja GPU telah diatasi dengan segera dan tidak mempengaruhi keselamatan penerbangan.

Atas peristiwa tersebut, Batik Air menyampaikan permintaan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi kepada tamu pada penerbangan rute Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia (KUL) tujuan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang (CGK) pada Senin (10/4).

 

3 dari 3 halaman

Viral Penumpang Batik Air Ngamuk Soal AC Pesawat Tidak Dingin

Sebelumnya, unggahan video yang dipublikasikan akun TikTok @Danielginting5 menjadi viral karena menunjukkan kemarahan sejumlah penumpang pesawat yang diduga milik Batik Air.

Disebutkan dalam video itu, insiden terjadi pada pesawat Batik Air dengan penerbangan rute Kuala Lumpur ke Jakarta.

"pesawat yang dipaksakan untuk terbang kondisi Aircon tidak beroperasi!," tulis unggahan itu.

'Kita gamau terbang kalau AC gak dingin," ujar salah satu penumpang dalam video tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.