Sukses

Digitalisasi jadi Jurus APP Sinar Mas Menuju Industri Pulp dan Kertas Berkelanjutan

Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas berupaya untuk selalu mengedepankan proses transformasi teknologi dan digital dalam seluruh aspek operasional dan proses bisnisnya dari hulu ke hilir.

 

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka untuk terus menerapkan semangat continuous improvement dan mengimplementasikan komitmen untuk terus berinovasi menghadirkan produk-produk berkualitas kepada para pelanggan serta tetap mengedepankan praktik bisnis yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, Asia Pulp & Paper atau APP Sinar Mas berupaya untuk selalu mengedepankan proses transformasi teknologi dan digital dalam seluruh aspek operasional dan proses bisnisnya dari hulu ke hilir.

Perjalanan tranformasi digital yang APP Sinar Mas lakukan telah berlangsung selama lebih dari 25 tahun, dengan menggandeng Perusahaan-Perusahaan teknologi terkemuka di dunia.

Head of Automation APP Sinar Mas, Alfian Lim menjelaskan bahwa penerapan digitalisasi pada proses bisnis APP Sinar Mas dimulai sejak akhir 1990’an karena menyadari potensi besar teknologi digital dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, efisiensi dan produktivitas.

“Penggunaan teknologi digital ketika itu kami harapkan dapat mempercepat waktu produksi, meningkatkan efisiensi di berbagai area operasional, serta memperbaiki kualitas produk dengan menggunakan kemampuan analisa real-time data yang memberikan manfaat deteksi dan penyelesaian masalah yang lebih cepat.

Proses digitalisasi yang berlangsung selama ini juga membantu APP SInar Mas memenuhi tuntutan pasar yang semakin kompleks, meningkatkan daya saing perusahaan di pasar global dan menjadikan APP sebagai produsen kertas kelas dunia.

Perjalanan APP Sinar Mas dalam menjalani transformasi digital dimulai dengan menggandeng salah satu Perusahaan perangkat lunak SAP Indonesia sejak tahun 1996.

Ketika itu, APP Sinar Mas memutuskan untuk menggunakan solusi ERP dan CRM yang terbaru dari SAP, serta melakukan investasi pada peningkatan infrastruktur teknologinya.

Kedua solusi itu mulai diaktivasi sejak 1999 dan setelah itu dilanjutkan dengan menerapkan solusi lainnya di APP Sinar Mas dan beberapa perusahaan dalam pilar bisnis Sinar Mas lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Transformasi Digital

Bertujuan untuk terus berinovasi dalam mentransformasikan perusahaan secara digital, APP Sinar Mas kemudian menjalankan proyek Garuda+ yang telah dimulai sejak November 2021. Proyek transformasi digital ini bertujuan untuk menyelaraskan proses bisnis, sumber daya manusia (SDM), dan teknologi digital. Diharapkan penerapan teknologi dengan optimal melalui Garuda+ dapat membuat APP Sinar Mas menuju Industri 4.0 dan menjadi bisnis yang berkelanjutan dan semakin efisien.

Andreas Diantoro, Managing Director SAP Indonesia menjelaskan bahwa selama lebih dari dua dekade, APP Sinar Mas menggunakan berbagai solusi tambahan dari SAP untuk memperkuat operasional bisnisnya. “Dengan dukungan dari solusi SAP yang inovatif, APP Sinar Mas siap untuk terus berinovasi di era industri 4.0 dan tumbuh menjadi perusahaan yang lebih bersaing dan siap menghadapi tantangan global di masa depan,” ungkapnya.

“Kami berharap solusi SAP terbaru di antaranya S/4HANA dan ARIBA yang diterapkan di APP Sinar Mas dapat menghadirkan efisiensi operasional, meningkatkan transparansi, dan meningkatkan kepuasan pelanggan di tengah berbagai kemajuan teknologi dan kebutuhan akan sistem yang semakin kompleks. Dalam perjalanan transformasi digital untuk menjadi bisnis yang tangguh dan berkelanjutan, SAP Indonesia telah mendukung APP Sinar Mas selama lebih dari 25 tahun dan akan senantiasa mendukung dalam perjalanannya,” tambah Andreas.

Transformasi digital yang dilakukan APP Sinar Mas ini berhasil mengoptimalkan cara kerja seluruh lini perusahaan sehingga seluruh sumber daya manusia (SDM) yang menjadi kunci utama siap dalam menghadapi perubahan pasar. Tak hanya melalui kolaborasi mutual dengan SAP Indonesia, transformasi digital APP Sinar Mas juga turut menggandeng Perusahaan perangkat lunak (software) terkemuka Eropa, Tietoevry, melalui program TIPS Industry Solution and Services, yang juga terintegrasi dengan SAP.

 

3 dari 3 halaman

Proses Bisnis APP Sinar Mas

Sistem TIPS mendigitalkan dan mengotomatisasi proses bisnis APP Sinar Mas di area produksi dan di saat yang bersamaan juga meningkatkan kemampuan internal untuk terus beradaptasi dengan cepat (agile).

Solusi yang ditawarkan Tietoevry, memberikan data real-time dan transparan untuk seluruh lini operasional pabrik, meningkatkan efisiensi, kualitas produk dan keberlanjutan. Proses digitalisasi ini juga meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan, serta memungkinkan model bisnis yang baru. Kolaborasi APP Sinar Mas dan Tietoevry ini termasuk didalamnya adalah penyusunan MES (Manufacturing Execution System) yang penting bagi bisnis.

“APP Sinar Mas telah mempraktekkan model bisnis baru dan proses digitalisasi, mulai dari tahapan awal interaksi pelanggan hingga ke seluruh lini produksi dalam pabriknya melalui system perencanaan yang adaptif dan agile, dengan sistem lacak balik rantai pasok bahan baku yang terintegrasi dengan tetap mengedepankan efisiensi dalam operasionalnya dan secara bersamaan juga tetap luwes dan fleksibel. Kami bangga menjadi bagian dari proses continues improvement ini dan akan terus mendukung transformasi bisnis global APP Sinar Mas demi kemajuan dan perkembangan mereka. Platform bisnis kami menjamin transparansi ke seluruh rantai pasok dan mendukung inovasi dalam membangun peluang bisnis baru," ujar Head of Pulp, Paper & Fibre Tietoevry Industry Carsten Henke.

Dengan komitmen menuju Industri 4.0 ini, APP Sinar Mas menjadi bagian dari Pavillion Indonesia bersama Asosiasi Pulp & Kertas Indonesia (APKI) pada Hannover Messe 2023 (17-19 April 2023).

Hannover Messe adalah salah satu pameran perdagangan terbesar di dunia, yang didedikasikan untuk topik pengembangan industri. Pada penyelenggaraan di tahun ini, Indonesia menjadi Partner Country, dan akan menampilkan sejumlah teknologi industri terbaru dan peluang investasi di sektor industri. Hal ini menjadi kesempatan APP Sinar Mas menunjukan kapasitas dan kapabilitas sektor Industri Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.