Sukses

Catat, 4 Pelabuhan Ini Tak Jual Tiket On The Spot saat Mudik Lebaran 2023

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) atau ASDP sudah tidak memberlakukan kebijakan penjualan tiket secara langsung di Pelabuhan pada musim mudik Idulfitri 1444 Hijriah/2023. Kebijakan ini khusus berlaku bagi penumpang di Pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk.

Liputan6.com, Jakarta PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) atau ASDP sudah tidak memberlakukan kebijakan penjualan tiket secara langsung di Pelabuhan pada musim mudik Idulfitri 1444 Hijriah/2023. Kebijakan ini khusus berlaku bagi penumpang di Pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk.

"Sama sekali sudah nggak ada penjualan tiket di pelabuhan yang tadi disebutkan," ujar Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin di Kantornya, Jakarta Pusat, Senin (10/4).

Sebagai gantinya, penumpang di empat pelabuhan tersibuk tersebut dapat melakukan pembelian tiket melalui aplikasi Ferizy, gerai retail seperti Alfamart, Indomaret, Agen BRILink, dan lainnya. Sementara, pembayaran tiketnya dapat dilakukan melalui cara transfer antarbank, e-wallet, gerai retail, internet banking, dan lainnya.

Penjualan tiket sendiri sudah di buka sejak H-60 lebaran. "Mulai h-60 (Idulfitri 1444 Hijriah) tiket sudah bisa di pesan. Ini tentunya memudahkan pemudik," jelasnya.

Selain itu, calon penumpang diimbau untuk membeli tiket maksimal sebelum H-1 keberangkatan. Hal ini untuk mengantisipasi penumpukan penumpang pada musim mudik lebaran Idulfitri 2023.

"Kemudian pemudik diwajibkan beli tiket H- 1 sebelum keberangkatan," ucapnya.

ASDP memprediksi jumlah pemudik pada lebaran Idulfitri tahun ini mencapai 6,6 juta orang. Jumlah ini setara 5,3 persen dari total pemudik yang diperkirakan sebesar 123,8 juta orang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemudik Sepeda Motor ke Sumatera Dilarang Lewat Pelabuhan Merak, Dialihkan ke Ciwandan

Pengumuman resmi pemudik sepeda motor, rekayasa lalu lintas, pelabuhan yang digunakan hingga rute pelayaran dari Pulau Jawa menuju Sumatera, resmi dikeluarkan PT ASDP Indonesia Ferry serta Polda Banten.

Kini, pemudik sepeda motor resmi tidak diperbolehkan mudik melewati Pelabuhan Merak, semua dialihkan melalui Pelabuhan Ciwandan yang dikelola Pelindo. Keputusan resmi itu di umumkan PT ASDP Indonesia Ferry, melalui akun resmi instagramnya di @asdp191.

Dalam pengumumannya, dikutip Sabtu malam, 08 April 2023, pukul 21.52 wib, dituliskan bahwa antisipasi peak season angkutan lebaran 2023 di lintasan penyerahan Merak Bakauheni, pelayanan kendaraan roda dua dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan tertanggal 15-21 April 2023 dengan rute Ciwandan-Bakauheni, serta 19-21 April 2023 ditambah rute Ciwandan-Panjang.

Kemudian pelayanan truk golongan V-B, sejak 15-17 April 2023, dilayani melalui Pelabuhan Merak Bakauheni. Sedangkan tanggal 18-21 April 2023, melalui Pelabuhan Ciwandan.

Selanjutnya truk golongan VII sampai IX, dilayani melalui Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ), sejak 15-21 April 2023.

Penetapan rute berdasarkan surat Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Hubdat) Kementrian Perhubungan (Kemenhub) nomor A.P201/1/15/DRJD/2023, perihal antisipasi peak season periode angkutan lebaran tahun 2023, di lintasan penyebrangan Merak-Bakauheni.

 

3 dari 3 halaman

Penetapan Rute Penyeberangan

Penetapan rute penyeberangan secara resmi juga di umumkan Polda Banten melalui akun Instagram di @humaspoldabanten. Dalam unggahannya menerangkan bahwa pemudik sepeda motor sejak H-7 sampai H-1 dilayani melalui Pelabuhan Ciwandan menuju Bakauheni. Kemudian H-3 hingga H-1 melewati Ciwandan menuju Panjang.

Selanjutnya untuk truk golongan V-B, sejak H-4 hingga H-1 melalui Ciwandan. Kemudian truk golongan VI-B, sejak H-7 hingga H-1 wajib melalui Pelabuhan Pelindo.

Antisipasi penumpukan pemudik juga akan dilakukan Polda Banten, yakni Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Cilegon, menjadi jalur alternatif pemudik menuju Pelabuhan Merak dan Ciwandan.

Polda Banten akan menerapkan delaying system untuk menahan laju kendaraan agar tidak terlalu cepat dan menumpuk di sekitar Pelabuhan Merak. Lokasinya berada di rest area KM43, KM68 serta di buffer zone KM97. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.