Sukses

Harga Emas Diprediksi Tembus USD 2.000 per Ons Minggu Ini

Harga Emas diprediksi bisa mencapai rata-rata USD 2.000 per ons pada kuartal IV tahun

Liputan6.com, Jakarta Emas diprediksi bisa mencapai rata-rata USD 2.000 per ons pada kuartal IV tahun. Lonjakan harga emas ini bisa terjadi jika Federal Reserve memangkas suku bunga.

Kendati demikian, Kepala strategi komoditas ING, Warren Patterson. mengatakan setelah berlangsung besar-besaran selama tiga minggu terakhir, beberapa penurunan emas tidak dapat dihindari. Tapi ada banyak ruang perdagangan emas untuk harga bergerak lebih tinggi di paruh kedua tahun ini.

"Sementara kami memperkirakan penurunan harga dalam jangka pendek, kami melihat harga emas bergerak lebih tinggi selama kuartal II-2023, dan memperkirakan emas rata-rata USD 2.000/ons selama kuartal IV-2023. Asumsi seputar ini adalah kita tidak melihat penurunan lebih lanjut di sektor perbankan dan bahwa Fed mulai memangkas suku bunga menjelang akhir tahun ini," kata Patterson dikutip dari Kitco News, Senin (3/4/2023).

Dia menjelaskan, berdasarkan data Commodity Futures Trading Commission (CFTC) menunjukkan bahwa spekulan telah meningkatkan net long mereka di emas COMEX dalam beberapa pekan terakhir. Managed money net long telah meningkat sebesar 67.047 lot sejak akhir Februari, menjadi 106.955 lot.

Menurutnya, spekulan telah meningkatkan posisi menjelang akhir tahun lalu dan awal tahun ini dengan harapan bahwa Fed tidak terlalu jauh dari puncak suku bunga fed fund. Tapi masih ada ruang untuk posisi yang lebih spekulatif, dan pemicu yang tepat adalah kekhawatiran sektor perbankan dan poros Fed.

Ada beberapa tanda yang menunjukkan spekulan meningkatkan eksposur emas mereka. "Net long saat ini sedikit di bawah level yang terlihat pada Januari tahun ini, jauh di bawah level yang terlihat pada awal perang Rusia/Ukraina, jauh lebih rendah dari level yang terlihat selama puncak periode penguncian Covid dan di bawah rekor net long sekitar 292 ribu lot terlihat kembali pada September 2019," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ketidakpastian Geopolitik

Disisi lain, ketidakpastian geopolitik dan iklim ekonomi, pembelian emas bank sentral juga akan tetap menjadi pendorong tahun ini. Dia memprediksi pembelian yang kuat terus berlanjut hingga 2023.

Kebijakan Fed kemungkinan akan menjadi kunci untuk emas dalam jangka menengah. The Fed kemungkinan mendekati puncak suku bunga dana Fed, dan tentunya bisa dilihat poros selama paruh kedua tahun ini.

Peristiwa baru-baru ini menunjukkan bahwa aliran kredit akan menjadi lebih ketat, dan ini akan membebani ekonomi dan memungkinkan inflasi turun lebih cepat.

"Kami melihat Fed memotong sebesar 75bp pada kuartal keempat. Kami mengharapkan imbal hasil riil mengikuti tingkat kebijakan yang lebih rendah di akhir tahun, yang seharusnya terbukti mendukung harga emas," pungkas Patterson.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.