Sukses

Kisah Sukses Chow Shing Yuk, Eks Pemain Poker Sukses Dirikan Lalamove dan Kini Masuk Jajaran Miliarder

Liputan6.com, Jakarta Kisah sukses datang lagi dari pengusaha jasa pengiriman Lalamove asal Hong Kong Chow Shing Yuk yang masuk dalam jajaran miliarder. Menurut perkiraan Forbes, hartanya telah meroket hingga USD 2,2 miliar atau sekitar Rp 32,9 triliun.

Lantas, bagaimana kisahnya?

Dilansir dari Forbes, Jumat (31/3/2023), sebelum sukses mendirikan bisnis Lalamove, Chow Shing Yuk ternyata menjadi pemain poker profesional yang belajar ekonomi di Universitas Stanford.

Selama dekade terakhir, Chow Shing Yuk terus membangun Lalamove menjadi raksasa logistik dan pengiriman yang berkantor pusat di Hong Kong. Bisnisnya itu pun didukung oleh perusahaan, seperti Sequoia China milik Neil Shen dan Hillhouse Capital milik Lei Zhang.

Sementara itu, pada hari Selasa, perusahaan miliarder yang memiliki nama resmi Lalatech Holdings ini mengajukan penawaran umum perdana di Hong Kong, mengungkapkan bahwa dia memiliki 25 persen saham melalui perwalian keluarga.

Berdasarkan saham Chow dan hasil penjualan saham sebelumnya, Forbes memperkirakan kekayaan bersihnya menjadi USD 2,2 miliar. Karena itulah, dia berhasil menjadi miliarder pemula yang langka di Hong Kong.

Penggalangan dana pribadi terakhir Lalatech adalah putaran Seri G senilai USD 230 juta pada November 2021, selama gelembung startup. Menurut sebuah laporan dari situs web teknologi informasi, putaran itu menghargai Lalatech dengan nilai USD 13 miliar.

Sejak itu, banyak valuasi startup jatuh di tengah kenaikan suku bunga dan kekhawatiran resesi. Prospektus IPO perusahaan mengungkapkan bahwa Chow menjual 2,17 juta saham Lalatech kepada raksasa internet China Tencent, salah satu investornya, seharga USD 100 juta pada Desember, menilai perusahaan tersebut sekitar USD 7,8 miliar. Namun, Lalatech tidak menanggapi permintaan komentar.

Permohonan raksasa logistik untuk mendaftar di Hong Kong datang hampir dua tahun setelah dilaporkan mengajukan secara rahasia untuk IPO AS yang dapat mengumpulkan lebih dari USD 1 miliar, menurut laporan Bloomberg News .

Selain Sequoia China, Hillhouse, dan Tencent, ada pula investor Lalatech lainnya. Mereka yang termasuk antara lain perusahaan asuransi jiwa miliarder Richard Li, FWD Group; C Capital milik taipan real estat Adrian Cheng; Gaw Capital Partners milik Goodwin Gaw; salah satu pendiri Xiaomi; Shunwei Capital milik Lei Jun.

Kemudian raksasa pengiriman makanan China, Meituan,; dana lindung nilai miliarder Daniel Sundheim D1 Capital Partners; dan Boyu Capital, sebuah perusahaan ekuitas swasta yang didirikan oleh cucu mantan Presiden China Jiang Zemin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tentang Lalatech

Chow yang menjabat sebagai ketua dan CEO, ikut mendirikan Lalatech sejak 2013 untuk mendigitalkan seluruh proses pemesanan angkutan darat, yang secara tradisional dilakukan melalui call center. Aplikasi seluler perusahaan berusaha menghubungkan orang dan bisnis dengan operator yang mengirimkan bahan makanan, furnitur, dan bahkan hewan peliharaan.

Lalatech beroperasi di bawah merek Lalamove di Hong Kong dan Asia Tenggara, dan sebagai Huolala di Cina daratan. Perusahaan ini pertama kali diluncurkan di Hong Kong pada 2013 dan kemudian berkembang ke China daratan setahun kemudian. Bisnis ini difokuskan untuk tumbuh di Asia Tenggara dan Amerika Latin, dan berencana memasuki Timur Tengah selama beberapa tahun ke depan.

Perusahaan mengatakan dalam prospektus pencatatannya bahwa pada paruh pertama tahun lalu itu adalah platform transaksi logistik end-to-end (dari penempatan pesanan hingga pencocokan pengiriman hingga pembayaran) terbesar di dunia berdasarkan nilai transaksi bruto, dengan pangsa pasar sebesar 43,5 persen, mengutip konsultan Frost & Sullivan. Itu 3,5 kali lebih banyak dari Uber Freight nomor dua, cabang logistik perjalanan AS yang memanggil raksasa Uber Technologies, yang sedang mempertimbangkan daftarnya sendiri, menurut laporan Bloomberg News awal bulan ini.

Lalatech, yang berfokus pada pengiriman kota yang sama, berhasil mempersempit kerugian bersihnya sekitar 96 tahun-ke-tahun menjadi USD 93 juta pada 2022, menurut prospektus pencatatannya yang diajukan ke bursa saham Hong Kong. Selama periode yang sama, pendapatan perusahaan melonjak 23 persen menjadi sekitar USD 1 miliar, dengan bisnis China daratan menyumbang lebih dari 90 persen penjualannya.

Hadir di Beberapa Negara di Asia

Sementara itu, Lalatech mengaitkan pertumbuhannya yang stabil dengan jaringan luas pedagang dan operator yang telah dibangunnya selama beberapa tahun terakhir. Pada akhir tahun lalu, Lalatech mengatakan memiliki lebih dari 7 juta operator terverifikasi di jaringannya dan rata-rata lebih dari 11 juta pedagang menggunakan platformnya setiap bulan.

Perusahaan yang berbasis di Hong Kong ini kini hadir di 400 kota dengan 11 pasar, termasuk Bangladesh, Brasil, Indonesia, Malaysia, Meksiko, Singapura, Thailand, Filipina, dan Vietnam. Jaringan Lalatech memungkinkan perusahaan menghasilkan lebih banyak pendapatan dari biaya keanggotaan dan komisi yang dibayarkan oleh operator.

 

3 dari 3 halaman

Karier Chow

Chow yang lahir di Cina dibesarkan di sebuah rumah kayu bobrok di Hong Kong. Dia memperoleh beasiswa untuk belajar di AS setelah mendapat nilai A langsung dalam ujian sekolah menengahnya, menurut sebuah wawancara yang ia berikan kepada Universitas Cina Hong Kong, kemudian dia memperoleh gelar master di bidang ekonomi.

Setelah mendapatkan gelar sarjananya dari Stanford, Chow memulai kariernya sebagai konsultan di Bain & Co. di Hong Kong.

Setelah menghabiskan sebagian besar jam kerjanya bermain poker Texas Hold 'em online, Chow memutuskan untuk mencoba secara profesional. Selama delapan tahun sebagai pemain poker profesional, Chow memperoleh kemenangan sebesar HK$30 juta atau USD 3,8 juta.

Pada 2013, Chow menggunakan kemenangan pokernya untuk memulai Lalatech (yang pada saat itu disebut EasyVan) dengan salah satu pendiri Gary Hui dan Matthew Tam setelah frustrasi menggunakan pusat panggilan untuk memesan layanan pengiriman. Dalam wawancara Chinese University of Hong Kong, Chow mengungkapkan ambisinya untuk membuat Lalatech identik dengan pengiriman.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.