Sukses

Oleh-Oleh Jokowi dari Singapura, Kemitraan Bangun Kota dan Perumahan Berkelanjutan

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa bersama Minister of National Development Singapore Desmond Lee menandatangani Memorandum Saling Pengertian (MSP)

Liputan6.com, Jakarta Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa bersama Minister of National Development Singapore Desmond Lee menandatangani Memorandum Saling Pengertian (MSP) tentang Kemitraan Bilateral Mengenai Pembangunan Perkotaan dan Perumahan Berkelanjutan.

Itu dilakukan di sela-sela kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Negeri Singa. Adapun MSP antara Kementerian PPN/Bappenas dan Kementerian Pembangunan Nasional atau Ministry of National Development (MND) Singapore ini menegaskan komitmen bersama untuk menangani isu pembangunan, khususnya tentang pembangunan perkotaan berkelanjutan dan perencanaan tata guna lahan.

"Kementerian PPN/Bappenas dan MND menyadari, pentingnya membina kemitraan bilateral atas dasar kedaulatan, kesetaraan, saling menghormati dan saling menguntungkan, serta memperkuat kerjasama antara Indonesia dan Singapura," ujar Menteri Suharso dalam keterangan tertulis, Jumat (17/3/2023).

Indonesia-Singapura menyepakati lima area kerja sama, yakni pembangunan infrastruktur berkelanjutan, regenerasi perkotaan, kebijakan dan manajemen perumahan umum yang cerdas hijau dan terjangkau, pembiayaan inovatif untuk infrastruktur, serta big data dan analitik untuk perencanaan pembangunan.

"Indonesia dan Singapura berkomitmen untuk memperkuat kerja sama bilateral dalam mengembangkan kebijakan dan program pembangunan yang lebih inklusif dan berkelanjutan. Yang dapat mempererat hubungan ekonomi dan politik kedua negara sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar untuk masyarakat," ungkap Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas, Amalia Adininggar Widyasanti.

Pelatihan

Kedua negara juga berkomitmen untuk melaksanakan diseminasi informasi dan melakukan pengembangan kapasitas melalui pelatihan, seminar, lokakarya, dan konferensi bagi pegawai pemerintah, ilmuan, dan pakar teknis yang melibatkan Pusat Kota Layak Huni Singapura, Otoritas Pembangunan Kembali Perkotaan Singapura dan lembaga terkait lainnya.

Selain itu, MSP juga mengamanatkan pelaksanaan kemitraan dalam pertukaran pengetahuan dan pelatihan untuk regenerasi perkotaan serta pembangunan kota yang berkelanjutan. Wilayah potensial untuk kemitraan tersebut yakni kawasan Metropolitan Jakarta dan Kota Tanjung Pinang, tepatnya Pulau Penyengat, yang memiliki kekayaan sejarah dan budaya Melayu.

"Selain itu, fokus kerja sama juga mencakup bagaimana strategi mengembangkan pembiayaan inovatif untuk pembangunan infrastruktur perumahan yang cerdas dan berkelanjutan, termasuk di Ibu Kota Nusantara (IKN), sebagai percontohan," pungkas Menteri Suharso.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Sebut Ada 20 Letter of Intent Investasi IKN dari Singapura

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan bahwa ada 20 Letter of Intent (LoI) minat investasi perusahaan swasta Singapura di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur. Hal ini disampaikan Jokowi usai melakukan pertemuan Leaders’ Retreat dengan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong di Istana Kepresidenan Singapura, Kamis (16/3/2023)

"Secara keseluruhan dalam pertemuan kali ini, terdapat 20 LOI minat swasta Singapura untuk berinvestasi di IKN Nusantara," jelas Jokowi saat menyampaikan pernyataan pers bersama usai pertemuan sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (16/3/2023).

Dia mengatakan hal ini menandakan bahwa investor Singapura memiliki minat yang besar terhadap pembangunan IKN. Disisi lain, Jokowi dan PM Lee sepakat meningkatkan investasi di bidang energi baru terbarukan untuk pemenuhan energi Indonesia-Singapura.

Sementara di bidang digital, kedua negara sepakat bekerja sana dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) di bidang teknologi informasi. Terlebih, saat ini ada Apple Developer Academy dan IBM Academy yang dibuka di Batam, Kepulauan Riau.

"Keempat bidang perdagangan, mulai masuknya produk peternakan Indonesia untuk memasok kebutuhan ayam di Singapura. Kelima, penguatan pelayanan kesehatan dasar dan tekonologi kesehatan serta investasi pengembangann RS di Indonesia," ujar Jokowi.

Secara keseluruhan, kata dia, Indonesia-Singapura meneken 9 MoU business to business di bidang kesehatan dan digital. Kemudian, 7 MoU goverment to government bidang energi kesehatan dan digital.

Jokowi menuturkan pertemuannya dengan PM Lee pada Maret 2023 mencatat banyak kemajuan, sejak pertemuan terkahir di Pulau Bintan, Indonesia tahun 2022 lalu. Salah satunya, investasi Singapura ke Indonesia melonjak lebih dari 40 persen dan volume perdagangan naik 25 persen.

 

3 dari 3 halaman

Polhukam

Di bidang politik hukum dan keamanan, dia mengatakan ratifikasi tiga perjanjian telah diselesaikan yaitu persetujuan flight information region (FIR), perjanjian ekstradisi, dan kerja sama pertahanan.

"Untuk memperkuat implementasi ketiga perjanjian tersebut, saya dan PM Lee Hsien Loong sepakat untuk segera melakukan beberapa hal," tutur Jokowi.

Dalam hal ini, kedua negara sepakat memperbaharui MoU antara kejaksaan, dan menyelesaikan MoU antara kepolisian untuk pemberantasan kejahatan lintas batas. Kemudian, membentuk defence cooperation comitee.

"Dan membuat aturan teknis pelaksanaan perjanjian FIR, pertahanan dan ekstradisi," ucap dia.

"Dalam kaitan ini, saya menyambut baik reaktivasi patroli laut bersama untuk memperkuat keamanan maritim kedua negara. Dan penguatan kapasitas penanganan bencana, khususnya upaya pencarian dan pertolongan," pungkas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Singapura atau Republik Singapura terletak di bagian Tenggara Asia dan dikenal dengan ikon Patung Singa.
    Singapura atau Republik Singapura terletak di bagian Tenggara Asia dan dikenal dengan ikon Patung Singa.

    Singapura

  • Bappenas adalah kementerian yang mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang perencanaan pembangunan nasional.

    Bappenas

  • perumahan

  • IKN