Sukses

Rupiah Menguat Lawan Dolar AS, Efek Inflasi Amerika Serikat Turun

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada awal perdagangan Rabu menguat seiring penurunan inflasi Amerika Serikat (AS).

Liputan6.com, Jakarta Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada awal perdagangan Rabu menguat seiring penurunan inflasi Amerika Serikat (AS).

Rupiah pada Rabu pagi dibuka naik 12 poin atau 0,08 persen ke posisi 15.373 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya 15.385 per dolar AS.

"Rilis data inflasi konsumen AS bulan Februari kemarin yang menunjukkan angka inflasi yang lebih rendah dari sebelumnya menambah ekspektasi pasar bahwa The Fed mungkin tidak akan agresif menaikkan suku bunga acuannya lagi," kata pengamat pasar uang Ariston Tjendra dikutip dari Antara, Rabu (15/3/2023).

Ariston menuturkan inflasi AS turun menjadi enam persen secara tahunan (year on year/yoy) di Februari 2023.

Inflasi menjadi pertimbangan utama Bank Sentral AS atau The Fed dalam menaikkan suku bunganya sejak tahun lalu. Meskipun angkanya masih jauh dari target dua persen, tapi di tengah krisis perbankan AS saat ini The Fed bisa mengerem laju kenaikan suku bunganya.

Menurut dia, kebangkrutan dua bank besar AS, Silicon Valley Bank dan Signature Bank, sudah membalikkan ekspektasi suku bunga The Fed yang agresif. Kebangkrutan dua bank besar tersebut disinyalir akibat kebijakan suku bunga tinggi The Fed.

Di sisi lain, sebagian pelaku pasar mengambil sikap keluar dari aset berisiko sambil mengevaluasi perkembangan masalah kebangkrutan tersebut. Hal itu bisa menahan penguatan rupiah yang termasuk aset berisiko.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Faktor Dalam Negeri

Dari dalam negeri, hasil surplus neraca perdagangan RI bulan Februari 2023 mungkin bisa juga membantu penguatan rupiah. Hari ini Badan Pusat Statistik (BPS) akan mengumumkan neraca perdagangan Februari 2023.

Ariston memperkirakan rupiah berpeluang menguat ke arah 15.330 per dolar AS dengan potensi resisten di kisaran 15.400 per dolar AS.

Pada Selasa (14/3) rupiah ditutup menurun delapan poin atau 0,06 persen ke posisi 15.385 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya 15.377 per dolar AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.