Sukses

KAI Bandung Operasikan 2 Kereta Tambahan Lebaran 2023 Tujuan Surabaya dan Semarang

PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (PT KAI Daop) 2 Bandung mengoperasikan dua rangkaian kereta tambahan yaitu kereta Pasundan Tambahan dan Ciremai Pagi pada angkutan Lebaran 2023 atau Idul Fitri 1444 H.

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (PT KAI Daop) 2 Bandung mengoperasikan dua rangkaian kereta tambahan yaitu kereta Pasundan Tambahan dan Ciremai Pagi pada angkutan Lebaran 2023 atau Idul Fitri 1444 H.

Kereta Pasundan Tambahan itu merupakan relasi Kiaracondong - Surabaya Gubeng (PP) dengan keberangkatan dari Stasiun Kiaracondong pukul 09.20 WIB.

Sedangkan kereta Ciremai Pagi relasi Bandung - Semarang Tawang (PP) keberangkatan dari Stasiun Bandung pukul 08.00 WIB.

"Daop 2 menambah 2 perjalanan KA untuk mengakomodir tingginya minat masyarakat guna mudik menggunakan KA (kereta api) pada momen Lebaran 2023. Dioperasikannya KA Tambahan ini menunjukkan kesiapan Daop 2 dalam menyediakan sarana transportasi bagi pelanggan yang ingin melakukan perjalanan di masa Lebaran, serta merupakan wujud komitmen untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya," ujar juru bicara Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Mahendro Trang Bawono, dalam siaran pers, Bandung, Senin, 13 Maret 2023.

Mahendro mengatakan dengan dioperasikannya 2 kereta tambahan pada angkutan Lebaran 2023 ini, otomatis bertambah 23.338‬ tempat duduk KA Jarak Jauh atau rata-rata 1.228 tempat duduk per hari.

Untuk penjualan tiket kereta api tambahan ini dijual mulai hari ini (Senin, 13/03/2023) pukul 00.00 WIB.

Mahendro menerangkan pemesanan tiket dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121 dan berbagai mitra penjualan resmi yang bekerja sama dengan KAI.

"Adapun loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api," kata Mahendro.

Jumlah Tiket Kereta Terjual

Sementara itu, berdasarkan pantauan pada Senin, 13 Maret 2023 pukul 09.00 WIB, tiket KA Jarak Jauh pada masa angkutan Lebaran 2023 yang telah terjual untuk keberangkatan KA pada periode 12 - 28 April 2023 adalah 64.289 tiket atau 29 persen dari total keseluruhan tiket yang sudah bisa dipesan yakni sebanyak 220.809 tiket.

Jumlah tersebut masih akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung. Sebelumnya pada Rabu, 8 Maret 2023, 30.592 tiket mudik Idul Fitri 1444 H atau Lebaran 2023 telah terjual untuk perjalanan keberangkatan kereta periode 12 - 21 April 2023.

Angka penjualan tiket itu setara dengan 28 persen dari total keseluruhan tiket yang telah dipesan yakni sebanyak 111.211 tiket. Secara keseluruhan PT KAI Daop 2 Bandung telah menyiapkan sekitar 250 ribu tiket pada masa Angkutan Lebaran 2023 yang dibuka sejak Minggu, 26 Februari 2023.

"Dari 30.592 tiket yang terjual didominasi oleh Kereta Api Kahuripan dan Kereta Api Kutojaya Selatan. Dimana penjualan tiketnya sudah mencapai 75 persen dari total tiket yang sudah bisa dipesan oleh masyarakat," ucap Mahendro kala itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tiket di 20-21 April 2023 Banyak Dipesan

Mahendro menjelaskan Kereta Api Kahuripan relasi Kiaracondong - Blitar dan Kereta Api Kutojaya Selatan relasi Kiaracondong - Kutoarjo.

Berdasarkan data tiket kereta api yang telah terjual. Mahendro mengatakan 20 hingga 21 April 2023 menjadi tanggal favorit keberangkatan yang dipilih oleh para penumpang kereta.

Rerata penjualan tiket pada tanggal tersebut sudah mencapai 50 persen dari tiket yang tersedia. Guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan mengantisipasi melonjaknya pelanggan di masa Angkutan Lebaran 2023, KAI juga berencana akan menambah kuota tiket dan jumlah perjalanan kereta api, setelah adanya analisa dan evaluasi terkait dengan dinamika permintaan tiket tersebut.

"KAI mengimbau masyarakat untuk merencanakan perjalanan mudiknya dengan baik karena tiket KA masa Angkutan Lebaran masih cukup banyak tersedia," sebut Mahendro.

KAI menerapkan kebijakan menjual tiket mulai H-45 sebelum keberangkatan. Aturan pembelian tiket untuk Lebaran 2023 kali ini tujuannya agar masyarakat dapat merencanakan perjalanannya jauh hari mendapatkan kepastian tiket perjalanan mudik dan balik.

Mahendro menjelaskan perubahan aturan ini dilakukan untuk semakin meningkatkan pelayanan serta memberikan kesempatan bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanannya dengan kereta api pada masa angkutan Lebaran 2023.

Mahendro mengatakan untuk pemesanan tiket tidak ada yang berubah yaitu dapat melalui aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, serta seluruh channel resmi penjualan tiket lainnya.

"Dimana pada kondisi normal selain di luar masa Angkutan Lebaran, KAI menerapkan kebijakan untuk penjualan tiket KA Jarak Jauh mulai H-30 sebelum keberangkatan," terang Mahendro.

 

3 dari 3 halaman

Perhatikan Syarat Naik Kereta

Selain menyediakan tiket, otoritasnya mengingatkan masyarakat yang hendak melakukan pemesanan tiket Lebaran 2023 untuk memperhatikan syarat perjalanan menggunakan moda transportasi kereta api.

Mahendro mengingatkan kepada calon pelanggan agar teliti dalam menginput tanggal, rute, serta data diri pada saat melakukan pemesanan.

Perencanaan perjalanan sebaik mungkin diimbau kepada calon penumpang, termasuk estimasi perjalanan menuju stasiun. Jangan sampai keliru dan malah akhirnya tidak bisa mudik Lebaran 2023.

"Untuk syarat naik kereta api, masih diterapkan aturan sesuai SE Kementerian Perhubungan No 84 Tahun 2022 dan SE Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 sejak 19 Desember 2022," tukas Mahendro.

Jika terjadi perubahan aturan, Mahendro menegaskan PT KAI akan mendukung dan mematuhi kebijakan tersebut, serta akan segera menyosialisasikan kepada masyarakat.

Mahendro menerangkan PT KAI juga tengah melakukan berbagai kesiapan baik pada sarana, prasarana, maupun sumber daya manusia.

Bersama seluruh pemegang kebijakan (stakeholder) akan melaksanakan kegiatan Ramp Check atau inspeksi keselamatan Standar Pelayanan Minimum di seluruh wilayah operasi kereta api.

Para petugas dari PT KAI juga terus dipersiapkan untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api.

"KAI mengajak masyarakat agar menggunakan kereta api sebagai transportasi di masa Angkutan Lebaran yang aman, nyaman, dan tepat waktu," kata Mahendro. (Arie Nugraha)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.