Sukses

Pimpin Sindikasi Kredit 60 Bank, BPR Kredit Mandiri Diganjar Rekor MURI

PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kredit Mandiri Indonesia (KMI) memimpin sindikasi kredit 60 BPR dari 13 provinsi di seluruh Indonesia, sebesar Rp235 miliar.

 

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kredit Mandiri Indonesia (KMI) memimpin sindikasi kredit 60 BPR dari 13 provinsi di seluruh Indonesia, sebesar Rp235 miliar. Kredit sindikasi yang disalurkan melalui PT Esta Dana Ventura ini akan dialokasikan untuk pengembangan bisnis para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Penyelenggaraan sindikasi kredit dengan jumlah peserta sebanyak itu merupakan yang terbesar dan pertama di Indonesia. Karena itu, BPR KMI sebagai inisiator sindikasi kredit diganjar penghargaan oleh Musium Rekor Indonesia (MURI). Sindikasi pembiayaan tersebut ditandai penandatanganan komitmen oleh 60 peserta BPR di Hotel Horison Grand Seprong, Tangerang, pada Selasa, 7 Maret 2023.

Direktur Bisnis BPR KMI Jemmy, S.T mengatakan, pembentukan sidikasi kredit 60 BPR itu dilakukan dalam kurun waktu dua bulan. Tujuannya, mendukung ekosistem UMKM di Indonesia dengan pembiayaan BPR yang disalurkan melalui PT. Esta Dana Ventura.

“Ini murni merupakan inisiasi kami membentuk suatu kolaborasi BPR di seluruh Indonesia agar supaya bisa men-support kegiatan UMKM,” ujar Jemmy dikutip Sabtu (11/3/2023).

Jemmy bersyukur, sindikasi kredit Bank Perkreditan Rakyat yang diinisiasi BPR KMI tersebut kemudian diapresiasi penghargaan Rekor MURI. Hal ini merupakan kebanggan tersendiri sekaligus pencapaian luar biasa bagi BPR KMI.

Ungkapan yang sama disampaikan Diirektur Utama PT Esta Dana Ventura, Rony Harianto. Menurutnya, penyaluran kredit sindikasi 60 BPR bagi UMKM melalui perusahaannya merupakan bentuk kepercayaan yang tinggi terhadap Esta Dana Ventura.

“Sindikasi kredit ini juga menjadi solusi atas problematika pembiayaan yang dihadapi UMKM selama ini. Motivasi penawaran solusinya tentu win-win solution sehingga akan saling menguntungkan bagi BPR sebagai peserta sindikasi maupun Esta Dana Ventura, yang diberikan amanah untuk menyalurkan pembiayaan UMKM ,” ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyaluran Kredit UMKM

Esta Dana Ventura sendiri, lanjut Rony, menargetkan dapat menyaluran kredit UMKM sebesar Rp1,5 triliun sepanjang tahun 2023. Saat ini, kapasitas penyaluran kredit oleh Esta Dana Ventura telah mencapai di atas Rp100 miliar perbulan. “Dengan adanya kredit sindikasi yang akan dicairkan pada bulan ini, maka dipastikan penyaluran kredit UMKM Esta Dana Ventura bisa lebih tinggi lagi,”ujar Rony.

Sementara Direktur Utama BPR Utama Manunggal Sejahtera (UMS), Rudy Hasanudin yang merupakan perwakilan 60 BPR yang membetuk sindikasi menceritakan pengalamannya bekerjasama dengan BPR KMI.

Dia mengatakan, sebelum memutuskan untuk ikut sindikasi bersama BPR KMI, pihaknya telah melakukan riset terkait eksistensi dan reputasi Esta Dana Ventura. Dimana dirinya mengakui bahwa perusahaan tersebut merupakan lembaga yang sangat peduli terhadap UMKM Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Pembiayaan Produktif UMKM

Menurut Rudy, Esta Dana Ventura selama ini tidak henti-hentinya mendorong pembiayaan produktif bagi pelaku UMKM di tanah air. Berdasarkan pengalaman penyaluran kredit UMKM melalui Esta Dana Ventura, ia menyebut tak pernah menemukan kendala. Selama ini berjalan lancar. Karena itu, perusahaannnya di tahun 2023 ini berani memberikan platform kredit yang lebih besar dibanding sebelumnya.

“Saya sekali lagi mengucapkan sukses kepada BPR KMI dan Esta Dana Ventura atas kolaborasi ini karena kolaborasi ini sebenarnya saling menguntungkan kedua belah pihak. Saya kira ini suatu yang luar biasa ya, bisa mengkoordinir 60 BPR dari 13 provinsi di Indonesia,” imbuhnya.

Sementara itu, Pendiri dan Ketua Umum MURI, Jaya Suprana mengungkapkan alasan pemberian Rekor MURI kepada BPR KMI. Menurutnya, sidikasi pembiayaan BPR yang diinisiasi BPR KMI merupakan yang terbanyak di Indonesia.

“Untuk itu, Musium Rekor Dunia Indonesia menyatakan dan mengukuhkan bahwa sindikasi pembiayaan oleh 60 BPR ini sebagai Rekor MURI. Anugrah rekor MURI diberikan kepada PT BPR Kredit Mandiri Indonesia,” ujarnya.

Jaya Suprana yang juga dikenal sebagai budayawan ini berharap, ke depan BPR tidak hanya mengembangkan ekosistem bisnis UMKM, tetapi juga merambah lebih luas kepada ekosistem ekonomi lainnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.