Sukses

Harga Tiket dan Syarat Terbaru Naik Kereta Bandara Soekarno-Hatta

PT KAI Commuter mengeluarkan syarat dan ketentuan terbaru untuk operasional kereta Bandara Soekarno-Hatta. Ketentuan terbaru ini terkait harga tiket Kereta Bandara, barang bawaan, hingga aturan turun dan naik di stasiun tujuan.

Liputan6.com, Jakarta PT KAI Commuter mengeluarkan syarat dan ketentuan terbaru untuk operasional kereta Bandara Soekarno-Hatta. Ketentuan terbaru ini terkait harga tiket Kereta Bandara, barang bawaan, hingga aturan turun dan naik di stasiun tujuan.

Melalui laman Twitter resminya, KAI Commuter mengatakana bahwa tiket/E-Ticket Kereta Bandara Soekarno-Hatta hanya dapat digunakan sesuai dengan data yang tertera dalam tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta tersebut. 

Aturan lainnya adalah, penumpang hanya diperkenankan  turun di stasiun kereta yang tertera, dan tidak diperbolehkan turun di stasiun yang tak sesuai.

"Turun di stasiun KA yang tidak sesuai, tidak diperkenankan," jelas KAI Commuter.

Adapun terkait bagasi kereta Bandara Soekarno-Hatta, yaitu berat  barang bawaan maksimal seberat 20 kilogram.

"Tarif tiket Kereta Bandara Soekarno - Hatta sudah termasuk asuransi penumpang," lanjut perusahaan transportasi kereta itu.

Lantas, berapa tarif kereta bandara Soekarno-Hatta? berikut rincian terbarunya :

Tiket premium

  • Bandara Soekarno-Hatta-Stasiun Duri (pulang pergi): Rp 30 ribu
  • Bandara Soekarno-Hatta-Stasiun BNI City (pulang pergi): Rp 30 ribu
  • Bandara Soekarno-Hatta-Stasiun Manggarai (pulang pergi): Rp 30 ribu
  • Bandara Soekarno-Hatta-Stasiun Batu Ceper (pulang pergi): Rp 25 ribu
  • Stasiun Manggarai-Stasiun Duri (pulang pergi): Rp 10 ribu
  • Stasiun Manggarai-Stasiun BNI City (pulang pergi): Rp 10 ribu
  • Stasiun Manggarai-Stasiun Batu Ceper (pulang pergi): Rp 10 ribu
  • Stasiun BNI City-Stasiun Duri (pulang pergi): Rp 10 ribu
  • Stasiun BNI City-Stasiun Batu Ceper (pulang pergi): Rp 10 ribu
  • Stasiun Batu Ceper-Stasiun Duri (pulang pergi): Rp 10 ribu

Perlu diketahui, tiket premium Kereta Bandara Soekarno-Hatta tidak bisa dibatalkan atau di pindah jadwal (reschedule).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadwal Terbaru Kereta Bandara Yogyakarta dan Medan, Cek di Sini

PT Railink sebagai pengelola kereta api bandara merilis jadwal terbaru untuk layanan KA Bandara di Yogyakarta dan Medan. Jadwal baru ini berlaku mulai 1 Maret 2023.

Khusus untuk perjalanan Kereta Bandara Yogyakarta, perjalanan terakhir ke Badara Yogyakarta International Airport menjadi pukul 19.00 WIB. Sementara, sebaliknya, menjadi paling akhir pukul 21.25 WIB.

"Perjalanan baru KA Bandara Yogyakarta ini untuk mengakomodir pelanggan kami yang akan melakukan penerbangan malam dan atau tiba lebih malam di Bandara Yogyakarta International Airport”, ungkap Direktur Utama PT Railink, Porwanto Handry Nugroho dalam keterangannya, Selasa (28/2/2023).

Informasi, KA Bandara Yogyakarta akan melayani penumpang hingga malam hari, untuk relasi dari Stasiun Bandara Yogyakarta menuju Stasiun Bandara YIA dimulai dari pukul 04.35 WIB sampai pukul 19.00 WIB dan untuk relasi Stasiun Bandara YIA menuju Stasiun KA Bandara Yogyakarta dimulai dari pukul 06.11 WIB sampai 21.25 WIB.

Harga tiket KA Bandara YIA – KA Bandara Yogyakarta PP dan KA Bandara YIA – KA Bandara Wates PP adalah Rp 20.000 sedangkan harga tiket KA Bandara Yogyakarta – KA Bandara Wates PP adalah Rp 10.000 dengan waktu tempuh 39 menit.

"Tiket KA Bandara Yogyakarta dapat dibeli di channel offline melalui vending machine serta channel online melalui via aplikasi KA Bandara, Website dan KAI Access," tutup Porwanto.

3 dari 4 halaman

KA Bandara Medan

Sebagai info tambahan, KA Bandara Medan juga melayani penumpang dengan adanya tambahan jadwal baru.

Yakni keberangkatan dari Medan ke Kualanamu jadwal pertama dimulai pukul 05.00 WIB sampai jadwal terakhir pukul 19.20 WIB, dan sebaliknya keberangkatan dari Kualanamu ke Medan jadwal pertama dimulai pukul 07.20 WIB sampai jadwal terakhir pukul 20.30 WIB.

Harga tiket bervariasi dimulai Medan ke Bandar Khalipah Rp 10.000, Bandar Khalipah ke Kualanamu Rp 40.000, dan Medan ke Kualanamu langsung Rp 70.000. Waktu jarak tempuh hanya 32 menit dari Bandara Kualanamu ke Kota Medan maupun sebaliknya.

Travelers bisa mendapatkan informasi terbaru tentang KA Bandara di Website PT Railink, yaitu : www.railink.co.id atau di sosial media Railink IG: @kabandara, FB: @KABandaraRailink, Twitter: @RailinkARS. Informasi lebih lanjut melalui email: humas@railink.co.id

4 dari 4 halaman

Layanan KA Bandara Medan

Diberitakan sebelumnya, Bertepatan Hari Ulang Tahun ke-16 yang jatuh pada 28 September 2022, PT Railink melaksanakan peresmian uji coba layanan Kereta Api (KA) Bandara Kualanamu di Stasiun Bandar Khalipah, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

Direktur Komersial PT Railink, Anggoro Triwibowo mengatakan, sejak 25 Juli 2013, KA Bandara Kualanamu telah dioperasikan dengan melayani dua stasiun, Medan dan Stasiun Kualanamu.

"Penambahan layanan KA Bandara di Stasiun Bandar Khalipah ini diharapkan menjadi salah satu alternatif transportasi dari dan ke Bandara Kualanamu maupun Kota Medan," kata Anggoro di Stasiun Bandar Khalipah, Rabu, 28 September 2022.

Dijelaskannya, KA Bandara merupakan salah satu moda transportasi yang diminati masyarakat sebagai penunjang untuk melakukan mobiilitas sehari-hari dari dan ke Bandara Kualanamu.

"Waktu tempuh juga singkat, yaitu 32 menit dari Stasiun Medan, dan 20 menit dari Stasiun Bandar Khalipah," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.