Sukses

Uji Coba Hari Pertama, KAI Commuter Layani 3.149 Penumpang KRL di Stasiun BNI City

Ujicoba pengoperasian Stasiun BNI City di hari kedua sebagai stasiun yang melayani naik dan turun pengguna KRL, pada Minggu (31/7) terpantau lancar dan terkendali.

Liputan6.com, Jakarta Ujicoba pengoperasian Stasiun BNI City di hari kedua sebagai stasiun yang melayani naik dan turun pengguna KRL, pada Minggu (31/7) terpantau lancar dan terkendali.

"Hingga pukul 13.00 WIB, tercatat total pengguna yang naik di Stasiun BNI City sebanyak 197 orang, sedangkan yang turun sejumlah 862 orang," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Minggu (31/7/2022).

Sementara itu untuk ujicoba pada hari pertama pada Sabtu (30/7) kemarin, tercatat total pengguna yang naik sebanyak 761 orang dan yang turun sebanyak 2.388 orang atau total sebanyak 3.149 orang yang naik dan turun di Stasiun BNI City.

KAI Commuter juga mencatat total volume pengguna KRL sepanjang minggu lalu sebanyak 4.285.079 orang, angka tersebut naik 2 persen dibanding dengan volume pengguna pada minggu sebelumnya yaitu sebanyak 4.209.078 orang. Sedangkan rata-rata volume pengguna dalam satu minggu ini sebanyak 612.154 orang per hari.

Sepanjang Juli 2022 ini tercatat volume pengguna KRL Jabodetabek sebanyak 18.455.416 orang atau rata-rata sebesar 615.181 pengguna tiap hari nya.

Pada ujicoba pengoperasian layanan KRL di Stasiun BNI City, sebanyak 199 perjalanan KRL relasi Cikarang/Bekasi – Kampung Bandan via Pasar Senen ataupun via Manggarai akan melayani naik turun penggunanya di stasiun ini.

Pelayanan perjalanan KA Bandara relasi Manggarai – Bandara Soekarno Hatta PP juga tetap dioperasikan sebanyak 40 perjalanan tiap harinya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Imbauan

KAI Commuter mengimbau kepada seluruh pengguna yang akan naik KRL ataupun KA Bandara di Stasiun BNI City jangan sampai salah naik KA, selalu dengarkan informasi dan ikuti arahan dari petugas di lapangan.

Fasilitas pelayanan pengguna KRL juga telah disiapkan mulai dari loket, tujuh buah gate elektronik untuk proses masuk dan keluar pengguna, tiga buah C-VIM untuk top up dan marka-marka petunjuk di area stasiun, serta menyiagakan petugas-petugas untuk membantu pengaturan flow dan memberikan informasi kepada penumpang di area stasiun.

Bagi pengguna KRL yang turun di Stasiun BNI City dari arah Stasiun Tanah Abang menuju Stasiun Manggarai, KRL akan berhenti di peron 2 sedangkan KRL dari arah Manggarai akan berhenti di peron 1. Untuk pengguna yang hendak keluar stasiun, bisa menggunakan lift ataupun eskalator di masing-masing peron.

KAI Commuter terus mengajak para pengguna untuk kenyamanan bersama agar selalu menjaga prasarana dan fasilitas-fasilitas pelayanan di area stasiun BNI City ini. Untuk Jadwal dan posisi KRL yang akan berangkat dari Stasiun BNI City bisa dilihat melalui aplikasi KRL Access.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Resmi, Stasiun BNI City Layani KRL Mulai 30 Juli 2022

Sebelumnya, KAI Commuter akan menguji coba proses naik-turun penumpang kereta rel listrik (KRL) di stasiun BNI City mulai 30 Julii 2022, besok. Ini disebut untuk memberikan kemudahan pengguna KAI Bandara.

Perlu diketahui, saat ini Stasiun BNI City yang berada sekitar 200 meter dari Stasiun Sudirman hanya melayani KA Bandara. Jadi, hanya untuk melakukan perjalanan KA relasi Manggarai - Soekarno Hatta PP.

Nantinya stasiun ini setiap hari akan melayani perjalanan KRL relasi Cikarang/Bekasi – Kampung Bandan via Pasar Senen ataupun via Manggarai. Sebanyak 199 perjalanan KRL dan 40 perjalanan KA Bandara.

Dengan lokasi diantara lintas Manggarai – Tanah Abang tepatnya di KM 2 +5, Stasiun BNI City termasuk Stasiun Besar tipe C dengan memiliki 2 jalur untuk pelayanan perjalanan KA.

Direktur Utama KAI Commuter Roppiq Lutzfi Azhar mengatakan dengan uji coba pengoperasian Stasiun BNI City untuk pengguna KRL, diharapkan bisa menjadi pilihan untuk naik dan turun selain di Stasiun Sudirman dan Stasiun Karet.

“Uji coba pengoperasian stasiun ini juga diharapkan dapat memberikan lagi kemudahan dan kenyamanan dalam menggunakan transportasi KRL," kata dia dalam keterangan resmi, Jumat (29/7/2022).

Dalam uji coba pengoperasian nanti, KAI Commuter dan KAI Bandara tetap menyiagakan petugas-petugas untuk membantu pengaturan flow dan memberikan informasi kepada penumpang di area stasiun.

“KAI Commuter juga menghimbau demi kenyamanan bersama agar para pengguna untuk selalu menjaga prasarana dan fasilitas-fasilitas pelayanan di area stasiun BNI City ini.” ungkap Roppiq.

4 dari 4 halaman

Fasilitas

Untuk fasilitas pelayanan perjalanan KRL, KAI Commuter telah menyiapkan loket, tujuh gate elektronik untuk proses masuk dan keluar pengguna. Kemudian tiga buah C-VIM untuk top up dan marka-marka petunjuk di area stasiun.

Sedangkan untuk fasilitas pelayanan penumpang KA Bandara tetap sama. Yakni dapat melakukan pembelian tiket di Vending Machine yang terletak di lantai 1 Stasiun BNI City maupun melalui aplikasi dan website.

Selain itu, untuk memudahkan perpindahan antar moda bagi penumpang Commuterline yang akan menggunakan KA Bandara, terdapat juga program Tap N Go. Penumpang Commuterline cukup tap KMT maupun kartu prepaid Perbankan di Gate KA Bandara dengan memastikan minimal saldo Rp. 70.000 (harga relasi terjauh).

Fasilitas-fasilitas penunjang lainnya juga tersedia di stasiun ini seperti lift dan eskalator untuk pengguna prioritas, musholla, toilet, ruang menyusui, tempat parkir kendaraan bermotor dan area komersil. Stasiun ini terhubung langsung dengan Stasiun Sudirman dan Jalan Protokol Jenderal Sudirman. Stasiun ini juga terintegrasi dengan Stasiun MRT dan Halte Trans Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.