Sukses

Kartu Prakerja Gelombang 49 Sudah Dibuka, Simak Syarat dan Cara Daftarnya!

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah membuka Program Kartu Prakerja gelombang 49 pada Senin 6 Maret 2023. Bagi calon peserta yang belum daftar bisa langsung mengakses laman www.prakerja.go.id secara mandiri.

"Belum bisa gabung karena belum daftar? Daftar sekarang via www.prakerja.go.id secara mandiri supaya #JadiBisa. Gampang dan enggak perlu bantuan siapapun untuk daftarnya Sob!," Tulis PMO Kartu Prakerja, seperti dikutip Selasa (7/3/2023).

Tidak ada perubahan dalam tata cara pendaftaran untuk menjadi peserta program Kartu Prakerja gelombang 49 ini dibanding sebelumnya. Semua pendaftaran dilakukan melalui situs resmi program Kartu Prakerja.

Yuk kita tengok cara buat akun kartu prakerja dan Syarat Peserta Program Kartu Prakerja.

Cara Buat Akun Kartu Prakerja:

Calon peserta program Kartu Prakerja dapat mendaftarkan diri dan membuat akun dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Membuka situs https://dashboard.prakerja.go. id/daftar.
  2. Masukkan alamat email dan password dan klik Daftar.
  3. Buka email notifikasi yang dikirim dan lakukan verifikasi.
  4. Setelah berhasil daftar akun dan login, Anda akan diarahkan ke laman verifikasi KTP.
  5. Selanjutnya yaitu mengisi kolom NIK, nomor Kartu Keluarga, dan tanggal lahir kemudian klik Lanjut.
  6. Lengkapi data diri dan pastikan data yang dimasukkan sudah sesuai.
  7. Pastikan nama lengkap dan nama ibu kandung yang dimasukkan sudah sesuai.
  8. Lanjutkan tahapan verifikasi dengan memasukkan foto e-KTP yang dapat diakses melalui browser HP. Jangan lupa perhatikan ketentuan yang tercantum agar proses verifikasi e-KTP berjalan lancar.
  9. Jika foto KTP Anda sudah sesuai ketentuan klik Kirim Foto e-KTP.
  10. Tunggu hingga sistem selesai memverifikasi foto e-KTP yang diunggah.
  11. Selanjutnya verifikasi foto wajah. Seperti verifikasi e-KTP, perhatikan ketentuan yang tercantum agar proses verifikasi berjalan lancar.
  12. Ambil swafoto (selfie) dengan kamera HP kamu.
  13. Sesuaikan swafoto (selfie) yang Anda ambil dengan memperhatikan ketentuan.
  14. Kemudian akan muncul tampilan foto yang sudah disesuaikan lalu klik Gunakan Foto.
  15. Jika swafoto (selfie) sudah sesuai, klik Kirim Foto untuk langkah berikutnya.
2 dari 3 halaman

Tahap Lanjutan

Setelah berhasil melakukan pendaftaran, maka langkah selanjutnya yakni menjalani serangkaian tes untuk sampai di tahapan akhir. Sejumlah tes tersebut di antaranya yakni berupa Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar.

Sementara itu, peserta dapat memaksimalkan kemampuan pada saat melakukan tes yang akan dilangsungkan selama maksimal 25 menit. Dalam tahap tersebut, peserta dapat menggunakan sejumlah alat bantu berupa kertas, pensil, atau pun pena untuk menyelesaikan serangkaian tes.

Syarat Peserta Program Kartu Prakerja Skema Normal

  1. Warga negara Indonesia memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal.
  3. Berusia 18 hingga 64 tahun
  4. Tidak berstatus pejabat negara, pimpinan atau anggota DPRD, ASN, TNI, POLRI, Kepala Desa/Perangkat Desa, Direksi,/Komisaris/Dewan Pengawas BUMN/BUMD.
  5. Belum pernah menjadi penerima Program Kartu Prakerja.
  6. Penerima Program Bantuan Sosial pemerintah lainnya diperbolehkan.

Perlu diketahui pada beberapa pelatihan akan ada persyaratan usia dan pendidikan formal minimal, jika diperlukan.

3 dari 3 halaman

Cara Beli Pelatihan yang Tepat!

Jika lolos, maka peserta Kartu Prakerja akan dikirim dana untuk menjalankan kartu Prakerja. Peserta akan diminta untuk segera membeli pelatihan yang dipilih. Jangan sampai salah memilih pelatihan, karena tahun ini Kartu Prakerja menggunakan skema baru yakni pelatihan bisa dilakukan offline dan online.

Berikut cara memilih pelatihan kartu prakerja 2023

  • Pilih pelatihan sesuai pekerjaan saat ini: Keahlian apa yang bisa mendukung karirmu saat ini?
  • Pilih pelatihan yang sesuai minatmu: Keahlian apa yang sedang mau kamu pelajari?
  • Sesuai tujuanmu: Mau kerja 'X' tapi belum percaya diri, jadi ambil pelatihan dulu utk memperdalam ilmu, atau tujuan pribadi lainnya.
Manajamen Pelaksana Kartu Prakerja menegaskan, memilih pelatihan ini adalah kesempatan sekali seumur hidup bagi peserta yang sudah ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja.
 
"Gunakan saldo pelatihan untuk mendukung masa depan kalian lewat peningkatan kompetensi yang tepat sesuai dengan perencanaan karir kalian," tulis @prakerja.go.id
 
Karena setiap pembelian pelatihan yang sudah dilakukan merupakan sepenuhnya tanggung jawab para peserta. Oleh karena itu, selalu cek berulang-ulang sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya.
 
Misal jika muncul ertanyaan: "Kak, di halaman pelatihan saya tertulis membutuhkan alat bantu Laptop, sedangkan saya tidak punya laptop. Jadi harus bagaimana ya?"
 
Tenang, kamu bisa melakukan rental harian untuk laptop. Banyak penyedia rental yang harganya juga relatif murah, dimulai dari 15 ribu rupiah per hari. Atau Kamu bisa cari di Google "Sewa laptop harian di (kota kamu)"
 
Ingat, kamu hanya perlu membeli pelatihan yang kamu yakin 100 persen bisa kamu hadiri. Antara itu pelatihan onlinr (Webinar) ataupun pelatihan offline (Luring). Karena seluruh pelatihan itu punya jadwal layaknya "kelas di sekolah".
 
Sebab, Kartu Prakerja 2023 kini tidak lagi bisa dihadiri kapanpun seperti dulu. Jangan sampai kamu tidak memperhatikan jadwal lalu tidak bisa mengikuti pelatihan nantinya.
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.