Sukses

Kisah Sukses Produk Sarang Burung Walet Beromzet Miliar Rupiah

Burung walet memiliki sarang yang menjadi produk bernilai jual tinggi serta banyak dicari karena mempunyai berbagai macam khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Burung walet memiliki sarang yang menjadi produk bernilai jual tinggi serta banyak dicari karena mempunyai berbagai macam khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Sarang burung walet diketahui mengandung mangan, kalsium, zinc dan tembaga yang dapat menjaga kesehatan tulang, jantung menjaga daya tahan tubuh dan masih banyak lagi.Tidak heran jika sarang burung walet banyak diincar oleh konsumen lokal maupun luar negeri.

Membahas mengenai sarang burung walet, Indonesia merupakan negara yang termasuk dalam produsen terbesar sarang burung walet di dunia.

Salah satu kisah inspiratif terkait bisnis sarang burung walet adalah kisah seorang selebgram sekaligus pengusaha muda yang berhasil meraih omzet miliaran dari usaha sarang burung walet, ia adalah Mike Adam. Pria berusia 35 tahun tersebut telah berkecimpung di bisnis sarang burung walet selama 17 tahun.

Kesuksesannya berawal dari ketulusan dan kejujurannya dalam menjalani bisnis sarang burung walet.Mike mengatakan bahwa ia memulai bisnis sarang burung walet tersebut dengan mendatangi satu persatu petani burung walet agar mendapatkan kepercayaan dari petani bahwa hasil panennya dapat dijual dengan harga yang bagus.

“Itu untuk mendapatkan kepercayaan mereka bahwa hasil panen waletnya dapat saya jualkan dengan harga yang lebih bagus," kata Mike, Selasa (28/2/2023).

Namun, tidak serta merta mendapatkan kepercayaan dari para petani, Mike harus mengalami penolakan berkali-kali sebelum akhirnya dengan semangat yang dimiliki membawanya berhasil memperoleh kepercayaan.Kejujuran dan ketulusannya dalam bertemu para petani membuat dirinya sampai di tujuannya.

"Namun, kejujuran yang memenangkan langkah dari proses yang saya alami," ujar Mike.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pasang Surut Bisnis

Setelahnya, Mike juga harus mengalami pasang surut bisnis sarang burung walet yang ia jalankan namun dirinya tetap bangkit dan tidak pernah menyerah.

Seiring berjalannya waktu Mike berhasil memiliki tim dan tempat sendiri untuk menjalankan bisnis sarang burung waletnya.Bahkan, omzet bisnis Mike berkembang dengan cukup signifikan hingga ia berhasil meraih omzet Rp 6 miliar.

Kemudian Mike memutuskan untuk mendirikan sebuah perusahaan pemrosesan sarang burung walet untuk diekspor berbasis rumahan yang kemudian berkembang menjadi sebuah industri di bawah naungan PT Sumber Alam Borneo Indonesia Makmur (PT SABIM).

"Awalnya pekerja sedikit terus berkembang hingga saat ini mencapai 1.600 orang," tutur Mike.

Hingga saat ini omzet yang diperoleh Mike mampu menembus angka yang sangat fantastis yakni ratusan miliar rupiah hanya dari sarang burung walet saja.Meskipun demikian, Mike yang berjiwa pekerja keras tidak mau hanya berhenti disitu saja.

3 dari 3 halaman

Kembangkan Diri

Mike juga terus mengembangkan dirinya untuk menerjuni berbagai lini bisnis lain, diantaranya adalah bisnis di bidang Wood Working di bawah naungan PT SABIM Artha Semesta, PT Nusantara sentra Investama yang bergerak di bidang investasi dan keuangan, PT Nusantara Niaga yang bergerak dibidang trading PAO (Palm Acid Oil) dan trading lainnya.

Dilansir dari akun Instagram pribadi Mike yakni @mikeadam_88, Mike diketahui tidak hanya giat berbisnis, di tengah kesibukannya menjalankan berbagai bisnis yang dijalani Mike juga aktif berorganisasi dan mengikuti kegiatan keagamaan.

Mike aktif dalam organisasi Islam Nahdlatul Ulama dan dirinya memegang jabatan sebagai Wakil Ketua Perekonomian NU.

Sebagai ungkapan syukurnya, Mike juga kerap kali mengadakan kegiatan amal dengan membagi-bagikan bahan pokok kepada warga serta mendirikan sekolah gratis bagi pelajar SD hingga SMA.

"Hal ini sebagai bukti kasih dan sayang kepada anak-anak, untuk memberikan semangat dan kesempatan bagi anak-anak untuk meraih masa depan yang cerah," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.