Sukses

Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik, Industri Motor Listrik Siapkan Layanan Service

Motor listrik merupakan hal yang baru ditengah masyarakat dan masyarakat membutuhkan jaminan servis.

 

Liputan6.com, Jakarta PT The Agung Pamungkas (Tangkas) yang memasarkan motor listrik Tangkas mengeluarkan program baru yang diberi nama TANGKIS atau Tangkas Servis. Program ini menjadi bukti nyata dari Tangkas Motor Listrik untuk memastikan after sale sampai ke end costumer.

Founder dan CEO Tangkas Motor Listrik, Agung Pamungkas atau disapa Don Papank mengatakan, motor listrik merupakan hal yang baru ditengah masyarakat dan masyarakat membutuhkan jaminan servis.

"Di Tangkas Motor Listrik, jaminan servis diberikan dari rumah ke rumah sehingga costumer tidak perlu datang ke bengkel cukup menghubungi One Hotline, agar konsumen bisa mendapatkan jadwal servis Tangkis," kata Don Papank dikutip Selasa (28/2/2023)

Menurut Don Papank, program tersebut menunjukkan membuktikan komitmen Tangkas Motor Listrik dalam memastikan kepuasan konsumen ada di tangan konsumen.

Don Papank juga menyatakan bahwa Tangkas Motor Listrik memiliki komitmen untuk memastikan bahwa kepuasan konsumen, kualitas dan jaminan servis merupakan langkah-langkah menjadi yang paling utama dan fundamental demi keberpihakan masyarakat kepada motor listrik yang merupakan program pemerintah.

Don Papank juga menyatakan bahwa masyarakat masih banyak yang belum tahu dan belum teredukasi tentang motor listrik. Itulah sebabnya jaminan servis Tangkas motor listrik tersebut merupakan suatu ke suatu hal yang tidak bisa dielakkan atau sebuah keniscayaan yang harus ada, agar jangkauan para mekanik bisa sampai ke costumer.

Kedepannya Tangkas Motor Listrik Servis akan hadir di setiap provinsi. Saat ini kata dia, Tangkas Servis hadir di Jabodetabek, Provinsi Banten dan juga Jawa Barat, menyusul Jawa Tengah dan Jawa Timur dan seluruh Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indonesia Diingatkan Segera Kembangkan Motor Listrik, Bila Tak Ingin Tertinggal

Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa mengatakan pengembangan motor listrik di Indonesia sudah sangat mendesak dan tak bisa ditunda-tunda.

"Telat sedikit, Indonesia bakal ketinggalan dari Thailand, India, dan Vietnam. Makanya, kalau ingin membangun industri, jangan ditunda-tunda," kata dia melansir Antara di Jakarta, Sabtu.

Menurut dia, jika pembangunan motor listrik tidak dilakukan dari sekarang bisa jadi nantinya Indonesia hanya akan jadi importir atau perakit kendaraan tersebut.

"Harusnya kita jadi produsen, bahkan bisa ekspor,” katanya.

Industri motor listrik, tambahnya, bisa menjadi kunci bagi transformasi industri otomotif di masa mendatang, karena industri motor listrik tidak membutuhkan banyak komponen sehingga tidak memerlukan supply chain yang banyak.

Selain itu, dikatakannya, teknologi motor listrik juga relatif sederhana. Hanya motor penggeraknya yaitu baterai, serta sistem kontrol dan chasis.

Dengan demikian, Fabby menyatakan, motor listrik hanya tinggal menentukan berapa ukurannya, misal sekian horse power. Kondisi tersebut yang membuat lebih mudah bagi pemain-pemain baru.

"Pasar baru, jadi belum ada yang mendominasi. Sehingga siapa yang masuk cepat, dia bisa mendapatkan pasar," katanya.

Selain itu, jelasnya, Pemerintah memang sedang mengembangkan industri listrik terintegrasi dari hulu ke hilir. Upstream-nya adalah produksi mineral, midstream-nya pembuatan baterai dan di hilir pembuatan motor.

"Jadi ekosistemnya sedang dibangun. Kalau ini sudah terbentuk, kita lihat pada 2024-2025 sudah produksi. Kalau industri sudah terbentuk, pengguna di hilir bisa lebih cepat lagi," katanya.

3 dari 3 halaman

Potensi

Pengguna sepeda motor saat ini, menurut dia, potensial menjadi pengguna motor listrik roda dua di masa depan. Populasinya pun cukup besar.

Dari catatan Kepolisian Republik Indonesia (Polri), sepeda motor mencapai 126,99 juta.Setiap tahun, permintaan sepeda motor juga meningkat.

Sepanjang 2022, misalnya, menurut Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), penjualan motor domestik meraih 5,2 juta unit.

Di sisi lain, imbuhnya, ke depan, penggunaan motor listrik dapat mempercepat transformasi industri otomotif, mendukung ketahanan energi, serta penurunan emisi gas rumah kaca, selaras dengan target Net Zero pada 2060.

Tetapi, menurut Fabby, jika ingin tercapai target NZE pada 2060 maka pada 2030 sebanyak 65 persen kendaraan motor bakar harus disubstitusi kendaraan listrik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Motor listrik merupakan jenis kendaraan roda dua yang memanfaatkan energi listrik untuk bisa bergerak.

    Motor Listrik

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Kendaraan Listrik

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik

  • motor