Sukses

Miliarder Jack Ma Rugi Rp 51,8 Triliun, Ini Gara-garanya

Namun, kini optimisme tersebut memudar karena laju pemulihan permintaan konsumen China belum sekuat yang diharapkan.

Liputan6.com, Jakarta Miliarder Jack Ma kembali ke titik awal. Keuntungan senilai USD 3,4 miliar atau sekitar Rp 51,8 triliun sejak awal tahun telah menguap. Hal itu terjadi setelah saham Alibaba terseret lebih rendah di tengah kekhawatiran baru atas prospek pertumbuhan perusahaan.

Meski sudah mengundurkan diri dari pimpinan Alibaba pada 2019, Ma terus mendapatkan kekayaan dari kepemilikannya di raksasa e-commerce tersebut. Sekarang diperkirakan bernilai USD 23,6 miliar.

Namun, hartanya telah turun USD 3,1 miliar sejak saham perusahaan mencapai HK$122 masing-masing pada Januari, ketika pembukaan kembali China yang telah lama ditunggu-tunggu dari penguncian Covid dan persetujuan peraturan dari rencana pendanaan Ant Group membantu meningkatkan sentimen investor.

Namun, kini optimisme tersebut memudar karena laju pemulihan permintaan konsumen China belum sekuat yang diharapkan.

“Meskipun perusahaan telah melanjutkan produksi dan orang-orang kembali bekerja, masih belum ada keinginan yang kuat untuk membeli barang seperti pakaian dan produk kecantikan,” kata direktur pelaksana di perusahaan riset Blue Lotus Capital Advisors yang berbasis di Shenzhen Shawn Yang seperti dilansir Forbes, dikutip Minggu (26/2/2023).

Belum lagi ditambah dengan kekhawatiran tentang potensi erosi margin karena perang harga baru yang terjadi di sektor e-commerce, membebani sentimen.

Saham perusahaan e-commerce yang terdaftar di Hong Kong turun 5,3 persen pada hari Jumat, meskipun berhasil menambah pendapatan sebesar 2 persen yang naik menjadi 247,8 miliar yuan atau sekitar USD 35,9 miliar untuk kuartal Desember di tengah fakta bahwa Covid-19 menyebar luas dan pembatasan terkait masih berlaku saat itu.

Menurut rilis pendapatan perusahaan, pertumbuhan didukung oleh penjualan dari unit internasionalnya yang naik hingga 18 persen year-on-year. Bisnis perdagangan intinya di China, termasuk pendapatan dari situs belanja Taobao dan Tmall, sebenarnya turun 1 persen.

“Akhir tahun ini akan ada pemulihan di pasar e-commerce China, tetapi itu tidak berarti Alibaba akan mengalami pemulihan yang sangat kuat,” kata kepala penelitian di DZT Research yang berbasis di Singapura Ke Yan.

“Pesaingnya—seperti Pinduoduo, Douyin, dan Kuaishou—semuanya berusaha merebut pangsa pasar,” lanjut dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pendapatan Perusahaan Menurun

Alibaba Cloud Intelligence, unit komputasi awan yang pernah berkembang pesat, juga kehilangan keharumannya. Pendapatan unit hanya naik tipis 3 persen menjadi USD 2,9 miliar, dibandingkan dengan lonjakan 50 persen yang terlihat hanya dua tahun lalu.

Unit mengalami pemadaman menjelang akhir tahun lalu ketika layanan tiba-tiba mogok dan mempengaruhi banyak pengguna termasuk pertukaran cryptocurrency OKX di Hong Kong dan Otoritas Moneter Makau. Meskipun sejak itu telah dipulihkan, Alibaba kini tertinggal di belakang Huawei milik miliarder Ren Zhengfei di pasar komputasi awan.

Entitas terkait pemerintah China, seperti biro pajak lokal dan badan usaha milik negara, ingin menggunakan lebih banyak layanan cloud sebagai bagian dari upaya mereka untuk mengembangkan kota pintar, tetapi mereka malah bermitra dengan Huawei. Menurut sebuah unggahan dari situs terakhir yang mengutip data IDC, Huawei menempati peringkat nomor satu di pasar komputasi awan untuk layanan pemerintah, sebuah segmen di mana Huawei memegang 27 persen saham.

 

3 dari 3 halaman

Teknologi AI

Kepala Eksekutif Alibaba Daniel Zhang pada Desember lalu secara pribadi mengambil alih unit komputasi awan perusahaan. Dia berjanji untuk memenangkan kembali posisi yang hilang.

Selama panggilan analis hari Kamis, dia menunjuk ke peluang masa depan dari teknologi baru seperti AI generatif, yang secara teori akan membutuhkan lebih banyak daya komputasi dan permintaan yang lebih tinggi untuk layanan cloud.

“Jadi bagi kami, sebagai vendor cloud, menurut saya cerita itu baru saja dimulai,” katanya.

Sementara itu, perusahaan juga telah bergabung dalam perlombaan China untuk mengembangkan ChatGPT versi lokal, bertaruh bahwa chatbot percakapan akan mengarah pada peluang pertumbuhan baru.

“Saya pikir [AI generatif] pasti juga akan transformatif dan menciptakan pengalaman baru dan format konsumsi baru,” kata Zhang. “Kami akan terus mencari dan mendorong terobosan teknologi baru untuk membuka batas baru dalam perdagangan dan bisnis,” tambahnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • Jack Ma ialah salah satu miliarder asal Tiongkok.

    Jack Ma

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Alibaba