Sukses

Sukseskan F1 Powerboat di Danau Toba, InJourney Janji Banting Tulang

Gelaran F1 Powerboat di Danau Toba merupakan salah satu katalis atau langkah yang sangat baik untuk meningkatkan pariwisata di sebuah destinasi.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang penyelenggaraan F1 Powerboat di Danau Toba, di Sumatera Utara, yang akan berlangsung pada 24-26 Februari mendatang, Direktur Marketing and Consumer Experience InJourney Maya Watono, menyatakan siap tidak tidur untuk mensukseskan ajang balap air internasional tersebut.

"Pertama-tama mungkin apresiasi saya kepada seluruh pihak, yang sampai sekarang ini saya rasa tinggal tiga minggu ini tidak bisa tidur, bekerja 24 jam untuk mensukseskan acara ini," kata Maya Watono, dalam update penyelenggaraan ajang internasional F1 Powerboat Lake Toba, Jumat (3/2/2023).

Menurutnya, gelaran F1 Powerboat Lake Toba merupakan salah satu katalis atau langkah yang sangat baik untuk meningkatkan pariwisata di sebuah destinasi. Sebelumnya, pada 2022 Indonesia sukses menyelenggarakan ajang balap motor Internasional MotoGP di Mandalika.

"Betapa exposure suatu destinasi itu sangat terdampak dengan international event berskala besar, dan sekarang kita mendatangkan di Toba event yang berskala internasional pertama kali di dunia F1 tapi di air di danau, ini sangat exciting untuk masyarakat Toba Sumatera maupun masyarakat Indonesia," ujarnya.

Selain itu, dengan penyelenggaraan F1 Powerboat di Danau Toba ini bisa membuat Danau Toba semakin dikenal mata dunia. Lantaran, ajang balap di air ini akan ditampilkan secara langsung di beberapa TV internasional seperti Fox Sport di Eurosport dan yang lainnya

"Pertama kali danau Toba ditampilkan di mata Global. Jadi kita ini akan live broadcast di beberapa TV nasional dan juga di internasional, semua mata bisa memandang ke danau Toba," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penjualan Tiket

Adapun untuk penjualan tiket F1 Powerboat Lake Toba, di Sumatera Utara akan mulai dibuka pada 7 Februari secara online melalui Loket.com sebanyak 2000 tiket untuk 2 day pass yang berlaku pada 25 dan 26 Februari saat race venue.

"Untuk race venue kita memberikan 2 days pass tanggal 25 sampai 26 Februari jadi tidak per hari kita langsung membuka untuk days pass, dan ini hanya bisa dibeli di loket.com akan kami buka di Selasa 7 Februari, itu saat kita akan membuka 2000 (tiket) di race venue," ujarnya.

Untuk harga 2 day pass di race venue ini dibanderol Rp 500 ribu, untuk lokasi menonton di lapangan Sisingamangaraja di Kawasan Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu.

Kemudian juga akan dijual tiket untuk public viewing di Bukit Pahoda dengan harga Rp 50 ribu per 2 day pass untuk 1.500 orang. Khusus untuk public viewing mengusung tema piknik karena terletak di bukit dan menarik perhatian sehingga lebih banyak orang yang menonton.

3 dari 5 halaman

Luhut 3 Kali Ditegur Jokowi Gara-Gara Kurang Promosikan F1 PowerBoat

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengisahkan sempat ditegur oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Hal itu berkaitan denagn promosi ajang balap perahu motor atau F1 PowerBoat di Danau Toba.

Gelaran F1 PowerBoat sendiri akan dihelat pada 25-26 Februari mendatang. Sejumlah sponsor perusahaan nasional pun sudah bergabung mendukung acara ini.

"Perhelatan F1 PowerBoat di Danau Toba ini, tanggal 25-26 (februari) ini saya rasa perhelatan yang hebat," kata dia dalam Konferensi Pers, di Kantor Kemenko Marves, Kamis (2/2/2023).

"Presiden malah negur saya 3 kali ya, 'pak Luhut mana anunya (promosi), kurang itu promosinya, lebih bagus waktu di Mandalika', nah sekarang ini kita promosikan ini," sambungnya.

Padahal, gelaran kejuaraan balap perahu motor setara dengan kejuaraan balap motor atau MotoGP yang dihelat di Mandalika beberapa waktu lalu. Dia juga mewanti-wanti jajaran sponsor yang hadir dalam momen tersebut.

Tercatat ada 7 sponsor yang melakukan penandatanganan tersebut. Diantaranya, PT Mayora Indah, PT Parna Raya, Wilmar, Astraagro, Sinarmas, Musim Mas, Asosiasi Semen Indonesia.

Menko Luhut mengaku tak ragu mempromosikan produk-produk dari sponsor tersebut. Utamanya jika menyangkut kepentingan untuk membuat citra Indonesia menjadi lebih baik.

"Jadi kita semua harus kompak, jadi bapak-bapak sekalian, apapun iklan yang bapak punya mau itu saya tenteng kemana aja," tegasnya.

4 dari 5 halaman

Boyong 7 Sponsor

Kejuaraan balap perahu motor atau F1 PowerBoat di Danau Toba digadang mampu jadi momen kebangkitan pariwisata Indonesia. Dimana PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney menjadi panitia pelaksana utama gelaran ini.

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo membidik di tahun 2023 ini jadi satu kebangkitan pariwisata Indonesia. Salah satunya adalah Danau Toba yang bisa dilirik dunia internasional.

"Tentunya kami berbahagia hari ini untuk bisa menandatangani kerja sama dengan para sponsor. Tapi kami ingin menekankan bahwa effort F1H2O ini merupakan salah satu effort daripada kita untuk pemulihan pariwisata Indonesia yang insyaaAllah bisa melejit ditahun 2023 ini," kata dia dalam Konferensi Pers di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kamis (2/2/2023).

Tercatat ada 7 sponsor yang melakukan penandatanganan tersebut. Diantaranya, PT Mayora Indah, PT Parna Raya, Wilmar, Astraagro, Sinarmas, Musim Mas, Asosiasi Semen Indonesia. PT Mayora Indah menjadi sponsor utama, sehingga event ini diberin nama Kopiko F1 PowerBoat Lake Toba.

5 dari 5 halaman

Momentum

Mengaca ke gelaran MotoGP Mandalika di tahun lalu, pria yang karib disapa Tiko ini menyebut kalau F1 PowerBoat menjadi satu momentum mengenalkan potensi wisata Indonesia ke kancah dunia. Danau Toba sendiri menjadi salah satu dari 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Indonesia.

"Nah memang dengan program seperti MotoGP, F1H2O termasuk G20 kemarin ini branding Indonesia di dunia meningkat sekali dan kita tentunya ingin 5 BPSP di Indonesia, Toba, Bali, Mandalika, Likupang dan Borobudur bisa menjadi ikon pariwisata dan menjadi Bali-Bali baru," sambungnya.

Informasi, F1 PowerBoat ini bakal digelar pada 25-26 Februari 2023 mendatang di Danau Toba sebagai danau vulkanik terbesar di dunia. Sebanyak 25 ribu orang ditarget bakal menyaksikan gelaran ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.