Sukses

Inilah Deretan Orang Terkaya 2023 di Tanah Afrika, Hartanya Susut Rp 46,4 Triliun

Secara kolektif, 19 miliarder di benua Afrika diperkirakan bernilai USD 81,5 miliar. Angka tersebut sebetulnya menurun jika dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai USD 84,9 miliar.

Liputan6.com, Jakarta Orang terkaya Afrika kehilangan kekayaan secara kolektif sekitar USD 3,1 miliar atau sekitar Rp 46,4 triliun dalam setahun terakhir. Lantas, siapa saja yang kali ini masuk dalam daftar miliarder Afrika 2023?

Secara kolektif, 19 miliarder di benua Afrika diperkirakan bernilai USD 81,5 miliar. Angka tersebut sebetulnya menurun jika dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai USD 84,9 miliar.

Penurunan sekitar 4 persen mengikuti lonjakan sebesar 15 persen tahun lalu karena anjloknya harga saham di seluruh wilayah. Kekayaan para taipan ini pun memudar seiring dengan nilai ekuitas di seluruh dunia, dengan indeks S&P All Africa turun lebih dari 20 persen dalam sembilan bulan pertama 2022, sebelum memulai reli akhir tahun yang menyebabkan indeks turun hanya 3 persen hingga Januari.

Hanya 7 dari 54 negara Afrika yang masuk dalam peringkat. Industrialis Nigeria Aliko Dangote, yang kekayaannya turun USD 400 juta menjadi USD 13,5 miliar menjadi orang terkaya selama 12 tahun berturut-turut. Ada pula raja barang mewah Afrika Selatan Johann Rupert memegang posisi kedua untuk tahun kedua, meskipun hartanya turun USD 300 juta menjadi USD 10,7 miliar.

Selanjutnya ada Christo Wiese dari Afrika Selatan, yang keluar dari peringkat di tengah skandal akuntansi pada tahun 2018, kembali setelah berhasil menggugat pengecer Steinhoff.

Sementara mengenai daftar miliarder Afrika 2023, Forbes telah melacak kekayaan orang tajir yang tinggal di Afrika atau memiliki bisnis utama di wilayah tersebut. Karena itu, tidak termasuk miliarder kelahiran Sudan Mo Ibrahim, yang merupakan warga negara Inggris, Nathan Kirsh dari Afrika Selatan, yang beroperasi di luar London dan miliarder lain yang tinggal di London, Mohamed Al-Fayed, warga negara Mesir.

Kekayaan bersih orang terkaya Afrika dihitung berdasarkan harga saham dan nilai tukar mata uang dari penutupan bisnis pada Jumat, 13 Januari 2023. Untuk menilai bisnis milik pribadi, Forbes mulai dengan perkiraan pendapatan atau laba dan menerapkan harga jual atau harga yang berlaku.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Nama

Bagi yang ingin tahu, berikut ini daftar orang terkaya Afrika 2023 versi Forbes seperti melansir laman Forbes, Rabu (1/2/2023).

10. Mohammad Mansur

Kekayaan: USD 2,9 miliar

Sumber: Diversifikasi

9. Patrice Motsepe

Kekayaan: USD 3,2 miliar

Sumber: Logam dan Pertambangan

8. Naguib Sawiris

Kekayaan: USD 3,3 miliar

Sumber: Telekomunikasi

7. Issad Rebrab dan Keluarga

Kekayaan: USD 4,6 miliar

Sumber: Makanan dan Minuman

6. Mike Adenuga

Kekayaan: USD 6,3 miliar

Sumber: Diversifikasi

5. Nassef Sawiris

Kekayaan: USD 7,3 miliar

Sumber: Konstruksi dan Rekayasa

4. Abdulsamad Rabiu

Kekayaan: USD 7,6 miliar

Sumber: Diversifikasi

3. Nicky Oppenheimer dan Keluarga

Kekayaan: USD 8,4 miliar

Sumber: Logam dan Pertambangan

2. Johann Rupert dan Keluarga

Kekayaan: USD 10,7 miliar

Sumber: Mode dan Ritel

1. Aliko Dangote

Kekayaan: USD 13,5 miliar

Sumber: Manufaktur

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.