Sukses

Ekonomi China Hidup Lagi, Permintaan Minyak Dunia Diramal Cetak Rekor Tertinggi

Badan Energi Internasional (IEA) meramal permintaan minyak secara global diperkirakan akan mencapai level tertinggi tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Permintaan minyak dunia diperkirakan akan mencapai level tertinggi yang pernah ada tahun ini didukung oleh pembukaan kembali ekonomi China yang cepat.

Hal itu diungkapkan oleh Badan Energi Internasional (IEA) dalam laporan bulanan terbarunya, yang dirilis pada Rabu (18/1).

Melansir CNN Business, Kamis (19/1/2023) IEA memperkirakan permintaan minyak bisa melonjak 1,9 juta barel per hari hingga mencapai rekor 101,7 juta barel per hari.

"China akan mendorong hampir setengah dari pertumbuhan permintaan global ini meskipun bentuk dan kecepatan pembukaannya masih belum pasti," kata IEA.

Seperti diketahui, China mulai mencabut kebijakan nol-Covid-19 yang ketat pada Desember 2022, membuka jalan bagi pemulihan aktivitas perjalanan, perdagangan, dan bisnis di seluruh negara ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Sebagian besar ekonom memperkirakan pertumbuhan ekonomi China akan tetap lamban pada kuartal pertama 2023 sebelum meningkat selama sisa tahun ini.

IEA dalam laporannya menyebut, rebound permintaan di China dapat menyebabkan pasar minyak global yang lebih ketat karena "dampak penuh" dari sanksi Barat terhadap minyak Rusia mulai membebani.

Harga minyak mentah Brent, yang merupakan patokan global, jatuh tahun lalu setelah mencapai level tertinggi dalam 14 tahun di USD 139 per barel pada awal Maret - menyusul pecahnya perang Rusia-Ukraina.

Harga minyak mulai pulih pada awal Desember 2022, dan naik 1,7 persen pada Rabu (18/1) hingga mencapai USD 87 per barel.

Sejauh ini, IEA belum mengetahui pasti nasib harga minyak ke depannya. Hal itu karena ada "tingkat ketidakpastian yang tinggi" atas prospeknya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lonjakan Permintaan Kendaraan Listrik Bisa Imbangi Minyak Dunia ?

Tetapi IEA juga melihat, lonjakan permintaan kendaraan listrik dan upaya sejumlah negara untuk menjadi lebih hemat energi juga dapat membantu meredam permintaan.

"Langkah-langkah seperti ini sangat penting dalam pasar minyak yang terbatas pasokannya," tambah badan tersebut.

Prakiraan IEA datang ketika para pemimpin bisnis mengungkapkan optimisme yang hati-hati bahwa dunia dapat menghindari resesi pada tahun 2023, setelah berbulan-bulan prakiraan suram.

Keyakinan itu sebagian besar berkat China, yang pembukaan kembali diperkirakan akan melepaskan gelombang pengeluaran yang dapat mengimbangi kelemahan ekonomi di Amerika Serikat dan Eropa.

Awal bulan ini, Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan bahwa sekitar sepertiga dari ekonomi dunia tahun ini kemungkinan akan jatuh ke dalam resesi - biasanya didefinisikan sebagai penurunan pertumbuhan dua atau lebih kuartal berturut-turut.

3 dari 4 halaman

Harga Minyak Dunia Turun, Sentuh USD 84,98 per Barel

 Harga minyak turun sekitar 1 persen pada hari Rabu, memupus kenaikan awal karena kekhawatiran tentang kemungkinan resesi AS melebihi optimisme. Selain itu, pencabutan pembatasan COVID-19 oleh China akan memicu permintaan minyak mentah di importir minyak utama dunia.

Dilansir dari CNBC, Kamis (19/1/2023), harga minyak brent berjangka turun 94 sen, atau 1,1 persen, menjadi menetap di USD 84,98 per barel. Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS turun 70 sen, atau 0,9 persen, menjadi menetap di USD 79,48.

Pergerakan harga minyak tersebut adalah yang tertinggi sejak 5 Desember. Untuk WTI, Rabu adalah pertama kalinya dalam sembilan sesi kontrak diselesaikan.

Harga minyak membalikkan kenaikan pada sore hari bersama dengan indeks utama Wall Street karena komentar hawkish dari pejabat Federal Reserve (Fed) AS memicu kekhawatiran bank sentral mungkin tidak menghentikan kenaikan suku bunga dalam waktu dekat.

Pasar pada awalnya bereaksi positif terhadap data AS, yang menunjukkan penjualan ritel dan produksi manufaktur turun lebih dari perkiraan pada bulan Desember, di tengah harapan The Fed sekarang akan melonggarkan kenaikan suku bunga.

Namun, kenaikan itu berumur pendek karena Presiden Fed St. Louis James Bullard dan Presiden Fed Cleveland Loretta Mester mengatakan suku bunga perlu naik melampaui 5 persen untuk mengendalikan inflasi.

Microsoft Corp mengatakan akan menghilangkan 10.000 pekerjaan dan mengambil biaya USD 1,2 miliar, karena pelanggan cloud-computing menilai kembali pengeluaran dan perusahaan bersiap menghadapi potensi resesi.

"Datang di belakang pelemahan dalam penjualan ritel, penurunan tajam dalam produksi industri dan berita lebih banyak pemutusan hubungan kerja menambah kekhawatiran bahwa AS sudah berada dalam resesi," analis di ING, sebuah bank, mengatakan kepada pelanggan dalam sebuah catatan. .

4 dari 4 halaman

Ekonomi China

Mendukung harga minyak di awal sesi, China melaporkan data ekonomi yang mengalahkan perkiraan setelah negara tersebut mulai memutar kembali kebijakan nol-COVID pada awal Desember.

Pencabutan pembatasan China akan meningkatkan permintaan minyak global ke rekor tertinggi tahun ini, menurut Badan Energi Internasional (IEA), sementara sanksi batas harga terhadap Rusia dapat mengurangi pasokan.

Rystad Energy, seorang konsultan, mengatakan efek sanksi terhadap ekspor minyak mentah Rusia setelah 1,5 bulan embargo Uni Eropa dan pembatasan harga G7 tidak separah yang diperkirakan beberapa orang.

Rystad mengatakan kerugian sekitar 500.000 barel per hari dan India dan China tetap menjadi pembeli utama minyak mentah Rusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.