Sukses

Terkuak Alasan Donald Trump Sembunyikan Surat Pemberitahuan Pajak Selama Ini

Informasi pajak mantan presiden AS ini tidak pernah dipublikasikan dan beberapa di antaranya masih terlindung setelah House Ways and Means Committee merilis dokumen bertahun-tahun.

Liputan6.com, Jakarta Sudah bukan misteri besar seorang mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump menolak untuk melepaskan pengembalian pajaknya. Kini semuanya terungkap terkait alasan dirinya menyembunyikan masalah ini dalam kurun waktu yang cukup lama.

Pengembang di perusahaan real estat miliknya pun ikut mengungkapkan kebenaran dari masalah ini.

“Saya pikir alasan dia tidak menunjukkan pengembalian pajaknya adalah karena tingginya tiga kaki dan jika Anda membiarkan itu pergi, mereka akan meneliti semuanya tentang itu,” kata rekan Trump yang sesama seorang miliarder Phil Ruffin dalam wawancara tahun 2017 seperti melansir Forbes, Senin (16/1/2023).

“Dia tidak akan melakukan apa-apa selain menjelaskannya selama empat tahun ke depan. Saya tidak akan melakukannya,” tambah dia.

Sementara itu, seorang mantan pengacara Donald Trump Michael Cohen turut memberikan penjelasan serupa ketika ditanya tentang pengembalian Trump selama sidang kongres 2019.

“Pernyataan yang dia katakan kepada saya adalah bahwa yang tidak dia inginkan adalah memiliki seluruh kelompok think tank yang ahli pajak menjalankan pengembalian pajaknya dan mulai merobek-robeknya, dan kemudian dia akan berakhir di audit dan dia pada akhirnya akan memiliki konsekuensi kena pajak, penalti, dan sebagainya,” ungkap dia.

Trump punya alasan bagus untuk khawatir. Informasi pajak mantan presiden AS ini tidak pernah dipublikasikan dan beberapa di antaranya masih terlindung setelah House Ways and Means Committee merilis dokumen bertahun-tahun. Namun secara praktis, setiap penggalan dokumentasi pajak yang muncul selama bertahun-tahun telah menimbulkan konsekuensi bagi Trump. Rilis terbaru bisa menjadi yang paling merusak dari semuanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masalah yang Teridentifikasi

Kelompok pertama yang mendapatkan informasi itu, tentu saja, Internal Revenue Service. Otoritas pajak federal telah mengaudit pengembalian pajak Trump berkali-kali selama bertahun-tahun. Sebuah laporan kongres yang dirilis minggu lalu menunjukkan betapa terbatasnya sumber daya yang diinvestasikan IRS ke dalam beberapa tinjauan tersebut. Akan tetapi, pemeriksaan dasarnya mengidentifikasi masalah.

Misalnya, mulai tahun 2010, Trump dilaporkan mengklaim pengembalian pajak penghasilan sebesar USD 72,9 juta, yang sedang diaudit, yang mengarah ke kemungkinan bahwa mantan presiden tersebut harus membayar kembali kepada pemerintah sebesar USD 100 juta atau lebih dalam bentuk pajak dan bunga.

Kemudian wartawan mendapatkan beberapa informasi. Selama kampanye kepresidenan Trump tahun 2016, pengembalian pajak pribadinya tetap disembunyikan. Lalu pengembalian yayasan pribadinya menjadi masalah catatan publik.

The Washington Post yang mulai memilah-milahnya menemukan banyak masalah, termasuk bahwa Trump telah menyumbangkan uang orang lain seolah-olah itu miliknya. Jaksa Agung New York akhirnya mendapatkan bayaran hingga USD 2 juta dan menutup yayasan tersebut.

Bahkan Forbes ikut menggali dokumen pajak yang terkait dengan Eric Trump Foundation, yang mendorong penyelidikan negara bagian kedua. The New York Times memperoleh satu set data pengembalian pajak pada tahun 2020, mengidentifikasi cukup banyak masalah sehingga pejabat di dalam IRS mengadakan pertemuan tidak lama kemudian dan mengevaluasi ulang audit mereka.

 

3 dari 3 halaman

Dijatuhkan Hukuman

Sementara itu, jaksa mendapat informasi lebih lanjut. Jaksa distrik Manhattan melawan tim hukum Trump untuk mendapatkan pengembalian pajaknya, kemudian menghukum kepala keuangan lama Trump, serta bisnisnya sendiri, atas serangkaian tuduhan kriminal, termasuk penipuan dan konspirasi. Kantor jaksa agung New York juga mendapatkan satu set dokumen pajak—sekarang menggugat Trump dan bisnisnya dalam kasus penipuan senilai USD 250 juta. Trump mengatakan jaksa agung sedang melakukan "perburuan penyihir".

Kongres baru-baru ini mendapat giliran dengan dokumen-dokumen itu. Komite Cara dan Sarana DPR, yang juga melawan Trump selama bertahun-tahun untuk mendapatkan pengembalian, mengamankannya bulan ini. Dalam beberapa minggu, ada laporan yang menguraikan beberapa masalah pajak potensial — seperti pinjaman mencurigakan yang telah diberikan Trump kepada anak-anaknya — dan mengekspos IRS atas perlakuan lembutnya terhadap mantan presiden.

Semua konsekuensi ini, seperti pengungkapan, hukuman pidana, kasus USD 250 juta, dan pengawasan kongres terjadi sebelum publik melihat sekilas pengembalian Trump yang sebenarnya. Sekarang, ribuan orang, termasuk akademisi dan akuntan yang sangat ditakuti Trump, siap untuk melihat secara rinci pengajuan pajaknya.

Dalam sebuah pernyataan yang dikirim pada hari Jumat, Trump membusungkan dadanya seraya mengatakan, “Pengembalian pajak 'Trump' sekali lagi menunjukkan betapa bangganya kesuksesan saya dan bagaimana saya dapat menggunakan depresiasi dan berbagai pengurangan pajak lainnya sebagai insentif untuk menciptakan ribuan pekerjaan. dan struktur yang luar biasa.”

Akan tetapi, keberanian Trump tidak meniadakan apa yang telah dijelaskan oleh orang-orang terdekatnya sejak lama. Bagi pengembang real estat paling terkenal di Amerika, rilis hari Jumat adalah mimpi buruk yang menjadi kenyataan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.