Sukses

Jokowi Resmikan SPAM Regional di Rokan Hilir, Suplai Air Minum bagi 160 Ribu Jiwa

SPAM Regional Durolis dibangun oleh Kementerian PUPR pada 2017-2021 melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Riau Direktorat Jenderal Cipta Karya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Durolis (Dumai-Rokan Hilir-Bengkalis) di Rokan Hilir, Riau, Kamis (5/1/2023/2023).

"Alhamdulillah pada hari ini kita bisa melihat sistem penyediaan air minum bagi masyarakat di Rokan Hilir, Bengkalis, dan Dumai. Nantinya bisa disuplai dari SPAM di Rokan Hilir ini yang akan bisa menyediakan air minum dengan kualitas yang baik bagi 32.000 rumah tangga," kata Presiden Jokowi.

Pada tahap 1, Jokowi melanjutkan, jumlah layanan SPAM ini setara dengan 160.000 jiwa.

Pembangunan SPAM ini menghabiskan anggaran Rp 396,6 miliar dan memanfaatkan lahan seluas 5 ha yang disediakan oleh Pemkab Rokan Hilir. Potensi kapasitasnya sebesar 1.500 liter per detik, yang saat ini baru termanfaatkan sebesar 400 liter per detik.

Jokowi berpesan untuk melanjutkan pengembangan SPAM agar seluruh potensi kapasitasnya bisa termanfaatkan.

"Semoga dengan adanya SPAM ini, kualitas air minum yang dimanfaatkan masyarakat menjadi lebih baik, salah satunya untuk mengatasi stunting," ujarnya.

SPAM Regional Durolis dibangun oleh Kementerian PUPR pada 2017-2021 melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Riau Direktorat Jenderal Cipta Karya. Lingkup pekerjaannya mencakup pembangunan Instalasi Pengolahan Air Minum (IPA), reservoir, perpipaan Jaringan Distribusi Utama (JDU), offtake, dan Sambungan Rumah (SR).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Air dari Sungai Rokan

Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti mengatakan, sumber air baku SPAM Regional Durolis diambil dari Sungai Rokan melalui Intake Air Baku berkapasitas 1.650 liter per detik yang dibangun oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera III Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

"IPA yang kita siapkan tahun 2017-2018 untuk tahap 1 kapasitasnya 400 liter per detik, masih bisa kita tambahkan 1.100 liter per detik lagi. Diharapkan dari 400 liter per detik itu pada tahun 2023 bisa tersambung 32.000 SR, saat ini baru tersambung 8.000 SR," terang Diana.

Penyambungan 32.000 SR dengan kapasitas 400 liter per detik akan memenuhi kebutuhan air minum untuk 160.000 jiwa. Selanjutnya akan dilakukan penambahan kapasitas melalui pembangunan tahap II sebesar 400 liter per detik, tahap III sebesar 400 liter per detik, dan tahap IV sebesar 300 liter per detik.

 

3 dari 3 halaman

UPT SPAM Regional

Diana berharap, setelah peresmian ini, pengelolaan SPAM Regional Durolis dapat segera diserahterimakan kepada Pemprov Riau untuk dioperasikan melalui UPT SPAM Regional.

"Mohon nanti setelah diserahkan, Pemprov Riau dapat melakukan operasional dan pemeliharaan dengan sebaik-baiknya. Serta bisa juga menambah kapasitas dan sambungan rumahnya sesuai target rencana yang diharapkan," pungkas Diana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.