Sukses

Ingin Cepat Kaya? Simak Dulu Nih Tipsnya

Liputan6.com, Jakarta Semua orang tentunya ingin hidup kaya dengan banyak uang, sehingga tidak hidup dengan susah dikemudian hari.

Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin membangun kekayaan, tapi tidak ingin masuk ke lobang yang salah karena akan berakibat fatal.

Mengutip dari CNBC, Rabu (31/12/2022) berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk membangun kekayaan hingga Anda akan merasa nyaman karena telah membuat pilihan yang cerdas.

1. Jangan menggunakan kartu kredit, gunakan uang tunai

Catatlah setiap uang yang dikeluarkan dalam catatan khusus, sehingga Anda bisa melihat dengan tepat apa yang dibeli dan temukan pembelian yang bisa tidak dilakukan lagi.

Dengan melakukan cara ini maka dalam beberapa bulan ke depan Anda dapat menghemat uang yang dimiliki.

2. Sisihkan pendapatan untuk uang pensiun

Banyak ahli yang merekomendasikan untuk menyisihkan sekitar 10 persen dari pendapatan ke akun pensiun.

Setelah melakukan investasi ini dengan benar, barulah Anda dapat menggunakannya untuk keperluan yang lain.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Jika bisa, miliki pendapatan dari tempat lain

Jangan senang dan merasa puas ketika sudah memiliki pekerjaan tetap yang gajinya besar. Cobalah untuk mencari pekerjaan sampingan walaupun gaji yang didapatkan tidak sebanding dengan pekerjaan tetap.

Namun, Anda dapat menggunakan uang dari pekerjaan sampingan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan uang dari pekerjaan tetap untuk disimpan dan ditabung untuk masa pensiun.

4. Otomatiskan segalanya

Di era yang serba canggih dan modern ini, Anda dapat mengotomatiskan tabungan yang dimiliki, sehingga tidak akan pernah lupa lagi untuk membayar tagihan-tagihan yang dimiliki karena sudah diotomatiskan semuanya.

 

3 dari 3 halaman

Terakhir

5. Cari tahu berapa banyak yang dibutuhkan

Tidak ada pengecualian, habiskan untuk yang Anda perlukan dan sisanya untuk ditabung. Cobalah untuk mencatat dan mencari tahu apa yang benar-benar dibutuhkan dan yang hanya keinginan sesaat. Jika Anda berhasil untuk melakukan ini, maka Anda akan terkejut karena dapat menghemat dan menabung sisa uang yang dimiliki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.