Sukses

Harga Minyak Dunia Susut di Tengah Kerelaan China Buka Pembatasan Covid-19

Harga minyak dunia tertatih-tatih menjelang akhir tahun dalam perdagangan yang tipis - tidak terpengaruh oleh pencabutan pembatasan Covid di China

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak dunia turun untuk sesi kedua berturut-turut di tengah prospek permintaan yang tidak pasti karena lebih banyak negara mempertimbangkan pembatasan kepada pelancong asal China, mengacu kasus infeksi Covid-19 yang menyebar di negara pengimpor minyak terbesar tersebut.

Pemerintah China akhirnya membuka pembatasan pandemi, namun lonjakan infeksi di negara itu mendorong aturan perjalanan yang lebih ketat bagi pengunjung China di beberapa negara.

Melansir laman CNBC, Jumat (30/12/2022), harga minyak mentah Brent berjangka untuk pengiriman Februari turun satu dolar menjadi USD 82,26, turun 1,2%.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS menetap di posisi USD 78,40 per barel, turun USD 1,13, atau 0,7%.

Inggris sedang meninjau apakah akan memberlakukan pembatasan pada orang yang datang dari China. Amerika Serikat, Jepang, India, dan Taiwan telah memberlakukan pengujian pada kedatangan dari negara tersebut.

"Minyak mentah tertatih-tatih menjelang akhir tahun dalam perdagangan yang tipis - tidak terpengaruh oleh pencabutan pembatasan Covid di China di tengah meroketnya kasus, dengan sedikit kenaikan atau penurunan minyak mentah dalam laporan EIA hari ini," kata Matt Smith, analis minyak utama di Kpler.

Sementara , Administrasi Informasi Energi (EIA) mengatakan, persediaan minyak mentah AS naik secara tak terduga minggu lalu karena impor naik dan ekspor turun.

"Meskipun melaporkan adanya kejutan stok minyak mentah, laporan itu sendiri menjadi hal "positif" dan menunjukkan "rebound yang kuat" dalam permintaan minyak tersirat, menghasilkan penarikan besar produk olahan," kata Giovanni Staunovo dari bank Swiss UBS.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Turun Lebih Dari 2%

Tercatat, kedua kontrak minyak turun lebih dari 2% pada awal sesi Kamis, tetapi mengurangi kerugian karena dolar AS tergelincir, dengan investor gelisah tentang kenaikan suku bunga.

Dolar yang lebih lemah membuat minyak lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya.

“Dengan begitu banyak bagian yang bergerak, saya rasa tidak ada orang yang bisa mengatakan apa pun dengan tingkat keyakinan yang kuat,” kata Craig Erlam, Analis pasar senior di OANDA.

“OPEC+ dapat membuat pengumuman kapan saja dan tiba-tiba semuanya berubah. Belum lagi perang Rusia di Ukraina dan bagaimana perkembangannya.”

 

3 dari 3 halaman

Serangan Rusia

Rusia menembakkan sejumlah rudal ke Ukraina pada Kamis pagi, menargetkan Kyiv dan kota-kota lain dalam salah satu serangan udara terbesar Moskow sejak perang dimulai.

Sementara itu, TC Energy Corp mengatakan pipa Keystone berkapasitas 622.000 barel per hari sekarang telah beroperasi, beberapa minggu setelah tumpahan minyak besar di pedesaan Kansas.

Penghentian jalur tersebut menekan pasokan di AS dan secara singkat mengangkat harga minyak, meskipun ada sedikit perubahan pada salah satu tolok ukur setelah penyelesaian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.