Sukses

Khusus Nataru, Terminal 2 Bandara Soetta Dibuka untuk Penerbangan Internasional

Kementerian Perhubungan membuka Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten untuk melayani penerbangan internasional saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan membuka Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten untuk melayani penerbangan internasional saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan langkah tersebut untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan penumpang atau wisatawan dari mancanegara ke Indonesia, maupun sebaliknya di Terminal 3 yang sebelumnya khusus melayani penerbangan internasional.

"Kita upayakan terutama Soekarno-Hatta kita rebalancing dari Terminal 3 ke Terminal 2F tepatnya, sehingga penerbangan internasional tidak tertumpu pada terminal 3 saja," kata Menhub Budi Karya Sumadi saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, dikutip dari Antara, Senin (26/12/2022).

Menhub menjelaskan dengan dilakukannya distribusi penumpang tersebut, penerbangan untuk umroh kini juga dilakukan di Terminal 2F.

Guna mengakomodasi jumlah penumpang umroh di kedua terminal itu, Kementerian Perhubungan juga membuka ruang tunggu (lounge) untuk memfasilitasi para pengantar umroh, sehingga mereka dapat menunggu hingga berjam-jam dengan nyaman.

Selain melakukan pembagian ruang tunggu penumpang, Kemenhub dan Angkasa Pura II akan mengoptimalkan runway ketiga di Bandara Soekarno-Hatta untuk meningkatkan kapasitas jumlah pesawat dan mengurangi antrean.

"Runway ketiga ini harus kita optimalkan agar jumlah kapasitas dan antrean dari pesawat relatif lebih bagus. Kita juga minta AP II dan kawan-kawan untuk meningkatkan ground handling. Itu yang kadang-kadang sebabkan keterlambatan," kata Menhub.

Menhub menambahkan beberapa peningkatan layanan di Bandara Soekarno-Hatta ini dilakukan setelah adanya instruksi dari Presiden Joko Widodo untuk menambah slot penerbangan demi mengantisipasi lonjakan wisatawan domestik dan mancanegara.

Saat ini, layanan penerbangan dalam negeri sudah mencapai 71 persen dibandingkan sebelum pandemi. Pergerakan pesawat di Bandara Soetta pun mencapai 1.040 sampai 1.050 pergerakan atau 90 persen dari kapasitas yang ada.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cegah Delay, Menhub Minta Bandara Soetta Atur Slot Penerbangan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, temukan adanya sejumlah pelayanan di Bandara Soekarno Hatta yang perlu dimaksimalkan. Salah satunya berada di pelayanan ground handling.

"Beberapa titik yang saya inspeksi adalah ground handling, saya minta Angkasa Pura II dan stakeholder, untuk meningkatkan jumlah peralatan dan pekerja yang ada di sana. Karena delay maupun keterlambatan pengambilan barang itu terutama dari situ," kata Menhub di Umroh Lounge Bandara Soetta, Jumat (23/12/2022).

Lalu, Menhub Budi juga meminta, agar AP II dapat memaksimalkan slot atau antrean pesawat, khususnya saat golden time.

"Satu lagi yang belum dimaksimalkan adalah mengatur slot. Jadi disini ada istilahnya golden time, pagi dan sore. Dimana pada waktu itu, jumlah penerbangan cukup padat sehingga, pesawat itu antri saat take off dan landing, hingga mengakibatkan keterlambatan," ujarnya.

Adanya kondisi itu, pihaknya bersama pihak terkait akan melakukan pembatasan. Dimana, adanya penerapan maksimal jam tertentu.

"Kita maksimalkan jamnya. Hal ini agar mereka spread ke siang atau mereka itu menginap tidak di Jakarta, tapi bisa menginap di Medan, sampai sini (Jakarta) pagi. Sehingga maksimalisasi aircraft pesawat,"ujarnya.

Menhub menginginkan, seharusnya saat ini slot antrean pesawat tidak 7 pesawat, lantaran Bandara Soetta sudah memiliki 3 runway.

"Kita sudah ada 3 runway, jadi mestinya tidak boleh lagi antri lebih dari 2 atau 3. Sekarang masih 7, oleh karenanya, saya butuh satu kerja sama dengan air line untuk manage itu lagi," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Optimalkan Slot

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhamad Awaluddin mengatakan, bila pihaknya sudah mengoptimalkan slot di Bandara Soetta.

"Kami akan mengoptimalkan slot yang tadi diarahkan dan slot yang tadi, buat kami di Bandara Soetta tidak ada isu tentang slot, karena pada dasarnya dalam situasi sebelum pandemi, Bandara Soetta memiliki pergerakan hingga 1.200 slot pergerakan penumpang dan pesawat setiap hari," katanya.

Jadi artinya, delta slot yang diharapkan masih bisa optimalkan masih terbuka lebar. (Pramita Tristiawati)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.