Sukses

Sarinah Duty Free Telah Dibuka, Siapa Saja yang Bisa Beli?

Liputan6.com, Jakarta Sarinah telh membuk gerai bebas bea ‘Sarinah Duty Free’. Gerai ini terletak di lantai empat Gedung Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat. Pembukaan gerai bebas bea ini bekerja sama dengan Dufry Internasional AG .

Direktur Utama Sarinah Fetty Kwartati menjelaskan, hadirnya Sarinah Duty Free merupakan strategi Sarinah dalam memperkuat posisinya sebagai etalase Indonesia di dunia dan menyediakan beragam produk ritel yang khas budaya Indonesia.

Sejak dibuka kembali pada Maret 2022, Sarinah memposisikan diri sebagai Panggung Karya Indonesia dan membantu UMKM memperkenalkan karya dan merek lokal kepada masyarakat.

"Hadirnya Sarinah Duty Free menjadi panggung tertinggi bagi produk-produk kreatif dari UMKM yang mewakili kekayaan budaya nusantara" jelas Fetty seperti dikutip pada Jumat (2/12/2022). 

"Sarinah Duty Free adalah etalase dari keunggulan produk-produk lokal dan mendukung cultural diplomacy yang tengah digalakkan pemerintah Indonesia,” tambah Fetty.

Sarinah Duty Free menempati area seluas 1800 meter2 dan menyediakan ratusan merek internasional, mulai dari produk-produk rokok, minuman beralkohol, makanan seperti cokelat, parfum dan kosmetik, serta koleksi asesoris seperti kacatamata, perhiasan, dan jam tangan.

Sebagai Panggung Karya Indonesia, Sarinah juga menyajikan produk-produk lokal yang dibuat oleh UMKM dan telah memenuhi standar produk global seperti tas yang terbuat dari kulit dan anyaman, bir dan anggur merek asli Indonesia, makanan khas Indonesia seperti teh dan kopi, makanan ringan, juga perhiasan nusantara, pakaian dan kain Indonesia.

Dengan dibukanya Sarinah Duty Free, korps diplomatik beserta anggota keluarga, tenaga ahli dari lembaga internasional dengan kekebalan diplomatik, wisatawan yang akan bepergian ke luar negeri dan telah memiliki tiket keberangkatan dapat berbelanja barang-barang dari merek-merek internasional seperti parfum dan kosmetik, minuman beralkohol, serta produk-produk khas Indonesia yang bebas bea.

Menyambut masa liburan di Desember 2022, Sarinah Duty Free juga telah menyiapkan penawaran khusus Gift with Purchase dan potongan berbelanja hingga 30 persen. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Ajak John Terry dan Alessandro Nesta Keliling Sarinah, Erick Thohir Pamer Produk UMKM

Menteri BUMN Erick Thohir mengajak duo pesepakbola legendaris yang berposisi sebagai defender, John Terry dan Alessandro Nesta berkeliling Gedung Sarinah, Jakarta pada Jumat (11/10/2022).

Erick Thohir menyebarkan unggahannya saat menjadi tour guide bagi bek legendaris Chelsea dan AC Milan tersebut melalui akun Instagramnya, @erickthohir.

"Keliling Sarinah bareng @johnterry.26 & @nesta. Welcome to Sarinah! The window to see the beauty of Indonesia," tulis Erick Thohir, Jumat (11/10/2022).

Melalui unggahan story yang diunggahnya, Terry dan Nesta lantas diajak Erick untuk sarapan di Bukanagara. Setelahnya, ia pun mengajak keduanya berkeliling Sarinah guna melihat produk unggulan UMKM Indonesia.

Kesempatan berkeliling Sarinah bersama John Terry dan Alessandro Nesta pun jadi momen tak diduga bagi Erick Thohir. Terlebih, John Terry sempat memborong salah satu produk UMKM di sana.

"Sambil ngobrol santai di @sarinahindonesia, kita juga sempat berkeliling melihat produk-produk UMKM. Alhamdulillah, tas rotan laku diboyong Terry untuk sang istri," ujar Erick.

"Tunggu versi videonya, ada kejutan dari @johnterry.26 & @nesta!" kata Erick Thohir seraya menutup tulisannya.

3 dari 4 halaman

Erick Thohir Bakal Jadikan Sarinah hingga Monas Kawasan Jakarta Center City

Menteri BUMN Erick Thohir berencana mempercantik lagi kawasan Sarinah hingga Monas. Rencananya, itu akan akan dibuat menjadi lebih hijau dan digadang menjadi pusat kota yang lebih baru.

Dengan desain kekinian yang tengah dirancang, Erick menyebut ini sebagai Jakarta Center City baru. Langkah ini merupakan kerja sama antara Kementerian BUMN dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Kan di depan sarinah ada jembatan (yang) kurang bagus, itu kalau bisa kita perbaiki, karena Sarinah sampai Monas ini kita akan menjadi public area yang maksimal,” ujarnya di Kementerian BUMN, Rabu (19/10/2022).

Erick mengatakan kalau langkah ini juga jadi salah satu upaya mensinergikan aset-aset BUMN dan pemda DKI Jakarta. Dia menyebut kalau dari Sarinah hingga Monas merupakan aset-aset milik pemerintah.

“Ini area yang akan jadi city center baru. Kalau memang bisa sinergikan aset DKI dan BUMN yang sangar besar. Ini dari sarinah sampai sini jadi aset yang besar. Ada Bank Mandiri, Sari Pan (Sari Pan Pasific) aset DKI. Inikan sebuah city center baru supaya kita mengurangi beban dari pusat bisnis di satu titik,” paparnya.

 

4 dari 4 halaman

Desain

Terkait desainnya, Erick menyerahkan hal itu kepada PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Salah satu yang dipastikan, akan membuka lebih banyak ruang publik di sekitaran kawasan tersebut.

Erick mengisahkan, yang dilakukannya adalah mempercantik taman di depan Kementerian BUMN. Sehingga bisa terlihat lebih indah berhadapan dengan kawasan Monas.

"Makanya aset ini harus (dikelola) bersama, nanti Monas akan menjadi bagian area publik sangat hijau, nanti pak Heru desain dengan pak Mensesneg supaya hijau kembali," ungkapnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS