Sukses

Di IdeaFest 2022, Manoj Punjabi Bagi Tips Sukses Jadi Raja Film Indonesia

Liputan6.com, Jakarta CEO MD Entertainment Manoj Punjabi mengungkap kunci suksesnya membawa film garapannya menjadi raja di layar lebar Indonesia. Konten, digadang-gadang jadi salah satu kunci penting dalam mendorong populernya setiap garapan Manoj.

MD Entertainment merupakan salah satu rumah produksi dalam ekosistem di EMTEK. Manoj menyebut, marketing bukan satu-satunya cara dia mendorong film-film nya sukses. Sebagai contoh, KKN di Desa Penari yang berhasil menyita perhatian 9,2 juta penonton.

"Anda lihat MD selalu kebanyakan film sukses itu kalau gak dari buku atau cerita viral di twitter. Selalu ada source-nya, bagi saya, itu cermin dan itu penting," kata Manoj Punjabi dia saat menjadi pembicara di IdeaFest 2022, Jakarta Convention Center, Minggu (27/11/2022).

Melihat kesuksesan film KKN Desa Penari, Manoj punya cara sendiri dalam memasarkannya. Jika biasanya, banyaj artis dibawa ke dalam bioskop atau roadshow, di sisi marketing, dia tak lagi melakukan itu.

"Jadi itu strateginya melalui social media, digital campaign dan TV Ads, itu sangat pentingz menhgingat di Indoenesia audiensnya masih sangat besar," ungkapnya.

Kembali lagi, marketing bukan jadi satu-satunya jurus. Termasuk, soal Manoj yang memundurkan waktu tayang film ini hingga di awal tahun 2022, bersamaan dengan film asal Hollywood, Dr Strange and The Multiverse of Madness.

Namun, rilis hampir bersamaan dengan film garapan Marvel Studios bukan jadi penghalang baginya. Manoj tetap berpegang teguh pada konten yang digarapnya di KKN Desa Penari.

"Kami percaya dengan isi produk. Kadang kita harus tau kita mau promosi gimana. Setiap film gak bisa distandarisasi," tegasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Terbuka

Secara umum, Manoj menegaskan kalau MD Entertainment yang dipimpinnya merupakan perusahaan yang terbuka dalam mengedepankan kolaborasi. Salah satunya, dia siap melakukan kerja sama dengan rumah produksi lain.

"Brand-nya saya sesuaikan, ada MD Picture, ada Blue Water, kami di MD sangat terbuka bermitra dengan production house lain yang mau dukungan marketing atau dukungan distribusi. Jadi kami join hands," ungkapnya.

Tujuan adanya kolaborasi ini, menurutnya jadi salah satu yang berperan memberikan corak pembeda dalam film. Selebihnya, dia menyerahkan ke audiens sebagai konsumen dari film garapannya.

"Supaya ada warna baru, dan biarkan ke audience mana yang layak. Jadi pada titik ini tau mana yang harus dilakukan (kedepannya)," kata Manoj Punjabi.

 

3 dari 4 halaman

Right Issue MD Pictures

PT MD Pictures Tbk (FILM) mengantongi restu pemegang saham untuk menggelar penambahan modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue.

Persetujuan pelaksanaan rights issue PT MD Pictures Tbk itu ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), Rabu 25 Mei 2022.

RUPSLB menyetujui agenda rights issue dengan MD Pictures akan menerbitkan maksimal 1.902.243.400 saham dengan nilai nominal Rp 100 (seratus rupiah) per saham atau setara dengan 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh saat ini.

"Dana hasil pelaksanaan rights issue akan digunakan untuk modal kerja dan pengembangan kegiatan usaha Perseroan," ujar Direktur Utama PT MD Pictures Tbk Manoj Punjabi dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (27/5/2022).

Sepanjang 2021, Perseroan telah mencatatkan kinerja positif, berhasil membukukan laba bersih pada akhir tahun 2021 sebesar Rp 30,14 miliar. Penjualan juga mengalami pertumbuhan tajam hingga mencapai Rp 255 miliar atau meningkat 108,43 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp 122,36 miliar.

Di sisi lain, sejalan dengan pertumbuhan segmen digital yang pesat turut mendorong meningkatnya total pendapatan MD Pictures sebesar 85,73 persen diperoleh dari segmen platform digital.

"Saya yakin dan optimis di tahun 2022 MD Pictures akan semakin produktif pasca pandemi sehingga kami bisa memanjakan masyarakat menikmati karya-karya seni perfilman yang berkualitas. MD Pictures juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas sambutan yang luar biasa terhadap film terbaru KKN di Desa Penari yang telah tembus mencapai delapan juta penonton," ujar dia.

Sebelumnya pada 30 April 2022 lalu MD Pictures telah merilis film terbarunya berjudul KKN di Desa Penari hanya dalam waktu sekitar 3 pekan berhasil meraih lebih dari 8 juta penonton menjadikannya sebagai film Indonesia terlaris.

 

4 dari 4 halaman

Gerak Saham Film

Pada penutupan perdagangan Jumat, 27 Mei 2022, saham FILM naik 1,89 persen ke posisi Rp 1.620 per saham. Saham FILM dibuka naik lima poin ke posisi Rp 1.595 per saham. Saham FILM berada di level tertinggi Rp 1.665 dan terendah Rp 1.580 per saham. Total frekuensi perdagangan 2.576 kali dengan volume perdagangan 215.783 saham. Nilai transaksi Rp 35,3 miliar.

Penguatan saham FILM terjadi di tengah lonjakan laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). IHSG naik 2,07 persen ke posisi 7.026.

IHSG berada di level tertinggi 7.032,82 dan terendah 6.938,29. Sebanyak 359 saham menguat dan 179 saham melemah. 158 saham diam di tempat. Total frekuensi perdagangan 1.493.768 kali dengan volume perdagangan 23,9 miliar saham. Nilai transaksi harian Rp 15,6 triliun.

Sepanjang tahun berjalan 2022, saham FILM melonjak 71,43 persen ke posisi Rp 1.620 per saham. Saham FILM berada di level tertinggi Rp 1.665 dan terendah Rp 720 per saham. Total volume perdagangan 1.320.878.331 saham. Nilai transaksi harian Rp 1,5 triliun. Total frekuensi perdagangan 183.121 kali.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS