Sukses

Penjualan Motor Naik jadi Peluang Emas bagi Industri Pelumas Kendaraan

Liputan6.com, Jakarta Pasar oli kendaraan di Indonesia khususnya untuk roda dua (sepeda motor) masih menjanjikan seiring dengan terus bertumbuhnya penjualan kendaraan bermotor.

 Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan sepeda motor sepanjang 2021 mencapai 5.057.516 unit tumbuh 38 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Sementara itu, penjualan motor pada periode Januari - Oktober 2022 telah mencapai 4.149.947 unit atau 81,4 persen dari target 5,1 juta unit. 

"Masih sangat menjajikan, khususnya untuk pasar oli kendaraan roda dua di Indonesia. Dari penjualan sepeda motor yang tiap tahunnya mengalami peningkatan menjadi peluang bagi bagi produsen oli, termasuk Bardahl dengan memperkenalkan 6 barian baru untuk sepeda motor baik transmisi manual maupun skutik," kata VP Bardahl Indonesia-Pudjijarto Sutjipto, dikutip Sabtu (26/11/2022).

Pudjijarto menuturkan, pertumbuhan penjualan sepeda motor akan sejalan dengan peningkatan permintaan oli. Pasar pelumas di dalam negeri, menurutnya, juga kompetitif karena banyak masyarakat Indonesia yang sudah memahami tentang spesifikasi oli sehingga tidak sembarangan dalam memilih pelumas yang berkualitas sesuai dengan kendaraannya.

Bardahl, katanya, juga mempertimbangkan harga agar dapat bersaing dengan produsen lainnya. "Harga (oli) yang direkomendasikan Bardahl sangat kompetitif, dengan spesifikasi Ester Technology membuatnya lebih unggul dan lebih bagus dari pesaing lainnya," tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Punya Segmen Masing-Masing

Pudjijarto menjelaskan bahwa masing-masing produk pelumas sudah memiliki segmennya sendiri sehingga Bardahl Indonesia tidak akan khawatir dengan harga oli yang lebih murah di pasar.

"Kami percaya diri dan optimistis dengan oli Bardahl karena mengusung keunggulan teknologi dan kualitas," ungkapnya.

Bardahl Indonesia, menurutnya, aktif melakukan riset data pasar untuk menentukan posisi (positioning) harga, jumlah populasi kendaraan bermotor di setiap wilayah, dan data-data lainnya.

Pudjijarto menuturkan, untuk memperuat pasar pelumas di Tanah Air, Bardahl melakukan berbagai strategi seperti terus memperluas jaringan distribusi di seluruh wilayah Indonesia, menjaga kualitas dan keaslian produk Bardahl, ketersediaan stok serta menjalankan berbagai program agar semakin dikenal konsumen.

 

 

3 dari 3 halaman

Perkuat Pasar Oli

Untuk memperkuat pasar oli di Tanah Air seiring dengan terus bertumbuhnya penjualan kendaraan roda dua, produsen oli asal Amerika Serikat, Bardahl, memperkenalkan 6 varian baru pelumas sepeda motor.

"Masih sangat menjajikan, khususnya untuk pasar oli kendaraan roda dua di Indonesia. Dari penjualan sepeda motor yang tiap tahunnya mengalami peningkatan menjadi peluang bagi bagi produsen oli, termasuk Bardahl dengan memperkenalkan 6 barian baru untuk sepeda motor baik transmisi manual maupun skutik," kata VP Bardahl Indonesia-Pudjijarto Sutjipto, Jumat (25/11/2022).

PT Pelayanan Oli Spesialis, perwakilan resmi merek pelumas dan zat aditif Bardahl Indonesia, meluncurkan 6 varian baru pelumas Bardahl dengan berbagai keunggulan dan spesifikasi, yaitu fully synthetic dan sintetik dengan jenis kemasan 0,8 dan 1 liter serta berbagai pilihan kekentalan (SAE). 

Semua varian baru ini juga memenuhi berbagai standar seperti American Petroleum Institute (API) dan Japanese Automotive Standard Association (JASO) baik JASO MA (kendaraan transmisi manual) maupun JASO MB (skutik). Oli Bardahl yang hadir untuk pasar Indonesia ini terdiri atas 4 varian untuk sepeda motor bertransmisi manual dan 2 varian khusus untuk motor skutik (matic).

Oli baru Bardahl untuk sepeda motor transmisi manual adalah XT4-S 10W-50 API SL, XTC 10-40 API SL, XTM 15W-50 API SL, XTM 20W-50 API SL, dan 2 varian untuk skutik, yaitu XTC Scooter 10W-30 SL, XTC Scooter 10W-40 SL.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS