Sukses

Profil Akbar Himawan Buchari, Ketua Umum HIPMI 2022-2025

Liputan6.com, Jakarta Musyawarah Nasional (Munas) XVII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) telah memutuskan Akbar Himawan Buchari menjadi Ketua Umum BPP Hipmi periode 2022-2025.

Dalam rapat pleno IV yang berlangsung pada Rabu 23 November 2022 malam, Akbar Himawan Buchari menang di putaran kedua pemilihan Ketua HIPMI setelah memperoleh 92 suara dan mengungguli Bagas Adhadirgha mendapatkan 68 suara.

"Pelaksanaan pemilihan suara berjalan tuntas. Hasil pemilihan umum Munas Hipmi menetapkan saudara Akbar Himawan Buchari, Ketua Umum terpilih BPP Hipmi masa bakti 2022-2025," kata Sekretaris Sidang Pemilihan Ketum BPP Hipmi, Robert Muda Hartawan didampingi Ketua Sidang Hafrizal Okta Ade Putra, dikutip dari Antara, Kamis (24/11/2022).

Lalu siapakan sosok pimpinan HIMPI baru ini?

Melansir berbagai sumber, Akbar Himawan Buchari sempat menjadi Anggota DPRD Sumatra Utara Fraksi Golkar periode 2019 sampai 2024.

Selama ini, dia dikenal sebagai pengusaha transportasi perusahaan otobus (PO) Kurnia dengan armada sekitar 250 unit bus. Selain itu, pria kelahiran lahir 25 November 1988 ini juga bergelut ke  bisnis kelapa sawit dan properti.

Sebelumnya, dia terpilih sebagai Ketua Umum Badan Pengurus Daerah Himpunan Peng­u­saha Muda Indonesia (HIPMI) Sumatra Utara.

Prosesi Munas Hipmi yang mulai tanggal 21 hingga 23 November 2022 sampai tahapan pemilihan ketua umum berjalan lancar dan sukses.

Selain Akbar Buckhari, Munas XVII juga menetapkan tim formatur lain yakni Bagas Adhadirgha dan Eka Sastra. Selanjutnya formatur membentuk seluruh kepengurusan BPP Hipmi 2022-2025.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Akbar Himawan Buchari Usai Terpilih

Menurut Akbar Himawan Buchari selaku Ketum BPP Hipmi terpilih, pelaksanaan Munas XVII sudah diselesaikan dengan baik. Proses regenerasi tidak ada yang menang dan kalah, tetapi yang ada adalah pembelajaran sebagai pemimpin nasional.

"Saya mewakafkan kepada Hipmi tentu perlu dukungan seluruh kader seluruh Indonesia, saya mohon kerja samanya," kata Akbar Buchari.

Akbar Buchari mengatakan Hipmi merupakan organisasi dewasa yang berusia 50 tahun, yang selama ini berkontribusi aktif pada pembangunan ekonomi nasional. Dia berkomitmen membangun Hipmi ke depan bersama Bagas Adhadirgha dan Anggawira.

Sementara itu, Bagas Adhadirgha langsung memberikan selamat kepada Akbar Buchari. "Selamat kepada saudaraku Akbar Himawan Buchari semoga mampu memimpin Hipmi ke depan," katanya.

3 dari 3 halaman

Sempat Ricuh

Sebelumnya, kericuhan antarpeserta terjadi pada saat penyelenggaraan Munas Hipmi XVII yang berlangsung di Hotel Alila Solo, Senin malam (21/11/2022). Video aksi jotos peserta munas itu pun viral di media sosial.

Insiden kericuhan tersebut menurut Ketua Panitia Organizing Committee (OC) Munas Hipmi XVII, M Ali Affandi, dipicu salah paham antarpeserta munas yang mengikuti sidang pleno.

"Kesalahpahaman personal antarpeserta akibat kelelahan karena padatnya agenda munas sejak pagi hingga tengah malam," ujar dia, Selasa (22/11/2022).

Meskipun terjadi kericuhan, tetapi dia menjamin munas masih tetap akan berjalan sesuai dengan yang telah dijadwalkan panitia. Untuk itu, pihaknya meminta para peserta menaati aturan agar agenda munas berjalan dengan lancar dan aman.

“Pada dasarnya panitia munas sudah mem-brief kepada peserta agar seluruh tahapan berjalan humanis dan baik,” kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.