Sukses

Mukesh Ambani Disebut Calon Pemilik Baru Liverpool, Langsung Dibantah Juru Bicara Sang Miliarder

Liputan6.com, Jakarta Mukesh Ambani, miliarder asal India tengah menjadi perbincangan dunia olah raga. Ini setelah muncul kabar salah satu orang terkaya Asia ini akan membeli klub sepakbola elit Inggris, Liverpool.

Namun kabar ini ternyata ditampik perwakilan pemilik perusahaan swasta terbesar di India, India Reliance Industries (IRL) tersebut. "Laporan Mukesh Ambani tertarik membeli Liverpool adalah 'palsu'," ujar Juru Bicara Sang Miliarder melansir laman liverpooolworld.uk seperti mengutip media India ABVlife, Selasa (15/11/2022).

Sebelumnya Mirror, melaporkan jika Fenway Sports Group (FSG) mengumumkan niat untuk mencari investor luar.  FSG diketahui menginginkan sekitar £4 miliar untuk menjual klub yang mereka beli seharga £300 juta pada Oktober 2010.

Di sini, Ambani disebut minat menjadi pembeli klub tersebut. “FSG sering menerima ungkapan minat dari pihak ketiga yang ingin menjadi pemegang saham di Liverpool. FSG telah mengatakan sebelumnya bahwa di bawah syarat dan ketentuan yang tepat, kami akan mempertimbangkan pemegang saham baru jika itu demi kepentingan terbaik Liverpool sebagai klub,” bunyi pernyataan FSG.

Sejatinya selain Mukesh Ambani, beberapa pihak telah dikaitkan dengan kemungkinan pengambilalihan Liverpool. Ini termasuk Dubai International Captial. Ambani memperoleh kekayaan USD 90 miliar dari bisnisnya di Reliance Industries. Perusahaan yang bergerak di bidang petrokimia, minyak dan gas, telekomunikasi, dan ritel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Bukan Pertama Kali Minati Beli Klub Olahraga

Adapun Ambani saat ini merupakan pemilik tim kriket Liga Utama India Mumbai Indians. Dia juga diketahui  mendirikan divisi sepak bola Liga Super India. 

Ini bukan pertama kalinya Ambani menunjukkan minat pada The Reds. Pada 2010, dia bersama dengan sesama industrialis India Subrata Roy, mencoba membeli Liverpool dari mantan pemiliknya Tom Hicks dan George Gillett. Namun, FSG mengalahkan mereka saat itu dengan mahar 300 juta Euro atau setara dengan 478 juta dolar pada penawaran saat itu.

Minatnya pada klub Merseyside tampaknya masih belum hilang. Penggemar sepak bola India juga mendukung sepenuhnya mengikuti pengambilalihan ini. Mereka percaya Ambani membeli Liverpool akan mengembangkan sepakbola di India sendiri ke level yang belum pernah terlihat sebelumnya.

Berdasarkan data yang dihimpun hingga November 2022, Ambani diketahui menjadi orang terkaya kedelapan di dunia. Kekayaan bersihnya mencapai USD 94,7 miliar.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Mukesh Ambani adalah salah satu miliarder Asia yang berasal dari India.
    Mukesh Ambani
  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool
  • November adalah bulan kesebelas tahun dalam Kalender Gregorian.
    November
  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.
    Miliarder