Sukses

Terlilit Utang, Rumah Mewah Milik Bos Evergrande China Disita Bank

China Construction Bank (CCB) menyita rumah mewah senilai Rp 1,3 triliun di Hong Kong milik bos raksasa konstruksi Evergrande Group, Hui Ka Yan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemberi pinjaman China Construction Bank (CCB) dilaporkan menyita sebuah rumah mewah di The Peak Hong Kong, milik ketua raksasa konstruksi Evergrande Group Hui Ka Yan.

Laporan itu dipublikasikan oleh outlet berita online lokal Hong Kong, HK01.

Dilansir dari US News, Kamis (3/11/2022) CCB menyita rumah seluas 465 meter persegi, yang menurut HK01 bernilai USD 89 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun.

Penyitaan ini bisa menjadi kasus pertama yang diketahui terkai penyitaan aset pribadi Hui Ka Yan di Hong Kong, HK01 melaporkan.

Namun, tidak diketahui secara pasti kapan penyitaan itu dilakukan. Pihak Evergrande juga menolak mengomentari laporan tersebut.

Laporan HK01 tahun lalu menyebut, rumah mewah yang dilengkapi dengan emandangan gedung pencakar langit di Hong Kong, diketahui telah menjadi jaminan obligasi Evergrande yang telah jatuh tempo senilai 300 juta dolar Hong Kong (Rp 599,6 miliar).

Sebuah pengajuan dengan Kantor Pendaftaran Tanah Hong Kong mengkonfirmasi pada Oktober 2021 lalu bahwa properti tersebut telah dijaminkan untuk pinjaman dari CCB (Asia), meskipun tidak mengungkapkan angka.

Land Registry mengungkapkan, Hui Ka Yan juga memiliki dua rumah mewah di kawasan yang sama. Rumah itu juga dijadikan jaminan epada Orix Asia Capital Ltd pada November 2021 untuk jumlah yang tidak diungkapkan.

Adapun aset utama Evergrande di Hong Kong - markas besarnya dan sebidang tanah pedesaan yang luas disita oleh kreditur tahun ini.

Seperti diketahui, Evergrande tengah dibebani utang lebih dari USD 300 miliar. Gagal bayar utang mendorong penyitaan aset perusahaan itu baik di China maupun di  Hong Kong.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Evergrande Gagal Penuhi Rencana Restrukturisasi Utang

Raksasa properti China Evergrande telah gagal untuk memberikan rencana restrukturisasi utang awal yang telah dijanjikan pada 31 Juli 2022, yang mengarah ke kekhawatiran lebih lanjut tentang masa depan perusahaan yang paling berutang di dunia.

Kegagalan perusahaan real estat untuk memenuhi tenggat waktu yang ditentukan sendiri terjadi pada saat seluruh sektor properti China menghadapi boikot hipotek yang berkembang dan penjualan perumahan yang merosot.

enurut pengajuan pertukaran pada Jumat, Evergrande menawarkan beberapa rincian tentang 'prinsip restrukturisasi awal' untuk utang luar negerinya, dan mengatakan pihaknya bertujuan untuk mengumumkan "rencana restrukturisasi luar negeri khusus dalam 2022."

Evergrande, pengembang China dengan kewajiban USD 300 miliar atau sekitar Rp 4.472 triliun (asumsi kurs Rp 14.906 per dolar AS) telah menjadi pusat masalah real estat negara itu sejak tahun lalu. Ini gagal pada obligasi USD pada Desember setelah berjuang selama berbulan-bulan untuk mengumpulkan uang tunai untuk membayar kreditur, pemasok dan investor.

Untuk mengatasi dampak tersebut, pemerintah China telah intervensi untuk mengambil peran utama dalam membimbing perusahaan melalui restrukturisasi utang dan operasi bisnis yang meluas.

Dalam pengajuan Jumat, Evergrande mengatakan telah membuat "kemajuan positif" dalam proses restrukturisasi lepas pantai, tetapi menambahkan bahwa itu masih bekerja dengan kreditur dan penasihat untuk melakukan uji tuntas perusahaan.

"Mengingat ukuran dan kompleksitas Grup dan dinamika yang dihadapi Grup, proses uji tuntas tetap berlangsung," katanya, seraya menambahkan pekerjaan itu mungkin selesai dalam "waktu dekat.", dikutip dari CNN, Rabu (3/8/2022).

3 dari 3 halaman

Mengapa Evergrande Penting?

Evergrande sangat besar memiliki sekitar 200.000 karyawan, meraup lebih dari USD 110 miliar dalam penjualan pada  2020, dan memiliki lebih dari 1.300 pengembangan di lebih dari 280 kota. Banyak proyek properti yang tertunda sejak tahun lalu karena masalah likuiditas perusahaan.

Analis telah lama khawatir runtuhnya Evergrande dapat memicu risiko yang lebih luas untuk pasar properti China, merugikan pemilik rumah dan sistem keuangan yang lebih luas. Real estate dan industri terkait menyumbang sebanyak 30 persen dari PDB.

Sejak default Evergrande, beberapa pengembang besar lainnya, termasuk Kaisa, Fantasia, dan Shimao Group yang berbasis di Shanghai, juga telah mencari perlindungan dari kreditur.

Dalam beberapa minggu terakhir, krisis real estat telah meningkat lebih lanjut. Ribuan pembeli rumah yang marah yang sebelumnya telah membayar uang muka untuk proyek yang belum selesai mengancam akan berhenti membayar hipotek jika konstruksi tidak selesai tepat waktu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.