Sukses

Setop Bilang Maaf di Tempat Kerja, Ketahui Konsekuensi dan Kata Pengganti yang Tepat

Kebutuhan untuk meminta maaf secara berlebihan lahir dari pola keraguan diri ini.

Liputan6.com, Jakarta Bagi banyak orang, mengatakan "Saya minta maaf" setelah mengalami situasi tertentu, bahkan yang tidak memerlukan permintaan maaf, adalah kebiasaan.

Tetapi permintaan maaf yang berlebihan ternyata dapat menjadi bumerang, terutama di tempat kerja. Ini dapat membuat orang lain kurang memikirkan Anda, menurunkan harga diri hingga mengurangi dampak permintaan maaf di masa depan.

"Kebiasaan itu sangat umum di kalangan wanita dan orang kulit berwarna," kata Patrice Williams Lindo, CEO Career Nomad, sebuah perusahaan konsultan karier melansir CNBC, Jumat (4/11/2022).

“Kami diajari secara budaya, terutama dari sudut pandang wanita kulit hitam, untuk menjadi sangat rendah hati dan meremehkan posisi kami yang sebenarnya benar. Begitulah cara saya dibesarkan,” kata Lindo.

“Di mana menjadi satu masalah ketika bersikap sombong dalam berani berbicara tentang diri sendiri dan pencapaian,” lanjut dia

Kebutuhan untuk meminta maaf secara berlebihan lahir dari pola keraguan diri ini — dan mengenali situasi ketika Anda harus dan tidak seharusnya mengatakan "Saya minta maaf" adalah salah satu langkah pertama untuk menemukan frasa yang lebih baik untuk digunakan.

Berikut adalah tiga skenario umum di mana Anda mungkin tergoda untuk meminta maaf secara berlebihan. Serta kata apa yang harus dipertimbangkan untuk dikatakan sebagai gantinya.

1. Saat mengalami kesulitan teknis

Pekerjaan hybrid dan jarak jauh tengah naik daun dalam beberapa tahun terakhir, menyebabkan orang menggunakan perangkat elektronik mereka lebih dari sebelumnya.

Sayangnya, tidak peduli seberapa paham teknologi Anda, kesulitan teknis pasti akan terjadi. Dan mereka biasanya bukan salahmu.

Sebut saja panggilan video yang bermasalah, misalnya. Anda mungkin merasa terdorong untuk meminta maaf jika perlu waktu lama untuk memuat presentasi, jika tombol tidak berfungsi, atau jika ada jeda teknis lainnya.

‘Saya minta maaf’ sering kali merupakan ungkapan yang digunakan ketika mengalami masalah tersebut,” kata Lindo. Itu karena merasa tidak nyaman dengan keheningan.

Alih-alih meminta maaf atas hal-hal yang berada di luar kendali Anda, gunakan frasa seperti, "Saya menghargai kesabaran Anda" dan "Terima kasih telah bekerja sama dengan saya," untuk mengatasi kecanggungan dan mengembalikan suasana percaya diri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kondisi Lain

2. Saat perlu bergabung dalam percakapan

Misalkan Anda menghadiri rapat yang dipimpin rekan kerja. Seseorang mengajukan poin yang Anda setujui atau tidak setujui, dan ingin membagikan sudut pandang. Anda mungkin memutuskan untuk menyela dengan mengatakan, "Maaf, tapi saya ingin mempertimbangkan," tambah dia.

Padahal menurut Lindo, situasi ini tidak memerlukan permintaan maaf. “Jika Anda memiliki informasi untuk ditambahkan ke percakapan atau sudut pandang yang berlawanan, itu tidak masalah,” katanya.

"Orang-orang menggunakan 'Saya minta maaf' dalam situasi ini untuk menembus percakapan dan membuat suara mereka didengar ketika mereka tidak perlu melakukannya."

Alih-alih meminta maaf, gunakan frasa seperti '"Saya ingin menambahkan," "Saya pikir itu," atau "Ini perspektif yang berbeda." Frasa ini membantu Anda berkontribusi tanpa terdengar takut untuk melakukannya.

Kaji situasi sebelum Anda berbicara menggunakan metode STAR (Situation, Task, Action, and Result), yang dapat mengurangi kebutuhan untuk meminta maaf, kata Lindo.

“Katakanlah Anda ingin mengungkapkan hal yang berlawanan. Pertama, pertimbangkan situasinya dan tanyakan pada diri sendiri, 'Apakah ini waktu yang tepat?' Jika tidak, pikirkan tentang tugas apa yang dapat Anda lakukan, mungkin menghubungi manajer atau penasihat sebelumnya, sebelum mengatakan sesuatu yang mungkin harus Anda minta maaf,” menjelaskan.

“Tentukan tindakan apa yang ingin Anda ambil, dan tanyakan pada diri Anda, 'Hasil apa yang saya cari setelah percakapan ini?'”

 

3 dari 3 halaman

3. Saat melakukan kesalahan

Kita semua membuat kesalahan, terutama di tempat kerja. Jika Anda telah melakukan tugas dengan salah atau secara tidak sengaja menyinggung seseorang, mengatakan "Saya minta maaf" tidak akan menjadi respons yang salah, tentu saja, tetapi itu juga bukan respons yang paling kuat.

“Ketika Anda melakukan kesalahan, jawabannya tidak harus 'Maaf,'” kata Lindo. "Anda dapat berbicara tentang tindakan yang akan Anda lakukan untuk menyelidiki atau menyelesaikan masalah."

Frasa lain dapat menunjukkan dengan lebih baik bahwa Anda siap melakukan apa yang diperlukan untuk memperbaiki situasi. Itu bisa termasuk:

"Terima kasih atas masukannya"“Saya bertanggung jawab penuh”"Saya menghargai Anda membawa itu ke perhatian saya - bagaimana saya bisa meningkatkan?

"Permintaan maaf yang tulus tidak buruk, catat Lindo - tetapi sangat ideal untuk hanya mengatakan "Saya minta maaf" ketika Anda benar-benar bersungguh-sungguh untuk memastikannya terlihat tulus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.