Sukses

Konstruksi Proyek Smelter Amman Mineral di Batu Hijau Hampir 50 Persen, Ditarget Kelar 2024

Proyek smelter Batu Hijau diproyeksikan memiliki kapasitas produksi 222.000 ton katoda tembaga. Selain itu, smelter nantinya menghasilkan 17,8 ton emas, 54,7 ton perak dan 830.000 asam sulfat.

Liputan6.com, Jakarta Proyek pembangunan pabrik pengolahan (smelter) mineral logam yang dikembangkan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) di Batu Hijau, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat hampir mencapai 50 persen sampai November 2022. Dengan kucuran dana mencapai USD 465 juta dari prediksi kebutuhan investasi USD 982 juta atau setara Rp14,7 triliun.

AMMAN, perusahaan pertambangan mineral yang terafiliasi dengan PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDCO) ini menargetkan pembangunan smelter kelas 2024. Awalnya, proyek ini diproyeksi pemerintah bisa selesai pada Juni 2023.

Head of Corporate Communications PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN), Kartika Octaviana mengakui bila mundurnya pembangunan smelter dari awal imbas keberadaan Covid-19.

Pandemi Covid-19 membuat sejumlah pertemuan tatap muka untuk membahas spesifikasi teknik dan rekayasa smelter yang akan berdampak pada timeline pengerjaan konstruksi, serta keterlambatan dalam proses negosiasi dan financial statement decission.

Tak berhenti sampai di situ, disebutkan bila tantangan semakin besar dengan adanya konflik Ukraina-Rusia juga turut berpengaruh pada proyek ini. Seperti terhambatnya supply chain, dimana terjadi peningkatan biaya mobilisasi barang dan manusia, kekurangan kontainer hingga penutupan port.

“Akibatnya mobilisasi peralatan dan perlengkapan besar yang sangat penting untuk konstruksi smelter terutama dari Eropa mengalami keterlabatan dari jadwal awal,” ujar dia akhir pekan kemarin.

Meski banyak kendala, AMMAN memastikan akan melanjutkan proyek yang sudah menghabiskan investasi hampir 50 persen.

“Artinya, kami tetap berkomitmen menyelesaikan pembangunan smelter, apalagi pendanaan juga sudah tersedia,” ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi Proyek

Proyek smelter Batu Hijau diproyeksikan memiliki kapasitas produksi 222.000 ton katoda tembaga. Selain itu, smelter nantinya menghasilkan 17,8 ton emas, 54,7 ton perak dan 830.000 asam sulfat.

Priyo Pramono, Head of Social Impact AMMAN, mengambahkan capaian verifikasi enam bulan selalu melampaui target dan pembangunan camp telah selesai pada Oktober 2022. Konstruksi smelter dan fasilitas pendukung juga telah dimulai sejak Juli 2022 dengan pemasangan tiang pancang antara lain instalasi fasilitas special water, berupa air desalisasi dan demineralisasi. “Mobilisasi kontraktor ke wilayah konstruksi telah dilakukan,” ujarnya.

Menurut Priyo, pesanan pembelian (purchase order) untuk long lead equipment telah dieksekusi. Apalagi sudah ada penandatanganan kesepakatan untuk pembiayaan sindikasi dari bank dan perusahaan telah melakukan proses rekrutmen secara bertahap yang disesuaikan dengan tahap konstrksi , bekerja sama dengan Pemerintah KSB dan NTB.

Dalam pengembangan smelter di Batu Hijau, AMMAN menggandeng perusahaan China untuk membangun smelter tembaga di KSB. Hal ini ditandai dengan diterbitkannnya Letter of Intent (LoI) untuk Konsorsium NFC (China Non-ferrous Metal Industry’s Foreign Engineering and Construction Co., Ltd) sebagai kontraktor Engineering, Procurement dan Construction (EPC), dan NERIN (China Nerin Engineering Co., Ltd.) sebagai penyedia layanan teknis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini