Sukses

Jadi Mahasiswa Bebas Cemas, Jalankan 6 Tips Pengelolaan Uang Berikut Ini!

Bila ingin berada di jalur yang benar dan memastikan lulus kuliah dalam kondisi keuangan yang baik, bacalah 6 tips pengelolaan uang untuk mahasiswa ini.

Liputan6.com, Jakarta Memasuki dunia perkuliahan adalah waktu yang tepat untuk belajar mengelola keuangan. Sebab di masa ini, sebagian besar dari kita akan mendapatkan uang bulanan lebih besar ketimbang di bangku sekolah. Dengan belajar mengelola keuangan, kita bisa membangun kebiasaan yang akan membantu diri menuju kesuksesan finansial di masa mendatang.

Sebagai mahasiswa, terkadang mengatur keuangan merupakan hal yang tricky dan tidak mudah. Jika tidak dikontrol dengan baik, kantong kering di akhir bulan menjadi hal yang wajar bagi mahasiswa. Hal ini tidak boleh dipertahankan atau dibiarkan berlarut-larut karena dapat mengganggu pikiran.

Bila kamu ingin berada di jalur yang benar dan memastikan lulus kuliah dalam kondisi keuangan yang baik, bacalah 6 tips pengelolaan uang untuk mahasiswa ini.

1. Kenali Prioritas Pengeluaran

Membahagikan diri sendiri dengan healing atau self reward memang penting, tapi bijak dalam mengatur keuangan itu jauh lebih penting penting. Prioritaskan kebutuhan primer sebelum kebutuhan lainnya, termasuk untuk senang-senang atau memuaskan keinginan. Misalnya, kamu sudah memiliki keinginan untuk membeli baju bulan ini, tapi ternyata ada kebutuhan mendadak untuk membeli kebutuhan kuliah. So, utamakan kebutuhan kuliah terlebih dahulu.

Jangan sampai akhirnya kamu lebih memilih membeli baju dan tidak punya uang untuk kebutuhan kuliah. Banyak mahasiswa yang belanja banyak karena lapar mata dan akhirnya kehabisan uang di akhir bulan. Tahan diri dan prioritaskan pengeluaranmu daripada keinginan.

2. Hidup Sederhana dan Menabung

Cara hidup sederhana yang bisa dilakukan adalah bergaya sesuai dengan kemampuan. Artinya kamu tidak perlu menjadi orang lain cukup menjadi diri sendiri. Gaya hidup sederhana ini bisa kamu lakukan contohnya dalam hal fashion, aksesoris, sampai pembelian hobi atau gaya hidup lain yang tidak terlalu berlebihan. Untuk mengukur batas kemampuan, kamu perlu mengenali dirimu sendiri mengenai kebutuhan atau hanya keinginan saja.

Selain bijak terhadap hidup sederhana, bijak terhadap menabung jugalah penting. Tabungan ini bisa menjadi dana darurat ketika masa-masa genting atau ada kebutuhan mendadak. Selain itu, dengan menabung, kamu juga bisa mengumpulkan uang yang nantinya bisa kamu gunakan untuk banyak hal lainnya, misalnya untuk jalan-jalan, membuat projek kecil-kecilan, atau bahkan membeli barang seperti handphone. Menabung merupakan salah satu contoh bijaksana dalam mengatur keuangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Masak dengan Anggaran Terbatas

Cara mengelola keuangan mahasiswa yang ketiga dengan menyiapkan dan memasak makanan kamu sendiri. Memasak pada praktiknya ternyata lebih hemat daripada harus membeli makanan di luar setiap harinya. Nggak perlu memasak masakan yang sulit-sulit dan dalam jumlah banyak. Masak saja sesuai porsi makanan sehari-hari.

Selain lebih hemat, kamu juga bisa lebih menjaga apa saja asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Kamu bisa menakar sendiri kehigienisan dan juga cita rasanya sesuai dengan selera lidah. Untuk bahan makannya pun, kamu bisa membeli di pasar sesuai dengan anggaran yang dipunya.

4. Berpikir Jauh Ke Depan

Sebagai mahasiswa, membayangkan atau memiliki impian yang jelas juga bisa membantu memotivasi untuk memiliki kondisi keuangan yang sehat. Dengan membayangkan kehidupan apa yang kamu inginkan di masa depan, kamu bisa membuat rencana yang lebih baik lagi.

Cara mengelola keuangan yang satu ini berasal dari keinginan kamu tentang kehidupan ideal yang ingin direalisasikan. Maka kekuatan dari impian ini bisa cukup besar dalam mempengaruhi kebiasaan kamu dalam mengelola finansial secara lebih baik.

5. Cari Penghasilan Tambahan

Di zaman sekarang, semua orang memiliki kesempatan untuk mempunyai penghasilan tambahan. Terlebih, di era serba digital ini. Meskipun sebagai mahasiswa, kamu bisa menjadi seorang freelancer yang memungkinkan kamu melakukan pekerjaan sampingan di mana saja kapan saja. Contoh pekerjaan freelance yang bisa kamu lakukan adalah menjadi copywriter, content creator, dan desain grafis.

Selain bisa menambah penghasilan, bekerja sambil kuliah bisa menambah pengalaman kerjamu. Saat lulus kuliah nanti, kualitas dirimu akan lebih tinggi karena sudah memiliki pengalaman pekerjaan. Menarik bukan?

3 dari 3 halaman

6. Manfaatkan Aplikasi Keuangan

Tips terakhir dalam mengelola keuangan adalah dengan memanfaatkan aplikasi keuangan. Dengan tujuan membantu kamu mencatat untuk mengetahui arus kas pengeluaran dan pemasukan. Nggak hanya itu, aplikasi pengelola keuangan juga bisa membantu kamu menjaga keuangan tetap stabil dan membantu kamu nggak boros, lho!

Sebagai mahasiswa yang sibuk tapi mau bebas dari cemas, kamu bisa menggunakan dompet digital DANA. Lewat DANA, mau bayar apapun jadi semudah lewat sentuhan jari. Kamu bisa melakukan transaksi apapun dengan praktis mulai dari pembayaran tagihan, transaksi barcode scan, hingga e-commerce.

Selain itu, DANA menjadi aplikasi keuangan terpercaya sekaligus bisa diandalkan baik untuk bertransaksi, membayar berbagai tagihan, hingga menabung dan berinvestasi. Karena pengguna DANA dilindungi oleh fitur safety and security di DANA, yaitu DANA Protection, yang menjamin keamanan transaksi user dengan sistem keamanan yang canggih, dan dinamis, sehingga Bebas Cemas saat bertransaksi digital.

Ketika kamu bertransaksi memakai DANA, setiap transaksimu akan dilindungi oleh PIN DANA, Kode OTP dan juga DANA Viz. Dengan begini bisa dipastikan tidak ada orang yang bisa menyalahgunakan akun DANA kamu.

Jika terjadi kendala pun, kamu bisa langsung melaporkan kendalamu tersebut lewat fitur Pusat Resolusi di aplikasi DANA. Hebatnya, di fitur ini kamu juga bisa langsung mengecek progres penyelesaian kendala tersebut sekaligus langsung menghubungi DANA Customer Care 24 Jam kapan pun kamu butuh.

Pakai DANA juga akan semakin tenang, karena DANA memberikan garansi 100% uang kembali jika terjadi hal yang tidak diinginkan saat bertransaksi, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku yang bisa kamu intip di sini. Makanya, jangan ragu untuk menggunakan DANA untuk mengelola keuangan secara maksimal.

Mau jadi mahasiswa yang #BebasDrama dan happy selalu? Yuk, download aplikasi DANA sekarang juga, dan jangan ragu untuk menggunakan DANA untuk mengelola keuangan kamu secara maksimal.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini