Sukses

Jangan Hanya Fokus Jadi Kaya Tapi Kejar Kesuksesan dengan Kiat-kiat Ini

Ada banyak alasan hingga akhirnya seseorang memutuskan untuk mengambil lompatan luar biasa itu untuk menjadi seorang pengusaha.

Liputan6.com, Jakarta Kewirausahaan adalah perjalanan karier yang tidak mudah. Sebab, mengharuskan diri sendiri punya motivasi untuk bersedia mengambil risiko jika ingin berhasil. Namun perlu digarisbawahi, janganlah berfokus pada kekayaan atau hartanya, tapi pada kesuksesannya.

Kebanyakan orang memutuskan untuk tidak menjadi pengusaha karena berpikir terlalu berisiko. Ya, akan ada beberapa risiko keuangan, pasar, dan bahkan kemungkinan ide tidak berkembang seiring perubahan teknologi. Hal ini terdengar menakutkan bagi banyak pengusaha potensial.

Ada banyak alasan hingga akhirnya seseorang memutuskan untuk mengambil lompatan luar biasa itu untuk menjadi seorang pengusaha.

Hampir 97 persen pemilik bisnis akan memberi tahu bahwa mereka tidak memiliki rencana untuk kembali ke pekerjaan lamanya. Apakah uang menjadi penyebabnya?

Pikirkan tentang apa yang bisa dilakukan untuk bisnis

Begitu banyak pengusaha dan pemilik bisnis memulai perjalanannya dengan berpikir bahwa mereka akan menjadi kaya. Kemudian merencanakan cara menghabiskan semua uang yang sudah dihasilkan tersebut.

Secara tidak sadar, pola pikir itu kurang tepat dan dapat merusak kemampuan Anda untuk mencapai kebebasan finansial.

Ya, bisnis memang perlu menghasilkan uang. Akan tetapi, jika itu alasannya untuk berbisnis, maka Anda tidak akan berhasil. Jika Anda berkata, "bagaimana saya bisa membantu komunitas, mengubah banyak hal, dan membuat dampak", maka uang tunai akan menjadi produk sampingan. Saat itulah kesuksesan akan segera datang.

Dilansir dari Enterpreneur, Sabtu (22/10/2022), inilah poin-poin yang perlu diingat agar membantu membimbing diri Anda ke arah yang benar dalam hal menemukan kesuksesan sebagai wirausahawan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kiat

1. Pertaruhkan kesuksesan terlebih dahulu

Pengusaha yang melakukan ini lebih berupaya dalam bisnis tanpa terganggu oleh ketidakpastian menghasilkan uang. Selama Anda memiliki visi untuk perusahaan, maka tidak ada alasan bagi Anda untuk khawatir dengan laba.

2. Berhenti berpikir bekerja keras berarti lebih banyak uang

Jika setiap pekerja keras menjadi kaya, akan ada lebih banyak orang kaya. Tidak, kenyataannya adalah Anda harus bekerja lebih cerdas dalam waktu yang lebih singkat untuk menghabiskan saat-saat Anda menghemat melakukan apa yang Anda sukai.

3. Menjadi orang yang paling berharga di bidangnya

Jika Anda bersemangat membuat saus vegan, jadilah ahli saus. Jika Anda ingin masuk ke real estat, pelajari semua yang perlu diketahui. Jangan memaksakan diri sampai Anda kehabisan tenaga karena tekanan, tetapi jangan setengah-setengah dalam gairah Anda, jadi orang lain yang lebih dulu mencapainya.

4. Teruslah bekerja jika perlu

Jika Anda belum memiliki sarana untuk melepaskan pekerjaan harian, jangan lakukan itu. Ini bukan berarti Anda tidak melakukan cukup banyak untuk mencapai impian menjadi seorang pengusaha. Anda bisa menjadi pengusaha dan masih bekerja untuk orang lain. Ini bukan satu atau yang lain. Jika bekerja membantu membayar tagihan sementara Anda mencari tahu logistik, simpan sampai Anda bekerja penuh waktu.

 

3 dari 3 halaman

5. Tetap terkendali

Saat Anda membiarkan orang lain memberitahu apa yang harus Anda lakukan dengan karier, Anda membuka kemungkinan bahwa orang lain tersebut akan memegang kartu kesuksesan Anda. Anda dapat memiliki seorang mentor yang dapat membimbing ke arah yang benar.

6. Anda adalah CEO

Apakah Anda menjalankan perusahaan dengan 50 karyawan atau tidak memiliki staf, Anda yang menjadi CEO sebuah bisnis. Biarkan hal itu membuat Anda merasa nyaman dalam mengambil keputusan tentang karier. Hadiahi diri Anda dengan pengetahuan bahwa Anda telah mencapai gelar ini alih-alih menunggu hadiah datang dari uang.

7. Datang dengan tujuan akhir yang baru

Rumuskan tujuan akhir baru yang tidak sekadar "menjadi kaya ". Di samping itu, Anda juga sebaiknya punya tujuan akhir yang lain selama menikmati proses menjadi wirausahawan.

Entah menyumbangkan uang ke badan amal tertentu, berpartisipasi dalam acara yang disponsori, atau memperluas dan membuka bisnis kedua. Jika melihat tujuan yang nyata, Anda akan dapat melihat langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapainya.

Salah satu kunci sukses sebagai wirausahawan adalah menemukan keseimbangan yang tepat antara melakukan apa yang Anda suka dan mengembangkan bisnis.

Pengusaha sukses adalah mereka yang bisa melakukan keduanya sekaligus. Mereka memiliki hasrat untuk bisnis yang mendorong untuk terus berjalan sambil memastikan membangun sesuatu yang hebat yang dapat disesuaikan seiring dengan perubahan kebutuhan dan tuntutan pelanggan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.