Sukses

Harga Minyak Anjlok Lebih dari 3 Persen Dibayangi Kekhawatiran Resesi

Harga minyak mentah berjangka Brent turun USD 2,94 atau 3,1 persen menjadi USD 91,63 per barel. Sementara harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS turun USD 3,50 atau 3,9 persen menjadi USD 85,61.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak anjlok lebih dari 3 persen pada perdagangan Jumat karena kekhawatiran resesi global dan permintaan minyak yang lemah, terutama di China. Hal ini melebihi dukungan dari pemotongan besar-besaran terhadap target pasokan minyak negara-negara OPEC+.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (15/10/2022), harga minyak mentah berjangka Brent turun USD 2,94 atau 3,1 persen menjadi USD 91,63 per barel. Sementara harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS turun USD 3,50 atau 3,9 persen menjadi USD 85,61.

Harga minyak Brent dan WTI terombang-ambing antara wilayah positif dan negatif pada perdagangan Jumat tetapi turun sepanjang minggu ini masing-masing sebesar 6,4 persen dan 7,6 persen.

Inflasi inti AS mencatat kenaikan tahunan terbesar dalam 40 tahun, memperkuat pandangan bahwa suku bunga akan tetap lebih tinggi lebih  lama dengan risiko resesi global. Keputusan suku bunga AS berikutnya akan jatuh tempo pada 1-2 November.

Sebuah survei menunjukkan bahwa sentimen konsumen AS terus membaik pada bulan Oktober, tetapi ekspektasi inflasi rumah tangga sedikit menurun.

"(Peningkatan sentimen konsumen) dipandang sebagai negatif karena itu berarti Fed perlu mematahkan semangat konsumen dan memperlambat ekonomi lebih lanjut, dan itu menyebabkan kenaikan dolar dan tekanan ke bawah pada pasar minyak,” kata Analis Price Futures Group Chicago, Phil Flynn.

Kurs dolar AS naik sekitar 0,8 persen. Dolar yang menguat mengurangi permintaan minyak dengan membuat bahan bakar lebih mahal bagi pembeli yang menggunakan mata uang lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pasokan AS

Dalam pasokan AS, perusahaan energi minggu ini menambahkan delapan rig minyak sehingga totalnya menjadi 610, tertinggi sejak Maret 2020, kata perusahaan jasa energi Baker Hughes Co.

China, importir minyak mentah terbesar di dunia, telah memerangi wabah COVID-19 setelah liburan selama seminggu. Penghitungan infeksi negara itu kecil menurut standar global, tetapi mematuhi  kebijakan nol-COVID  yang sangat membebani kegiatan ekonomi dan dengan demikian permintaan minyak.

Badan Energi Internasional (IEA) pada hari Kamis memangkas perkiraan permintaan minyak untuk tahun ini dan tahun depan, memperingatkan  potensi resesi global .

Pasar masih mencerna keputusan minggu lalu dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, bersama-sama dikenal sebagai OPEC+, ketika mereka mengumumkan pemotongan 2 juta barel per hari (bph) untuk target produksi minyak.

Kurangnya produksi di antara kelompok berarti ini mungkin akan diterjemahkan menjadi pemotongan 1 juta barel per hari, perkiraan IEA.

Arab Saudi dan Amerika Serikat telah  bentrok atas keputusan tersebut .

Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS (CFTC) mengatakan, pengelola uang menaikkan posisi net long minyak mentah berjangka AS dan posisi opsi sebesar 20.215 kontrak menjadi 194.780 dalam pekan hingga 11 Oktober.

3 dari 4 halaman

Harga Minyak Dunia Naik 2 Persen Gara-gara Stok Diesel Rendah Jelang Musim Dingin

Kemarin, harga minyak duniamencuat naik sekitar 2 persen dipicu tingkat persediaan diesel yang rendah menjelang musim dingin telah memicu pembelian. Serta membalikkan kerugian awal yang mengikuti stok minyak mentah dan bensin yang lebih tinggi dari perkiraan.

Melansir laman CNBC, Jumat (14/10/2022), harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Desember naik USD 2,22 menjadi USD 96,47 per barel, naik 2,4 persen, setelah sempat turun pada hari sebelumnya. Harga minyak mentah AS naik USD 1,93, atau 2,2 persen menjadi USD 89,20 per barel.

Stok minyak sulingan, yang meliputi solar dan minyak pemanas, turun 4,9 juta barel dalam pekan yang berakhir 7 Oktober menjadi 106,1 juta barel, terendah sejak Mei. Ini merupakan data Lembaga Administrasi Informasi Energi AS, lebih rendah dari ekspektasi turun sebanyak 2 juta barel.

Hal itu mendorong investor untuk mengabaikan adanya 2 juta stok bensin dan kenaikan yang lebih besar dari perkiraan jika stok persediaan minyak mentah mendekati 10 juta barel.

“Bagian yang paling mengganggu dari laporan (EIA) adalah persediaan penyulingan jauh di bawah rata-rata. Musim dingin akan datang,” kata Phil Flynn, Analis Price Futures Group di Chicago.

"Pasar melihat gambaran besarnya, berlawanan dengan angka permintaan jangka pendek yang terkena dampak badai," jelas dia.

Banyak investor tetap khawatir bahwa kenaikan inflasi akan mengurangi permintaan bahan bakar. Badan Energi Internasional memperingatkan bahwa ekonomi global mungkin masuk ke dalam resesi.

4 dari 4 halaman

Intervensi Joe Biden

Di sisi lain, harga konsumen AS meningkat lebih dari yang harapan pada bulan lalu dan tekanan inflasi yang mendasarinya terus meningkat.

Ini memperkuat ekspektasi bahwa Federal Reserve akan memberikan kenaikan suku bunga 75 basis poin keempat bulan depan.

Chief Executive Officer JPMorgan Chase & Co Jamie Dimon memperingatkan bahwa inflasi yang terus-menerus dan tinggi dapat memacu suku bunga naik lebih tinggi dari 4,5 persen.

Presiden Joe Biden mengatakan harga bensin AS tetap terlalu tinggi dan dia akan berbicara minggu depan tentang menurunkan biaya.

Hal lain yang membebani harga adalah peringatan oleh IEA bahwa keputusan OPEC+ minggu lalu untuk memangkas pasokan sebesar 2 juta barel per hari (bph) dapat menyebabkan resesi global.

"Rencana OPEC+ ... telah menggelincirkan lintasan pertumbuhan pasokan minyak sepanjang sisa tahun ini dan berikutnya, dengan tingkat harga yang lebih tinggi yang dihasilkan memperburuk volatilitas pasar dan meningkatkan kekhawatiran keamanan energi," kata IEA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.