Sukses

AP II Latih Lulusan SMA di Sekitar Bandara Keterampilan Avsec

Liputan6.com, Jakarta Puluhan muda mudi lulusan SMA yang juga tinggal disekitar bandar udara PT Angkasa Pura (AP) II, ikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) Aviation Security (AVSEC) di Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug, Kabupaten Tangerang.

Mereka terdiri dari warga sekitar Bandara Husein Sastranegara Bandung sabanyak tiga orang, Bandara Sultan Thaha Jambi terdiri dari lima orang dan Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, sebanyak 12 orang.

"Peserta ini sudah mengikuti pendidikan dan pelatihan untuk personel petugas keamanan kebandaraudaraan, sejak 19 Sept sampai 3 Oktober 2022. Selanjutnya, mereka akan mengikuti pelatihan AVSEC secara langsung di Bandara Soetta," ungkap Senior General Manager Of Community Development Center PT Angkasa Pura II Amirzal, Senin (3/10/2022).

Menurut Amirzal, pendidikan dan pelatihan tersebut merupakan proses pembekalan kepada masyarakat sekitar Bandara AP II yang terpilih agar dapat memiliki keterampilan dan memiliki modal untuk bekerja di Bandara.

"Ini adalah proses pelatihan atau semacam basic untuk anak-anak tamat SMA untuk masuk bergabung di kebandarudaraan. Jadi, dasar bagi mereka bagaimana belajar Avsec itu, sebagai modal mereka di saat masuk ke dunia pekerjaan nanti," ujarnya.

Peserta yang dinyatakan lulus dengan nilai terbaik nantinya akan diprioritaskan bergabung sebagai personel AVSEC di 3 Bandara AP II.

"Kita minta di sini adalah supaya para adik-adik yang ikut pelatihan ini sungguh-sungguh. Karena yang diutamakan adalah ranking atau nilai yang baik yang diprioritaskan untuk bergabung di Aviation Security di Bandara," ujar Amirzal. (Pramita Tristiawati)

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta Kini Dibuka untuk Penerbangan Umrah

PT Angkasa Pura II membuka Terminal 2F untuk melayani penerbangan umrah dari maskapai penerbangan Lion Air, mulai 1 Oktober 2022. Sebelumnya, penerbangan umrah oleh Lion Air dilayani melalui Terminal 3. 

Langkah ini seiring upaya penyesuaian operasional penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta sejalan dengan peningkatan lalu lintas penerbangan pada periode pemulihan di tengah pandemi COVID-19. 

President Director AP II Muhammad Awaluddin menuturkan penyesuaian ini memperhatikan dinamika terkini khususnya peningkatan lalu lintas penerbangan.

“AP II selalu memperhatikan perkembangan terkini di tengah pandemi COVID-19, termasuk terkait dengan lalu lintas penerbangan. Saat ini bandara-bandara AP II tengah memasuki periode pemulihan di mana lalu lintas penerbangan, termasuk di Bandara Soekarno-Hatta, mengalami peningkatan,"jelas dia dalam keterangannta.

Dia mengatakan jika AP II melakukan penyesuaian operasional di Bandara Soekarno-Hatta guna memastikan penerbangan termasuk alur keberangkatan dan kedatangan penumpang di seluruh terminal penumpang dapat tetap berjalan lancar dan memenuhi protokol kesehatan.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi menuturkan penyesuaian operasional mencakup dibukanya Terminal 2F untuk melayani penerbangan internasional yakni penerbangan umrah yang dilayani Lion Air menuju Jeddah, Arab Saudi. 

“Mulai 1 Oktober 2022, jemaah umrah yang berangkat ke Tanah Suci menggunakan Lion Air dilayani di Terminal 2F dari sebelumnya di Terminal 3. Kebijakan ini juga sebagai salah satu upaya penyeimbangan pergerakan pesawat dan penumpang antara Terminal 2 dan Terminal 3, serta memastikan aspek pelayanan selalu terjaga dengan baik,” ujar Agus Haryadi. 

3 dari 3 halaman

Jemaah Umrah Terus Bertambah

Agus Haryadi memaparkan pada awal tahun ini seluruh penerbangan umrah dilayani di Terminal 3. Disebutkan jika sebelum periode ibadah haji pada Juni 2022, jumlah jemaah umrah yang berangkat dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada Januari - Mei 2022 secara kumulatif mencapai sekitar 340.000 orang.

Diperkirakan jumlah penerbangan umrah akan semakin meningkat, sehingga mulai 1 Oktober 2022 penerbangan ke Jeddah oleh Lion Air akan dilayani melalui Terminal 2F, sementara penerbangan ke Jeddah oleh Garuda Indonesia dan Saudia tetap di Terminal 3.

Adapun Lion Air rata-rata akan mengoperasikan 3 - 4 penerbangan/hari dari Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta menuju Jeddah. 

“Rata-rata pergerakan penumpang Lion Air di rute Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta - Jeddah, untuk keberangkatan dan kedatangan, sekitar 2.500 orang per hari, ” ungkap Agus Haryadi. 

Lebih lanjut, Agus Haryadi menuturkan penerbangan perdana jemaah umrah dari Terminal 2 berjalan lancar karena kesiapan aspek keamanan, keselamatan dan pelayanan. 

“AP II bersama stakeholder terkait berkolaborasi memastikan kelancaran keberangkatan dan kedatangan jemaah umrah melalui Terminal 2F. Seluruh fasilitas umum telah disiapkan seperti musholla, begitu juga layanan check in counter, keimigrasian, Bea dan Cukai, dan penanganan bagasi yang telah siap melayani jemaah umrah.”

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.