Sukses

Manfaatkan Teknologi Digital, Kartu Prakerja Berhasil Jangkau Masyarakat Pelosok Indonesia

Sistem teknologi digital dalam Program Kartu Pekerja berhasil menjangkau masyarakat di kota/kabupaten tertinggal. Simak selengkapnya.

Liputan6.com, Jakarta - Kartu Prakerja mengungkapkan dampak pemanfaatan sistem teknologi digital dalam menjangkau peserta di wilayah pelosok Indonesia dengan lebih cepat.

Dengan memanfaatkan teknologi digital, pelatihan yang selama ini umumnya hanya bisa dinikmati masyarakat kota/ kabupaten yang lebih maju, kini juga bisa menjangkau area yang lebih luas.

Karena menggunakan sistem teknologi digital, Program Kartu Prakerja berhasil membantu memberikan pelatihan kerja kepada masyarakat di kota/kabupaten tertinggal. 

"2,7 persen Penerima Kartu Prakerja berasal dari kabupaten tertinggal," ungkap Kartu Prakerja dalam unggahannya di Instagram, dikutip Senin (19/9/2022). 

Selain itu, diungkapkan juga bahwa "3,2 persen penerima Kartu Prakerja berasal dari desa di luar Pulau Jawa," menurut Data Administratif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja per 31 Juli 2022. 

Honorary Associate Professor di Departemen Ekonomi Arndt-Corden ANU, Chris Manning pun memuji sistem teknologi digital Kartu Prakerja. 

"Sistem digital Kartu Prakerja sangat bisa dimanfaatkan di negara lain. Ini adalah inovasi penting. Tidak semua negara bisa bergerak secepat ini," tutur Manning. 

Sebagai informasi, Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Program Kartu Prakerja dimulai sejak April 2020. Program ini menjadi salah satu realisasi dari janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat kampanye di 2019. Namun dalam realisasinya sedikit mendapat modifikasi disesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja

Seperti gelombang-gelombang sebelumnya, untuk mendaftar program Kartu Prakerja peserta perlu mengetahui syarat sebagai berikut:

- WNI berusia 18 tahun ke atas.

- Tidak sedang menempuh pendidikan formal.

- Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja atau buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

- Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19.

- Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.

- Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja. 

3 dari 4 halaman

Cara Daftar Kartu Prakerja

Setelah mengetahui persyaratan, calon peserta Prakerja Gelombang 38 dapat mendaftarkan diri dan membuat akun dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Buka situs https://dashboard.prakerja.go.id/daftar.

2. Masukkan alamat email dan password dan klik Daftar.

3. Buka email notifikasi yang dikirim dan lakukan verifikasi.

4. Setelah berhasil daftar akun dan login, Anda akan diarahkan ke laman verifikasi KTP.

5. Isi NIK, nomor Kartu Keluarga, dan tanggal lahir kemudian klik Lanjut.

6. Lengkapi data diri dan pastikan data yang dimasukkan sudah sesuai.

7. Pastikan nama lengkap dan nama ibu kandung yang dimasukkan sudah sesuai.

8. Lanjutkan tahapan verifikasi dengan memasukkan foto e-KTP yang dapat diakses melalui browser HP. Jangan lupa perhatikan ketentuan yang tercantum agar proses verifikasi e-KTP berjalan lancar.

9. Jika foto KTP Anda sudah sesuai ketentuan klik Kirim Foto e-KTP.

10. Tunggu hingga sistem selesai memverifikasi foto e-KTP yang diunggah.

11. Selanjutnya verifikasi foto wajah. Seperti verifikasi e-KTP, perhatikan ketentuan yang tercantum agar proses verifikasi berjalan lancar.

12. Ambil swafoto (selfie) dengan kamera HP kamu.

13. Sesuaikan swafoto (selfie) yang Anda ambil dengan memperhatikan ketentuan.

14. Kemudian akan muncul tampilan foto yang sudah disesuaikan lalu klik Gunakan Foto.

15. Jika swafoto (selfie) sudah sesuai, klik Kirim Foto untuk langkah berikutnya. 

4 dari 4 halaman

Cara Cek Kelulusan Kartu Prakerja

Berikut ini langkah-langkah cek kelulusan Kartu Prakerja melalui dashboard akun.

1. Cek status penerimaan melalui dashboard Prakerja pada lama prakerja.go.id

2. Apabila terdapat keterangan “pendaftaran sedang dalam evaluasi”, itu berarti proses seleksi sedang berlangsung

3. Saat pengumuman, peserta yang lolos akan mendapatkan notifikasi untuk menonton tiga video tentang pengenalan Kartu Prakerja

4. Peserta yang lolos menonton ketiga video tersebut dan tidak diperkenankan untuk menutup video jika belum selesai atau mempercepat laju video

5. Setelah menonton video selesai, peserta baru bisa melihat Nomor Kartu Prakerja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.