Sukses

Perdana, Menhub Peringati Hari Perhubungan di Palembang

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan menggelar upacara puncak peringatan Hari Perhubungan Nasional di Palembang, Sumatera Selatan. Ini disebut sejalan dengan visi pembangunan Indonesia yang tidak hanya berpusat di Pulau Jawa.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkap, ini kali pertama pelaksanaan upacara puncak Hari Perhubungan Nasional selain di DKI Jakarta.

"Hal ini merupakan cerminan bahwa bapak Presiden menyampaikan bahwa pembangunan contoh nasional adalah Indonesia sentris bukan jawa sentris," kata dia dalam sambutannya di Upacara Peringatan Hari Perhubungan Nasional, di Palembang, Sabtu (17/9/2022).

"Artinya kita harus membangun seluruh tanah air kita tercinta ini Indonesia," tambahnya.

Ada alasan lain yang diungkap Menhub Budi. Yakni, menyoal Palembang yang memiliki transportasi yang telah terintegrasi. Contohnya, dengan basis utama transportasi ditopang LRT dan dukung bus kota serta angkutan kota.

"Dan intermoda ini kita kembangkan dan kita harapkan akan mengurangi polusi dan juga mengurangi kemacetan," ujarnya.

"Juga insan perhubungan diberikan amanah oleh Presiden Jokowi sebagai proyek PSN adalah pembangunan New Port Tanjung Carat, yang insyaaAllah dilaksanakan KPBU antara swasta (pemerintah) dengan swasta,"tambahnya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Bersih Bersih Pantai

Sebagai rangkaian Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2022, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melaksanakan Gerakan Bersih Laut dan Pantai di wilayah Distrik Navigasi Kelas I Palembang.

Kegiatan bersih laut dan pantai ini melibatkan sekitar 300 peserta yang berasal dari 33 instansi dan mitra kerja yang dilaksanakan pada 5 (lima) titik lokasi, yaitu di Dermaga Distrik Navigasi Palembang, Dermaga Penumpang Pelabuhan Boom Baru, Dermaga Pelindo, Masjid Lawang Kidul dan sekitarnya serta Dermaga 16 Ilir.

Kepala Distrik Navigasi Kelas I Palembang Marta Hardisarwono mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu langkah nyata dalam upaya perlindungan lingkungan maritim agar bersih dari sampah di perairan dan pesisir Kota Palembang.

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan rasa kepedulian dan partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan pesisir dan muara untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan lestari," kata Marta, Selasa (13/9/2022).

 

3 dari 3 halaman

Silaturahmi

Selain itu, tujuan lainnya yaitu meningkatkan silaturahmi dan kerjasama lintas sektor dalam pengelolaan sampah dari muara dan pesisir yang sejalan dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 83 Tahun 2018 tentang Penanganan Sampah Laut.

Pihaknya mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh instansi terkait dan mitra kerja yang telah mendukung kegiatan tersebut.

"Terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. Semoga kita semua mulai dari masyarakat pesisir, para pegawai Kementerian Perhubungan beserta para stakeholder dapat menanamkan tanggung jawab terhadap kebersihan sekitar yang pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas kerja, kenyamanan serta tentunya mewujudkan lingkungan yang sehat," tutupnya.

Selanjutnya dilakukan penyerahan alat kerja bersih laut dan pantai secara simbolis oleh Kepala Disnav Kelas I Palembang, Staf Ahli Walikota Palembang, GM. Pelindo Regional II Cabang Palembang, perwakilan KSOP Kelas II Palembang, dan Dinas Perhubungan Kota Palembang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.