Sukses

Harga BBM Pertalite Naik jadi Rp10.000, Driver Ojol: Pendapatan Makin Turun!

Pemerintah akhirnya resmi menaikan harga BBM bersubsidi, termasuk Pertalite pada Sabtu (3/9/2022). Kenaikan harga BBM berlaku efektif di seluruh SPBU dimulai pukul 14:30 WIB.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah akhirnya resmi menaikan harga BBM bersubsidi, termasuk Pertalite pada Sabtu (3/9/2022). Kenaikan harga BBM berlaku efektif di seluruh SPBU dimulai pukul 14:30 WIB.

Arnold (43) sebagai pengemudi ojek online (ojol) menyangkan keputusan penyesuaian harga BBM subsidi tersebut. Dirinya menyebut, kenaikan harga Pertalite dari Rp7.650 per liter menjadi Rp10.000 liter akan mengurangi pendapatan.

"Kita menyayangkan sih dengan Pertalite naik sampai Rp 10 ribu per liter. Artinya, pendapatan juga akan turun," keluhnya kepada Merdeka.com di SPBU, Pondok Kopi, Jakarta Timur, Sabtu (3/9).

Arnold menambahkan, penyesuaian harga Pertalite juga akan menambah beban ekonomi masyarakat. Menyusul, ikut meroketnya harga bahan pangan yang saat ini sudah mahal.

"Kalau BBM naik, otomatis ngaruh juga ke biaya transportasi dan sembakokan," tekannya.

Untuk itu, pihaknya berharap pemerintah tidak memberlakukan kebijakan penyesuaian harga dalam waktu lama. Hal ini demi melindungi daya beli masyarakat pasca terdampak pandemi Covid-19.

"Ya, jangan lama-lama naiknya. Itu aja," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga BBM Naik Mulai Hari Ini 3 September 2022 Pukul 14.30 WIB

Kenaikan harga BBM akhirnya diumumkan pemerintah. Harga BBM yang naik meliputi BBM subsidi seperti Pertalite dan Solar serta BBM nonsubsidi yaitu Pertamax.

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyatakan, kenaikan harga BBM untuk ketiga jenis bahan bakar minyak ini berlaku mulai 3 September 2022 pukul 14.30 WIB.

"Ini berlaku 1 Jam sejak saat diumumkan penyesuaian harga dan akan berlaku pada 14.30 WIB," kata dia di Istana Kepresidenan, Sabtu (3/9/2022).

Adapun harga BBM yang mengalami kenaikan yaitu Pertalite menjadi Rp 10.000 per liter, harga solar menjadi Rp 6.800 per liter dan Pertamax menjadi Rp 14.500 per liter 

"Harga BBM Pertalite naik dari Rp 7.600 per liter menjadi Rp 10.000 per liter. Kemudian solar dari Rp 5.000 menjadi Rp 6.800 dan Pertamax Dari Rp 12.500 menjadi Rp.14.500 per liter," tutur dia.

3 dari 3 halaman

Harga BBM Naik, Anggaran Subsidi Dialihkan ke Bansos

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pemerintah melakukan penyesuaian harga BBM atau Bahan Bakar Minyak subsidi. Anggaran subsidi BBM akan dialihkan untuk bantuan yang lebih tepat sasaran, karena selama ini BBM subsidi masih banyak digunakan oleh orang mampu.

Jokowi menjelaskan, Pemerintah telah berupaya sekuat tenaga untuk melindungi rakyat dari gejolak harga minyak dunia.

“Saya sebetulnya ingin harga BBM di dalam negeri tetap terjangkau dengan memberikan subsidi dari APBN, tetapi anggaran subsidi dan kompensasi BBM tahun 2022 telah meningkat 3 kali lipat dari Rp 152,5 triliun menjadi Rp 502,4 triliun dan itu akan menignkat terus,” kata Jokowi dalam Konferensi Pers perihal Pengalihan Subsidi BBM, Istana Merdeka, Sabtu (3/9/2022).

Tercatat lebih dari 70 persen subsidi BBM, justru dinikmati oleh kelompok masyarakat yang mampu, yaitu pemilik mobil-mobil pribadi. Jokowi menegaskan, uang negara itu harus diprioritaskan untuk memberikan subsidi kepada masyarakat kurang mampu.

“Saat ini Pemerintah harus membuat keputusan dalam situasi yang sulit, ini adalah pilihan terakhir Pemerintah yaitu mengalihkan subsidi BBM, sehingg harga beberapa jenis BBM yang selama ini mendapat subsidi akan mengalami penyesuaian,” ujarnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.