Sukses

Erick Thohir: Jokowi Jadi Presiden Pertama yang Sukses Akuisisi Freeport

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thojir memuji Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia menyebut, Jokowi merupakan presiden pertama yang berhasil mengakuisisi Freeport.

Ini disebutnya sebagai momen bersejarah bagi Indonesia. Kesan itu sekaligus melengkapi kunjungan perdana Jokowi ke tambang Grasberg yang dikelola PT Freeport Indonesia.

Kunjungan yang juga dihadiri Menteri Investasi dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung adalah kunjungan pertama Presiden ke tambang yang kini mayoritas telah menjadi milik Indonesia dan tergabung dalam BUMN Mind Id.

"Kunjungan ini bersejarah dan secara simbolis menunjukkan komitmen pemerintah untuk mengelola sumber daya alamnya sendiri untuk kepentingan seluruh masyarakat," ujar Erick dalam keterangannya, Kamis (1/9/2022).

Di Grasberg, rombongan Presiden berkeliling dan masuk ke dalam pertambangan Freeport serta menyaksikan pemaparan sejarah PT Freeport Indonesia. Erick optimistis PT Freeport Indonesia bisa memberikan manfaat besar bagi ekonomi nasional.

"Tentu sejarah masa lalu telah dicatat dan tadi kebetulan kami menyaksikan pemaparannya. Dengan kerja keras, saya optimistis ke depannya sejarah baru Freeport Indonesia di bawah Mind Id akan semakin memberi manfaat bagi perekonomian masyarakat Papua maupun Indonesia," ujar Erick Thohir.

Dalam kunjungannya, Presiden disambut oleh Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas dan salah satu komisarisnya, Richard Adkerson. Rombongan yang menempuh perjalanan darat ke lokasi tambang juga sempat mengunjungi Museum Bunaken untuk mendapatkan penjelasan tentang sejarah pertambangan PTFI.

Dalam kunjungan ini, Presiden cukup antusias menanyakan status penambangan kepada manajemen Freeport. Misalnya saja Presiden sempat bertanya, apakah benar tidak ada lagi penambangan di Ertsberg dan Grasberg?

Tony menjelaskan bahwa Grasberg adalah tambang kedua, sedangkan tambang pertama adalah Ertsberg. 

“Sudah tidak ada penambangan 100 persen di Ertsberg dan Grasberg. Sekarang sedang reklamasi dan kita memaintain kestabilan lerengnya,” jawab Tony.

Sambil melihat kawasan tambang terbuka PTFI dari Grasberg, Jokowi juga berbincang dengan Richard Adkerson.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Luncurkan 5G Mining

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana melanjutkan rangkaian kunjungan kerja hari ketiga di Provinsi Papua, Kamis (1/9/2022). Jokowi direncanakan mengunjungi Tambang Grasberg milik PT Freeport Indonesia.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi mengawali kunjungan kerja pada pukul 07.00 WIT. Dengan mengendarai kendaraan roda empat, dia menuju Tambang Grasberg milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika.

Tambang Grasberg ini berada di ketinggian 3.325-4.285 meter di atas permukaan laut (mdpl). Setelah itu, Jokowi akan menuju lokasi tambang bawah tanah di OB 04 untuk meninjau ruang kontrol pengendali alat berat berteknologi 5G.

Selanjutnya, Jokowi akan menuju DMLZ underground. Dia dijadwalkan untuk meninjau tempat ibadah yang berada di bawah tanah yaitu Masjid Jami Baabul Munawwar dan Gereja Oikumene Soteria.

Kemudian, Jokowi akan menuju Tera shop untuk meluncurkan teknologi terbaru di sektor pertambangan yaitu 5G mining. Teknologi 5G mining sendiri merupakan hasil kerja sama antara Telkom Group dengan PTFI.

 

3 dari 3 halaman

Silaturahmi Karyawan Freeport

Sebelumnya, Jokowi melakukan silaturahmi dengan karyawan PTFI pada Rabu, 31 Agustus 2022 malam. Jokowi mengatakan bahwa dirinya akan melihat pengelolaan pertambangan dengan menggunakan teknologi 5G mining.

"Ini yang mau saya lihat seperti apa sih me-manage sebuah tambang dengan 5G sistem, saya mau lihat besok," kata Jokowi.

Sore harinya, Presiden dan Ibu Iriana diagendakan untuk lepas landas menggunakan Pesawat Kepresidenan RJ-85 menuju Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, melalui Bandara Internasional Mozes Kilangin Timika.

Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.