Sukses

Bandara Halim Perdanakusuma Dibuka Komersil 1 September 2022

Pengoperasian kembali Bandara Halim Perdanakusuma diyakini akan meningkatkan konektivitas dan meningkatkan utilitas armada sehingga dapat berkontribusi terhadap upaya pemberlakuan tarif yang lebih terjangkau.

Liputan6.com, Jakarta - Bandara Halim Perdanakusuma akan segera melayani penerbangan komersil mulai 1 September 2022. Saat ini Bandara Halim Perdanakusuma sudah melayani penerbangan tetapi maish terbatas untuk penerbangan militer. 

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nur Isnin Istiartono menjelaskan, Kemenhub sudah memastikan kelayakan fasilitas dan keselamatan baik dari sisi udara maupun sisi darat di Bandara Halim Perdanakusuma

"Kami telah melakukan proses verifikasi terhadap fasilitas di gedung terminal dan telah ditindaklanjuti oleh Angkasa Pura II,” ujar Nur Isnin, Selasa, (30/8/2022).

Pengoperasian kembali Bandara Halim Perdanakusuma diyakini akan meningkatkan konektivitas dan meningkatkan utilitas armada sehingga dapat berkontribusi terhadap upaya pemberlakuan tarif yang lebih terjangkau.

Selain itu, Ditjen Perhubungan Udara juga meminta agar PT Angkasa Pura II melakukan koordinasi penuh dengan TNI AU dan pihak terkait lainnya, untuk memastikan aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan serta pemenuhan terhadap seluruh regulasi terpenuhi.

"Bandara Halim Perdanakusuma dan Bandara Soekarno-Hatta yang juga dikelola oleh AP II dapat saling mendukung dalam memberikan layanan penerbangan bagi masyarakat, guna berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi ini dan juga menjadi pendorong utama pertumbuhan sektor penerbangan nasional," pungkasnya.

Kementerian Perhubungan juga mengingatkan kepada AP II agar pengaturan rute penerbangan dapat disesuaikan kembali, terutama beberapa rute yang dialihkan ke bandara lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Fakta-fakta Bandara Halim Perdanakusuma, Kembali Beroperasi September 2022 hingga Berganti Pengelola

Halim Perdanakusuma kini menjadi Bandara yang paling ditunggu-tunggu untuk beroperasi kembali, di tengah revitalisasinya yang tengah dijalankan.

Diketahui bahwa Bandara Halim Perdanakusuma tengah melakukan finalisasi pengerjaan landasan pacu atau runway. Beberapa waktu lalu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun sempat mengecek ke lokasi.

Bandara ini diitargetkan untuk kembali beroperasi komersial pada bulan September 2022 mendatang.

Berikut adalah sederet fakta terkini terkait Bandara Halim Perdanakusuma, yang dirangkum dari berbagai sumber, Senin (25/7/2022) :

1. Beroperasi kembali pada 13 Juli 2022, pengguna masih untuk Militer

Setelah ditutup sementara sejak 26 Januari lalu, Bandara Halim Perdanakusuma diumumkan mulai beroperasi kembali pada 13 Juli 2022.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, setelah melakukan uji coba runway di Bandara Halim Perdana Kusuma, pada 12 Juli 2022.

Namun untuk sementara ini, pengoperasian Bandara Halim Perdanakusuma masih terbatas untuk kepentingan militer, dalam hal ini TNI AU (Angkatan Udara).

"Kita putuskan ini sudah bisa digunakan. Mulai besok kita akan gunakan untuk military. TNI AU akan me-manage ini selama masa 2 bulan," ujar Budi Karya, dikutip Senin (25/7/2022).

 

3 dari 6 halaman

2. Terbuka untuk penerbangan komersial pada September 2022

Bandara Halim Perdanakusuma ditargetkan kembali melayani penerbangan komersial pada September 2022. Bandara yang berlokasi di Jakarta Timur ini sekarang hanya digunakan untuk kepentingan militer.

"Secara teknis, runway Bandara Halim sudah bisa digunakan secara terbatas untuk latihan militer dan penerbangan VVIP mulai besok (13 Juli 2022), dan September nanti sudah bisa digunakan untuk komersial," ungkap Menhub Budi.

 

4 dari 6 halaman

3. TNI AU Minta AP II Angkat Kaki dari Bandara Halim Jadi Sorotan

Sebelumnya, PT Angkasa Pura II (Persero) diminta angkat kaki dari Bandara Halim Perdana Kusuma di Jakarta Timur oleh TNI AU melalui sebuah surat pemberitahuan Kepada Mitra Usaha Nomor 08.01/02/07/2022/A.0078.

Dalam surat itu dijelaskan PT Angkasa Pura II harus mengosongkan lahan BMN TNI AU seluas 21 Ha di Lanud Halim Perdanakusuma. Surat tersebut ditandatangani EGM Bandara Halim Perdanakusuma Marsma TNI Nandang Sukarna.

Kementerian Keuangan menegaskan Bandara Halim PK merupakan aset barang milik negara (BMN). Sebagai aset BMN, Bandara Halim PK bisa dikerjasamakan dengan BUMN maupun pihak swasta.

Dalam hal ini BMN Bandara Halim PK merupakan aset yang digunakan Kementerian Pertahanan melalui TNI AU. Kemudian aset tersebut dikerjasamakan dengan investor yakni PT Angkasa Pura II sebagai pengelolanya.

"Yang buat perjanjian kerja sama penggunaan barang dalam hal ini Kementerian Pertahanan, jadi kerjasamanya di bawah Kemenhan dan investor," kata Direktur Perumusan Kebijakan Kekayaan Negara, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan, Encep Sudarwan, dalam media brief DJKN, Jakarta, Jumat (22/7).

Encep mengatakan setiap pemanfaatan aset BMN harus mendapatkan persetujuan dari Kementerian Keuangan sebagai pengelola barang. Sebab aset negara tersebut menjadi tanggung jawab pengelola aset atau barang.

"Iya, harus dengan persetujuan. Kalau pemanfaatan BMN harus ada persetujuan Kementerian Keuangan sebagai pengelola barang," kata dia. 

5 dari 6 halaman

4. ATS Sebagai Penguasa Aset Bandara Halim Perdanakusuma

Penguasaaan aset di Bandara Halim Perdanakusuma bukan oleh TNI AU atau PT Angkasa Pura II sebagai pengelola bandara. Pemegang konsesi bandara adalah PT Angkasa Transportindo Selaras (ATS).

"Dimana penguasaan aset BMN seluas 21 ha milik TNI-AU adalah PT ATS berdasarkan putusan Mahkamah Agung (MA) nomer 527/PK/PDT/2015," kata CEO Whitesky Group, Denon Prawiraatmadja dalam keterangannya, Jumat (22/7/2022).

Seperti yang diketahui bahwa PT. ATS ini adalah anak perusahaan PT Whitesky Airport Asia. Perusahaan ini bagian dari Whitesky Group yang dipimpin oleh Denon Prawiraatmadja.

Berkaitan dengan revitalisasi yang tengah dijalankan, saat ini sedang melakukan finalisasi pengerjaan landasan pacu atau runway. Beberapa waktu lalu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun sempat mengecek ke lokasi.

"Selain itu, PT. ATS juga sedang mempersiapkan proses pengembangan dalam pembangunan Terminal di Bandara Halim Perdanakusuma," kata Denon. 

6 dari 6 halaman

5. Masa Transisi

Lebih lanjut, Denon mengatakan, saat ini bandara Halim Perdanakusuma sedang menjalani masa transisi. Itu berkaitan pasca setop operasinya PT Angkasa Pura II (Persero) di Bandara Halim Perdanakusuma.

"Dan terhadap aset PT Angkasa Pura 2 (Persero) yang masih berada didalam area bandara Halim Perdanakusuma tetap dimiliki PT Angkasa Pura 2 (Persero)," ujarnya.

"Sementara pengendalian kegiatan di Bandara Halim Perdanakusuma berada dibawah Komandan Lanud Halim Perdanakusuma," tukas Denon. 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.