Sukses

Erick Thohir Ajak Masyarakat Apresiasi Budaya

Pandemi selama dua tahun terakhir telah menimbulkan dampak besar terhadap ekosistem seni budaya baik secara global maupun Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengajak masyarakat untuk mengapresiasi budaya termasuk juga seni. Menurutnya, budaya dapat menyatukan suatu bangsa. Kebudayaan dan seni juga mampu menjadi fondasi agar Indonesia tidak terpecah belah.

"Bagaimana kita secara bangsa bersatu? Apresiasi apa yang jadi kebudayaan kita. Karena itu saya senang luar biasa ketika Art Jakarta ini sekarang bergulir lagi," ujar Erick Thohir dikutip dari Antara, Minggu (28/8/2022).

Pandemi selama dua tahun terakhir telah menimbulkan dampak besar terhadap ekosistem seni baik secara global maupun Indonesia. Setelah situasi berangsur pulih, masyarakat pun diharapkan bisa kembali mengapresiasi seni dan budaya agar ekosistem kembali berjalan.

Direktur Jenderal Kebudayaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Hilmar Farid mengatakan situasi yang sulit mendorong banyak seniman untuk bereksperimen, mulai dari pameran seni yang dilangsungkan melalui media sosial hingga konser secara online.

Menurut Hilmar, kembalinya Art Jakarta adalah sinyal penting bagi pemulihan ekosistem seni rupa di Indonesia yang selama ini bergulat dengan kesulitanera pandemi.

"Ini menunjukkan bahwa seni rupa memainkan peranan pelopor dalam upaya pemulihan nasional. Semoga pameran ini memantik kita semua untuk menggali inspirasi artistik bagi kehidupan yang lebih berkelanjutan," kata Hilmar.

Art Jakarta 2022 akan pada 26-28 Agustus 2022 di Jakarta Convention Center. Pameran seni ini terdiri dari beberapa segmen yakni Art Jakarta Galeri, Art Jakarta Spot, AJX, AJ1, Bali Art Scene, Art Jakarta NFT dan Art Jakarta Talk.

Pengunjung dapat menyaksikan berbagai karya seni berupa lukisan, instalasi, patung hingga NFT. Pameran ini juga menyediakan ruang interaktif untuk anak-anak mengenal lingkungan melalui seni.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Art Jakarta 2022, Kembalinya Ekosistem Karya Seni Rupa Pasca Pandemi

Perhelatan seni akbar di Indonesia Art Jakarta 2022 telah lama dinanti setelah dua tahun tak terselenggara akibat situasi pandemi Covid-19.Fair Director Art Jakarta Tom Tandio mengatakan, gelaran ini sebagai cara untuk 'merayakan kreativitas dan kejeniusan para seniman'.

Mengusung tema Again, Art Jakarta 2022 yang dibuka oleh Menteri BUMN Erick Thohir di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pameran seni ini berlangsung selama tiga hari, Jumat hingga Minggu (26 - 28 Agustus 2022)

Berbeda dari tahun 2019, tahun ini Art Jakarta 2022 menghadirkan 62 galeri seni, yang terdiri dari 39 galeri dari Indonesia dan 23 galeri dari mancanegara (Asia Tenggara, Taiwan, Korea Selatan, dan Jepang). Segmen ini juga mempersembahkan galeri muda dan baru yang belum pernah mengikuti Art Jakarta sebelumnya.

Berbeda dari tahun 2019, tahun ini Art Jakarta 2022 menghadirkan 62 galeri seni, yang terdiri dari 39 galeri dari Indonesia dan 23 galeri dari mancanegara (Asia Tenggara, Taiwan, Korea Selatan, dan Jepang). Segmen ini juga mempersembahkan galeri muda dan baru yang belum pernah mengikuti Art Jakarta sebelumnya.

 

Mengukuhkan posisinya sebagai perusahaan penyedia solusi interior terbaik dan berkualitas yang erat dengan industri kreatif dan seni, TACO mendukung pameran seni Art Jakarta 2022 dengan menampilkan instalasi bertajuk kreatifitas tanpa batas, “Limitless” yang dihadirkan di JCC, Hall A pada tanggal 26-28 Agustus 2022.

TACO berkomitmen untuk senantiasa memberikan dukungan terhadap industri kreatif Indonesia dengan berpartisipasi langsung pada berbagai kegiatan yang mewadahi kegiatan seni, seperti pada pagelaran seni Art Jakarta 2022 kali ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.