Sukses

Sosok Jim Ratcliffe, Orang Terkaya di Inggris yang Minat Beli Manchester United

Jim Ratcliffe mendirikan perusahaan kimia Ineos, yang memiliki 194 fasilitas di 29 negara.

 
Liputan6.com, Jakarta Salah satu orang terkaya di Inggris, yakni Jim Ratcliffe dikabarkan berminat membeli klub sepakbola Manchester United (MU).
 
Berita tentang minat pendiri Ineos itu datang menyusul laporan Bloomberg bahwa keluarga Glazer - pemilik Manchester United saat ini bersedia menjual saham minoritas di klub tersebut.
 
"Jika klub itu dijual, Jim jelas merupakan pembeli potensial," kata juru bicara sang miliarder, dikutip dari BBC, Jumat (19/8/2022).
 
"Jika hal seperti ini mungkin, kami akan tertarik untuk berbicara dengan pandangan tentang kepemilikan jangka panjang,” ungkap juru bicara itu  kepada The Times.
 
Lahir sebagai putra seorang pekerja di Failsworth, di Greater Manchester, Jim Ratcliffe diketahui sudah menjadi penggemar Manchester United sejak kecil.
 
Jim Ratcliffe mendirkan perusahaan kimia Ineos, yang memiliki 194 fasilitas di 29 negara. Ineos menghasilkan penjualan sekitar 50 miliar pound sterling dan mempekerjakan lebih dari 26.000 orang.
 
Bahan bakunya digunakan dalam segala hal mulai dari kemasan untuk perlengkapan mandi, obat-obatan dan makanan, hingga ponsel dan furnitur.
 
Dalam menjalankan bisnisnya, Jim Ratcliffle memang selalu terlibat dengan bahan kimia dan industri.
 
Setelah lulus dengan gelar di bidang teknik kimia dari Universitas Birmingham pada tahun 1974, ia menghabiskan beberapa tahun di perusahaan minyak BP dan Esso sebelum bergabung dengan produsen kain dan bahan kimia Courtaulds.
 
Forbes mencatat, Jim Ratcliffe memiliki kekayaan bersih di bawah 11 miliar pound sterling. Sedangkan The Sunday Times Rich List, yang mencantumkan dia sebagai orang terkaya ke-27 di Inggris, mengatakan kekayaan sang miliarder mendekati 6 miliar pound sterling.
 
 
* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Bercanda Seperti Elon Musk, Miliarder Inggris Jim Ratcliffe Serius Ingin Beli MU

Miliarder Inggris Jim Ratcliffe akan tertarik untuk membeli Manchester United (MU) jika klub itu dijual. Hal tersebut dikonfirmasi oleh sumber ESPN pada Rabu kemarin.

Dilansir dari espn.com, Kamis (18/8/2022), seorang juru bicara Jim Ratcliffe sebelumnya mengatakan kepada The Times tentang keinginannya untuk membeli ke klub bola raksasa di Liga Premier.

"Jika klub dijual, Jim jelas merupakan pembeli potensial," kata juru bicara Ratcliffe.

"Jika hal seperti ini mungkin, kami akan tertarik untuk berbicara dengan pandangan tentang kepemilikan jangka panjang." tambah dia.

Komentar Ratcliffe mengikuti laporan dari Bloomberg pada hari Rabu bahwa pemilik Manchester United, keluarga Glazer, akan mempertimbangkan untuk menjual saham minoritas di klub.

CEO Tesla Elon Musk sebelumnya mengatakan rencananya untuk membeli klub Liga Premier adalah bagian dari "lelucon yang sudah berjalan lama."

United mengalami awal yang buruk musim ini, kehilangan dua pertandingan pertama mereka untuk tenggelam ke dasar klasemen Liga Premier. Mereka belum memenangkan gelar Liga Premier sejak 2013.

The Glazers telah menjadi sasaran kritik keras atas kegagalan mereka berinvestasi dalam tim yang belum memenangkan trofi dalam lima tahun. Utang bersih United telah tumbuh 11% menjadi sekitar £496 juta pound ($598.03 juta) pada akhir Maret.

Pemilik juga telah dikritik karena tidak memperbaiki stadion Old Trafford, stadion klub terbesar di negara ini dengan kapasitas sekitar 75.000 penggemar.

 

3 dari 3 halaman

Erik ten Hag

Klub merekrut manajer Erik ten Hag dari Ajax dalam upaya untuk membalikkan nasib mereka tetapi pelatih asal Belanda itu belum berhasil memaksakan gaya permainannya, dengan United kehilangan dua pertandingan pembukaan mereka setelah kebobolan enam gol.

United bermain melawan rival bebuyutan mereka Liverpool, yang mencetak sembilan gol tanpa balas dalam dua pertemuan liga musim lalu, di Old Trafford, Senin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • Orang terkaya adalah orang yang memiliki harta paling berlimpah.

    Orang Terkaya

  • Jim Ratcliffe