Sukses

Penerima Prakerja Gelombang 37 Segera Beli Pelatihan Pertama, Begini Tutorialnya

Liputan6.com, Jakarta Tak terasa, hingga saat ini Program Kartu Prakerja sudah masuk gelombang 41. Bagi gelombang sebelumnya khususnya penerima gelombang 37 diharapkan segera membeli pelatihan sebelum akun dinonaktifkan.

Sebab, esok hari tepatnya 20 Agustus 2022 menjadi batas akhir pembelian pelatihan pertama bagi penerima Prakerja gelombang 37. Bila lewat dari pukul 23.59 WIB tak kunjung membeli pelatihan, akun Prakerja akan dinonaktifkan dan dicabut kepesertaannya.

“Besok, 20 Agustus 2022 Pkl.23.59 WIB adalah BATAS AKHIR pembelian pelatihan pertama untuk penerima Gelombang 37. Yuk langsung beli pelatihan pertamamu sekarang juga. Karena kalau tidak kepesertaanmu akan dicabut dan saldo pelatihanmu akan hangus,” demikian penjelasan dikutip dari akun Instagram @prakerja.go.id, Jumat (19/8/2022).

Tidak hanya kepesertaan dicabut, tapi saldo bantuan pelatihan pun akan hangus dan dikembalikan ke Rekening Dana Kartu Prakerja. Jadi, penerima Kartu Prakerja sebaiknya memanfaatkan kesempatan ini karena tidak datang dua kali.

“Sudah diberi kesempatan, tinggal kamu manfaatkan sebaik-baiknya. Banyak yang ingin lolos, jangan sampai kamu yang udah lolos malah menyia-nyiakan kesempatan ya Sob!” demikian penjelasannya.

Oleh karena itu, segera beli pelatihan pertama sebelum hal itu terjadi. Lantas, bagaimana cara beli pelatihan Prakerja?

Untuk mengetahuinya, berikut ini cara beli pelatihan Kartu Prakerja gelombang 37.

Cara Beli Pelatihan Prakerja

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa penerima Prakerja dapat memilih lebih dari satu pelatihan. Dengan catatan, pelatihan kedua dilaksanakan setelah menyelesaikan pelatihan pertama dan penerima masih memiliki saldo yang cukup.

Lebih lanjut, berikut ini tahapan membeli pelatihan Prakerja.

1. Cek dashboard Prakerja

- Catat 16 angka Nomor Kartu Prakerja

- Pastikan saldo pelatihan sudah tersedia

2. Gunakan fitur "Cari Pelatihan" untuk mencari pelatihan Kartu Prakerja Gelombang 23 yang tersedia di Kemnaker, Bukalapak, Tokopedia, Pijar, Pintaria, Karier.mu

3. Cek deskripsi yang mencakup info mengenai harga pelatihan, rating, durasi pelatihan, tingkat materi, dan juga cara mengajar sebagai pertimbangan sebelum membeli

4. Beli dan bayar pelatihan dengan Nomor Kartu Prakerja.

Setelah mengikuti pelatihan sesuai yang diinginkan, penerima akan mendapatkan sertifikat.

Selain itu, penerima juga bisa mendapatkan insentif Prakerja senilai Rp 600 ribu yang akan diberikan selama empat bulan dan Rp 50 ribu per survei.

Akan tetapi perlu diingat, penerima yang akan menerima insentif tersebut adalah yang sudah memberikan rating serta ulasan pada pelatihan kerja yang telah diikuti sebelumnya.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS