Sukses

Dalam IDEAS 2022, Menteri Arifin dan Humas Kementerian ESDM Sabet 4 Penghargaan

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif meraih penghargaan sebagai Pemimpin Terpopuler di Media Online Kategori Menteri.

Liputan6.com, Labuan Bajo Pada puncak acara IDEAS 2002 yang bertajuk "The 1st Indonesia DEI & ESG Awards (IDEAS) 2022", Menteri ESDM Arifin Tasrif dan Humas Kementerian ESDM berhasil sabet 4 penghargaan.

Untuk Menteri Arifin, ia berhasil meraih penghargaan sebagai Pemimpin Terpopuler di Media Online Kategori Menteri, sementara Humas Kementerian ESDM berhasil sabet 3 gold winner. Ajang penghargaan ini dihelat oleh Humas Indonesia yang merupakan bagian dari PR Indonesia Group di pesona Labuan Bajo, NTT, Jum'at (5/8/2022).

Penghargaan ini diberikan PR Indonesia kepada para pemimpin di Indonesia yang terpopuler dalam pemberitaan media online nasional maupun internasional. PR Indonesia bekerja sama dengan Kazee Digital Indonesia melakukan penilaian secara kualitatif berdasarkan monitoring pemberitaan.

Monitoring ini dilakukan sejak 1 Januari-31 Desember 2021 dan mencakup ratusan Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah/BUMN/BUMD di 6.061 media online lokal, 2.320 media online nasional, dan 2.407 media online internasional. 

Selain itu, penjurian IDEAS 2022 sendiri telah berlangsung pada 15-17 Juni 2022 dengan melibatkan praktisi PR Indonesia sebagai dewan juri, Asmono Wikan (Founder dan CEO PR INDONESIA Group), Emilia Bassar (CEO Center for Public Relations, Outreach and Communication, dosen Universitas Mercu Buana), Herry Ginanjar (Pakar ESG), Nia Sarinastiti (Accenture Indonesia, dosen senior Unika Atma Jaya), dan Dyah Indrapati (Pakar DEI).

Adapun penilaian didasarkan pada strategi dan taktik komunikasi yang unik, inovatif, kreatif dan berkelanjutan, menjalin kemitraan (partnership) yang berkelanjutan, juga pelaksanaan program disertai dengan pengukuran (measurement) menggunakan metode pengukuran umum dalam melaksanakan program PR/komunikasi.

Sebagai informasi, ajang yang diselenggarakan PR Indonesia merupakan perhelatan penghargaan bergengsi bagi insan humas di Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah, BUMN dan Swasta yang memberikan apresiasi kepada pelaku humas yang memliki program komunikasi terbaik di Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terima 3 Gold Winner

Pada ajang tersebut, Kementerian ESDM juga menerima 3 GOLD WINNER penghargaan IDEAS 2022 atas program-program kehumasan terbaik berbasis ESG (Environmental Social and Governance) dan DEI (Diversity Equity and Inclusion) di Indonesia.

Ketiga raihan GOLD WINNER ini diberikan kepada program kehumasan yang digulirkan oleh Kementerian ESDM, yaitu:

  1. GOLD WINNER - Kategori ESG (Environment) - Program Gerilya (Gerakan Inisiatif Listrik Tenaga Surya). Gerilya merupakan sebuah program komunikasi Kementerian ESDM yang memberi ruang bagi anak muda untuk berkontribusi nyata pada peningkatan pemanfaatan energi surya di indonesia.
  2. GOLD WINNER - Kategori ESG (Social) - Program Energi Kolaborasi. Energi kolaborasi hadir untuk meningkatkan kesadaran dan menjaring partisipasi aktif anak muda milenial dan GenZ untuk bersama-sama mengampanyekan literasi digital mengenai urgensi transisi energi bersih.
  3. GOLD WINNER - Kategori DEI (Kesetaraan Gender dan Keragaman) - Gertac: Gerakan Tangkis Covid-19, melalui program dalam sosial media yang mewadahi keberagaman minat dan bakat ASN di lingkungan Kementerian ESDM meliputi kesehatan, olahraga, game, kerohanian, dll di masa pandemi.

"Alhamdulillah program-program kami dalam mempercepat transisi energi dan juga dukungan internal dalam pemulihan Covid-19 dipercaya menjadi program-program kehumasan terbaik berbasis ESG dan DEI. Ini hasil capaian dan kerja keras semua tim kehumasan di seluruh unit Kementerian ESDM," ujar Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi, pada kesempatan terpisah di Jakarta, Jumat (5/8)

Agung mengungkapkan capaian pada IDEAS 2022 yang diperoleh Kementerian ESDM juga merupakan capaian dalam ESG-DEI yang terbaik dibanding Kementerian lain.

"Dengan 3 GOLD WINNER yang kami raih semoga kami dapat meningkatkan pelayanan dan kinerja komunikasi Kementerian ESDM ke depan," lanjutnya.

Sebagai peraih Gold Winner, Kementerian ESDM yang diwakili Subkoordinator Rencana dan Program Komunikasi dan Informasi, Khoiria Oktaviani, dipercaya membagikan testimoni pemenang serta membagikan pengalaman dalam menyusun program DEI di Kementerian ESDM pada workshop IDEAS 2022 yang diikuti oleh seluruh praktisi humas di Indonesia.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini